SITU PATENGGANG

SITU PATENGGANG

Danau Situ Patenggang dikepung hamparan kebuh teh hijau nan subur. Siapapun yang tiba di tempat ini, pasti akan dihipnotis oleh udara sejuk di ketinggian 1.600 m dpl. Letak danau tersebut sekira 50 km dari Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, tepatnya di dekat Pasar Ciwidey. Perkebunan teh yang terdapat di sekelilingnya memberikan lansekap yang dramatis untuk danau seluas 45 ribu hektar itu. 

Kawasan wisata Situ Patenggang mencapai 123.077,15 hektar mencakup deretan pohon yang begitu banyak menjadi tempat hinggap burung dan serangga sebagai hiasan alam. Wilayah ini sebelumnya merupakan cagar alam yang sejak 1981 ditetapkan menjadi Taman Wisata Alam. Terdapat beberapa flora khas Jawa Barat seperti Puspa dan Saninten. Di dekat danau juga masih bisa ditemukan primata langka yang disebut surili (Presbytis comata). Sedangkan di kedalaman danau antara 3 sampai 5 meter terdapat ikan air tawar seperti nila, tawes dan karper.

Apa yang membuat Situ Patenggang banyak menarik pengunjung adalah pulau kecil yang terletak di tengah danau, yaitu Pulau Sasuka atau lebih dikenal dengan Pulau Romantis. Keberadaan batu cinta di pulau tersebut membuat Situ Patenggang selalu menjadi tempat favorit bagi pasangan.

Mengapa demikian? Itu karena sebuah mitos bergulir di belakangnya. Banyak pasangan yang percaya apabila mengunjungi Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Romantis maka hubungan mereka akan kekal. Sedangkan pengunjung yang belum memiliki pasangan niscaya akan bertemu dengan cinta sejatinya.

Mitos ini lahir dari legenda romantis Situ Patenggang. Air yang mengisi danau ini berasal dari Sungai Cirengganis namun konon ini adalah limpahan air mata dari seorang putri bernama Dewi Rengganis. Ia berduka dan menangis sebanyak itu karena hatinya hancur akibat terpisah oleh cinta sejatinya yaitu Ki Santang. Selama bertahun-tahun pasangan tersebut mencari satu sama lain sampai akhirnya mereka bertemu di tempat yang sekarang dinamai Batu Cinta. Legenda ini juga diserap menjadi nama danau. Dalam bahasa sunda, pateangan-teangan artinya adalah mencari satu sama lain. Kata tersebut kemudian disingkat menjadi patengan atau patenggang.

Situ Patenggang dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 18.00 dengan tiket masuk seharga Rp6 ribu per orang.

KULINER

Ada banyak warung dan toko yang menjual makanan dan makanan ringan untuk dibawa pulang. Untuk mengalahkan udara yang begitu dingin, cobalah meneguk segelas bandrek yanng banyak dijual di warung-warung tersebut.

AKOMODASI

Dari beberapa penginapan yang terdapat di Ciwidey, berikut ini adalah yang terletak di dekat Situ Patenggang.

D’Riam Riverside ResortJl. Soreang - Ciwidey Km 25, BandungTlp: +62 22 85921210, +62 22 859212182Email: reservation@driamresort.comWebsite: http://www.driamresort.com/

Kampung Pa’goJl. Raya Soreang Ciwidey Km 25Tlp: +62 22 859 20696, +62 22 926 30 996Fax: +62 22 592 8062Email: info@kampungpago.com

Bagi yang datang bersama keluarga, Anda bisa menyewa Villa Patenggang seharga Rp550-660 ribu per malam dengan fasilitas 3 kamar dan kapasitas 25 orang.

KEGIATAN

Situ Patenggang memiliki pemandangan yang menakjubkan sehingga benar-benar menjadi tempat terbaik untuk melarikan diri dari rurtinitas kota yang penuh sesak. Ini adalah destinasi yang sempurna untuk keluarga dan tentunya memberikan latar yang menakjubkan untuk berfoto. Situ Patenggang pun direkomendasikan bagi pasangan yang tengah berbulan madu.

Jangan lewatkan mengunjungi Pulau Romantis dan Batu Cinta di tengah danau. Terdapat perahu yang bisa disewa, harganya bervariasi mulai dari Rp200-300 ribu per perahu yang bisa menampung 10-15 orang. Ada pula sepeda air angsa untuk dikayuh mengelilingi danau.


TRANSPORTASI
Letak Situ Patenggang sekira 50 km di sebelah selatan Kota Bandung. Anda membutuhkan setidaknya waktu dua jam dari Bandung melewati Kota Soreang, ibukota Kabupaten Bandung, lalu menuju Kota Ciwidey dan menuju pintu masuk Kawah Putih. Jarak antara Ciwidey ke Situ Patenggang sekira 7 km.  Situ Patenggang juga bisa ditempuh lewat jalur Cianjur Selatan dan Garut Selatan.

Apabila menggunakan transportasi umum, Anda harus terlebih dahulu mencari Stasiun Leuwipanjang kemudian menaiki bus ke arah Ciwidey. Dari Ciwidey terdapat mini bus yang dapat mengantar hingga ke pintu masuk Situ Patenggang.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.