KAWAH PUTIH

KAWAH PUTIH


Sisi selatan Bandung menyingkap lansekap dramatis berupa pegunungan dan perkebunan teh di sekelilingnya. Hutan tropis dan bukit-bukit berkabut mempercantik parasnya. Di tengah-tengah suasana itu, terpancar pesona danau kawah indah, yaitu Kawah Putih.

Kawah Putih terletak di puncak Gunung Patuha, sekira 50 kilometer dari Bandung, Provinsi Jawa Barat. Gunung Patuha pernah meletus pada abad ke-10, kemudian bagian kawahnya perlahan beruban menjadi sebuah kawah belerang berwarna putih.

Melangkah ke Kawah Putih seperti memasuki dunia yang berbeda. Dominasi warna putih pucat itu melahirkan suasana yang mampu menghipnotis pengunjung. Saat hari cerah, warna danau begitu mencolok namun ketika hari berawan, seluruh kawah diselimuti kabut. Suhu dingin dan deretan pohon di ketinggian 2.500 m dpl itu pun menambah atmosfer magis.

Ada cerita rakyat tentang Kawah Putih yaitu itu merupakan tempat berkumpulnya roh para leluhur. Di Kawah putih terdapat makam beberapa leluhur warga sekitar, di antaranya adalah: Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom, dan Eyang Jambrong.

Salah satu puncak Gunung Patuha, Puncak Kapuk, dipercaya sebagai tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru. Di tempat ini beredar kabar bahwa masyarakat sesekali melihat sekumpulan domba berbulu putih (domba lukutan) yang dipercaya sebagai penjelmaan dari para leluhur.

Kawah Putih pertama kali didokumentasikan pada 1837 oleh Franz Wilhem Junghun, seorang ahli botani Jerman yang banyak melakukan penelitian di Indonesia. Pada 1987, barulah destinasi ini dibuka untuk umum. Biasanya pengunjung singgah di sini pada akhir pekan atau hari libur.

Kawah Putih dibuka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00. Fasilitas yang tersedia di sini adalah tempat parkir, transportasi, pusat informasi dan warung makan. Tiket masuknya seharga Rp15 ribu.


BERBELANJA

Kawasan pegunungan dan perbukitan di sekitar Kawah Putih menyajikan perkebunan tehdan strawberry. Anda dapat membelinya, bahkan memetiknya langsung untuk mendapatkan buah-buah terbaik.

Selain itu, Ciwidey juga terkenal dengan minuman tradisional Sunda yang disebut bandrek. Diramu dari jahe dan gula merah, bandrek sangat cocok dinikmati bersama iklim dingin Ciwideydengan diseruput selagi hangat.

Sebagai oleh-oleh, Anda dapat membeli sebotol bandrek dengan harga mulai Rp8 ribu sampai Rp16 ribu. Camilan khas lain yang bisa dibawa pulang adalah kalua, panganan dari kulit jeruk Bali yang diberi perasa manis.

AKOMODASI

Di sekitar Kawah Putih terdapat banyak hotel, villa dan penginapan, berikut ini adalah beberapa diantaranya.

D'Riam Riverside Resort

Jl. Soreang - Ciwidey Km 25, Bandung

Telepon: +62 22 85921210, +62 22 859212182

Email: reservation@driamresort.com

Situs web: http://www.driamresort.com/

Kampung Pa'go

Jl. Raya Soreang Ciwidey Km 25

Telepon: +62 22 859 2069 6, +62 22 926 30 996

Fax: +62 22 592 8062

Email: info@kampungpago.com

Situs web: http://www.kampungpago.com/

Hotel Sindang Reret

Jl.Propinsi Ciwidey Km22

Telepon: +62 22 5928205

Fax: +62 225 928 204

Patuha Resort

Jl.Ciwidey-Patenggang km30

Telepon: +62 22 5928062

Rancabali Ciwidey Cottage

Jl.Rancawalini Ciwidey

Telepon: +62 85320371165, +62 22 2534517, 

KEGIATAN

Pemandangan di Kawah Putih sangat indah, air danau berwarna putih kehijauan kontras dengan batu kapur putih yang mengitari danau. Di utara danau berdiri tegak tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuhan lainnya. Pastikan Anda mengabadikan kenangan dengan berfoto dengan latar alam nan memukau ini.

Pemandangan yang memukau dari Kawah Putih akan memberikan sensasi unik, ini benar-benar tempat terbaik untuk menyegarkan pikiran. Pemandangan dramatis pun begitu lengkap bagi pecinta fotografi. Tak heran jika tempat ini sering dijadikan lokasi foto pre-wedding ataupun sesi fotografi lainnya.


TRANSPORTASI
Dari Bandung menuju Kawah Putih membutuhkan waktu tempuh sekira dua jam, tergantung lalu lintas di sekitar Kota Bandung. Rute yang dilalui adalah Soreang (Kabupaten Bandung) kemudian melanjutkan perjalanan ke Ciwidey. Sebuah papan petunjuk wisata Kawah Putih akan terlihat menonjol dan menyambut pengunjung.

Jika menggunakan transportasi umum, Anda harus terlebih dahulu meraih Stasiun Bus Leuwipanjang, kemudian menaiki bus ke arah Ciwidey. Dari Ciwidey, ada angkutan umum yang mengantar ke pintu masuk Kawah Putih.

Dari pintu masuk ke Kawah Putih, ada  shuttle bus yang mengantar pengunjung setiap lima menit sekali, biayanya adalah Rp10 ribu per orang. Jika memilih membawa kendaraan sampai ke dekat kawah, ada biaya tambahan lagi sebesar Rp150 ribu per kendaraan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.