CAP GO MEH 2563 DI PONTIANAK DAN SINGKAWANG, KALIMANTAN TIMUR

Februari 04, 2012
CAP GO MEH 2563 DI PONTIANAK DAN SINGKAWANG, KALIMANTAN TIMUR


Di Kalimantan Barat, perayaan Cap Go Meh yang tahun ini jatuh pada 6 Februari 2012 akan dirayakan dengan sebuah festival selama 3 hari berlokasi di 2 kota, yaitu Pontianak dan Singkawang, pada 4-6 Februari 2012. Perayaan yang menjadi acara multi etnis tersebut tidak hanya akan berfokus pada budaya etnis Cina tetapi juga diikuti kelompok etnis lainnya termasuk Melayu, Dayak, Madura, Bugis, Batak, Jawa, dan Sunda.

Di Pontianak, festival tersebut akan dihiasi munculnya 7 naga melakukan atraksinya di pusat kota sebagai bagian dari Pesta Budaya Nusantara. Di Pontianak, sebelum puncak perayaan, akan diadakan ritual pembukaan di Kuil Kwan Tie Bo pada 4 Februari 2012. Pada 5 Februari siang, 7 naga akan memulai atraksi bersama-sama dengan pertunjukan budaya dan kesenian lainnya dalam Festival Budaya Nusantara. Pada puncak perayaan yaitu pada 6 Februari 2012, naga-naga akan melakukan parade dari Kuil di Jalan Diponegoro ke Jalan Gajah Mada dan Jalan Hijas, sebelumnya mereka juga akan melintasi Jalan Tanjungpura. Pada malam harinya, naga-naga tersebut akan tampil di Kapuas Pontianak Square.

Sementara itu, di Singkawang, sebanyak 750 tatung akan berpartisipasi dan melakukan pawai melewati jalan-jalan utama kota Singkawang. Sebuah parade lentera akan berlangsung di malam hari pada 5 Februari pukul 19.30 - 23.00 WIT mulai dari kantor Walikota kemudian melalui beberapa jalan utama kota dan berakhir di Happy Building. Puncak festival dan seluruh sesi perayaan Tahun Baru seluruh akan dihelat pada 6 Februari dengan parade seni kuno Tatung.

Tatung adalah media utama ritual Cap Go Meh untuk menolak roh-roh jahat. Selama ritual tatung, peserta yang akan masuk ke dalam atraksi kesurupan akan melakukan tindakan yang tidak biasa seperti menginjak pedang atau menusukkan kawat baja atau paku ke pipi mereka. Hal ini sangat luar biasa karena para peserta Tatung tidak terluka saat melakukan prosesi tersebut.

Tahun ini, lebih dari 750 peserta direncanakan akan ikut serta dalam ritual tersebut. Parade Tatung akan dimulai dari stadion Kridasana di Jalan Gusti Sulung Lelanang, lalu pindah ke Jalan Diponegoro, Jalan Niaga, Jalan Setia Budi, dan akan selesai di depan altar dekat patung naga di Jalan Niaga.

Cap Go Meh dirayakan setiap tahunnya pada hari ke-15 Tahun Cina. Secara harfiah, Cap Go Meh diterjemahkan sebagai malam ke-15 dimana bulan purnama pertama tahun ini terjadi. Perayaan Cap Go Meh biasanya rutin digelar di beberapa daerah dimana terdapat populasi etnis Tionghoa seperti di Kalimantan Barat, Bangka-Belitung, Palembang, Semarang, Surabaya, Jakarta, Bandung, Manado, dan Medan. Sebagai puncak dari seluruh Perayaan Tahun Baru Cina, acara ini benar-benar akan menjadi salah satu perayaan yang patut untuk Anda saksikan.

Untuk informasi lebih lanjut silakan Anda lihat tautan berikut.
http://tourism-pastikesingkawang.com/, http://disbudpar.kalbarprov.go.id/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.