LOMBA DESAIN KREASI PAKAIAN KHAS JOGJA BESERTA KELENGKAPANNYA

Februari 07, 2012
LOMBA DESAIN KREASI PAKAIAN KHAS JOGJA BESERTA KELENGKAPANNYA


Didasari keinginan menciptakan icon pariwisata baru dalam bentuk busana khas Jogja, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta menggelar lomba desain kreasi pakaian khas Yogyakarta beserta kelengkapannya. Lomba ini diharapkan akan menampilkan pakaian khas Yogyakarta yang nantinya dapat digunakan pelaku pariwisata sehingga membuat nuansa Yogyakarta semakin kental berciri budaya lokal dan mendukung perkembangan pariwisatanya.
Pemenang lomba akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan total sebesar Rp12.000.000,-. Juri dan pengamat lomba akan menghadirkan tokoh-tokoh yang ahli di bidangnya. Mereka diambil dari beberapa bidang, yaitu: budayawan, fashion designer, dan juga pelaku usaha pariwisata.
Lomba desain kreasi pakaian khas dan kelengkapannya ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Pendaftaran lomba ini ditutup pada 20 Februari 2012. Syarat utama dari desain pakaian dan kelengkapannya tersebut adalah harus memenuhi unsur sederhana dan terjangkau tetapi tetap menunjukkan karakter khas Yogyakarta. Kriteria penilaian lomba mengacu pada kreativitas rancangan, pemilihan bahan berciri khas Yogyakarta, dan tingkat aplikasinya.
Beberapa hal teknis perlu diperhatikan seperti berikut ini.
  • Desain harus simpel, unik dan mudah diaplikasikan untuk pakaian kerja sehari-hari bagi pelaku usaha pariwisata. Tema rancangan bebas tetapi (bukan busana tradisional Jawa pakem Yogyakarta) tetapi tetap menunjukkan ciri khas dan berakar dari budaya Yogyakarta dengan segala perkembangannya sebagai kota multibudaya.
  • Bahan utama adalah  kain tradisional khas Yogyakarta berupa batik sogan dan bukan printing, lurik atau yang lainnya, serta dapat dipadukan dengan bahan lain. Perbandingan bahan utama adalah 75 % dan bahan lain 25 %.
  • Desain terdiri dari satu desain busana pria dan satu busana perempuan. Desain juga dilengkapi dengan atribut berupa penutup kepala tetapi tidak berbentuk blangkon.
  • Desain berupa sketsa dibuat di atas kertas putih ukuran 30 x 40 cm dan diserahkan kepada panitia pada tanggal 20 Februari 2012. Desain Pemenang  lomba menjadi milik  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, sedangkan design bukan pemenang dapat diambil kembali.
Lomba ini diharapkan memberi kesempatan kepada kreator, perancang busana dan masyarakat umum untuk berkompetisi menampilkan kreasinya. Selain itu, juga untuk menggali  dan memperkenalkan kekayaan kain tradisional khas yang ada di masyarakat Yogyakarta  sebagai bahan pakaian ataupun atribut yang dapat digunakan dalam melakukan aktivitas pekerjaan.
Sebelumnya akan ada juga Workshop Kreasi Pakaian Khas Jogja beserta kelengkapannya akan dilaksanakan pada Rabu, 7 Februari 2012, bertempat di Restauran Pendopo Dalem (Jl. Sompilan, Kraton Yogyakarta), pukul 15.30 WIB.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi pihak berikut
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta
Jl. Suroto No. 11 Kotabaru Yogyakarta
Telp. 0274 588025
CP  :
Yetti Martanti : 08164225490              
Wawan     : 0818276068
Foto Cortesys (JIBI/Harian Jogja/Pamuji Tri Nastiti) via www.solopos.com


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.