GARUT

GARUT


Bisa jadi inilah Parahyangan yang sesungguhnya!

Garut adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat dengan kekayaan alam dan budaya yang akan memukau Anda sepenuhnya. Di bagian utaranya diselimuti pegunungan hijau nan sejuk sementara di selatannya terhampar pantai indah yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Dengan karakteristik topografi dataran tinggi dan pesisir membuat Garut menyimpan begitu banyak potensi alam yang menakjubkan untuk didatangi. 

Sejak abad ke-20 Garut terkenal dengan sebutan “Switzerland van Java” atau Swiss-nya Jawa. Saat itu, Garut sudah menjadi tujuan wisata para meneer Eropa di Hindia Belanda. Mendukung itulah hotel dan tempat wisata dikelola dan dikembangkan di tempat ini sejak dahulu.

Selain itu, Garut pernah digambarkan dalam Encyclopedie van Nederlands-Indie (Ensiklopedia Hindia-Belanda) tahun 1917, sebagai tempat paling indah di Pulau Jawa.

“Garut adalah salah satu tempat terindah di Jawa dengan iklim nyaman (tinggi 700m) dengan lingkungan yang sangat indah, tempat pesiar yang sangat disukai orang Batavia yang banyak datang di musim kemarau...”.

Gunung Papandayan memiliki taman edelweis dan menjadikan gunung ini satu dari empat gunung yang memiliki taman ‘bunga abadi’.  Ada juga Gunung Sadahurip yang diduga ada bangunan piramida buatan manusia di dalamnya. Temuan ini cukup menghebohkan dan tidak ada salahnya Anda berkunjung ke sana.

Jika ingin bersantai melihat deburan ombak maka ada beberapa pantai yang dapat dikunjungi. Pantai Puncak Guha adalah salah satu pantai yang memiliki keindahan alam berupa pemandangan pantai yang bisa disaksikan dari atas tebing. Anda akan dimanjakan gulungan ombak yang menderu bergantian menghempas tebing. Ada pula Pantai Karang Paranje yang memiliki bekas gugusan karang di sepanjang pantai tersebut.

Kabupaten Garut berbatasan dengan Kabupaten Bandung di sebelah utara, Samudera Hindia di sebelah selatan, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung di barat, dan Kabupaten Tasikmalaya di bagian timur.

KULINER

Beberapa makanan khas Garut adalah: dodol garut, ladu kalangbong, kerupuk kulit (dorokdok garut), pindang ikan, sambal cibiuk, es goyobod, jeruk garut, wajit, burayot, getrek, emplod, chocodot, burayot, kerupuk ro, rangginang, bugis, dan lagenar. Di Garut ada banyak toko pusat oleh-oleh seperti Garut Souvenir Center, Pasar Ceplak, PICNIC Coklat Dodol,  Primarasa & Citarasa, dan Saung & Djieun Coklat Chokodot.

Selain dodol dan jeruk garut, Anda dapat menemukan beragam makanan khas Garut di daerah asalnya dan sebagian lainnya juga ada di banyak toko oleh-oleh yang tersebar hampir di setiap sudut kota Garut.

Salah satu tempat jajanan masyarakat yang terbesar di kota Garut adalah Pasar Ceplak. Tempat ini adalah bagian dari denyut keramaian malam di Garut. Pasar Ceplak buka setelah Ashar sekitar pukul 4 sore di ruas Jalan Siliwangi yang terapit Jalan Cikuray dan Jalan Ciledug. Di tempat ini ada berbagai makanan khas Garut dan daerah lain mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Harganya terjangkau dibalut suasana nyaman. Puncak dari keramaian Pasar Ceplak adalah pada saat bulan Rhamadhan, akhir pekan, dan hari libur.

Sambel Cibiuk

Resep sambel cibiuk dibuat di Kecamatan Cibiuk mempunyai perbedaan dengan sambal-sambal lainnya karena dibuat dari bahan tomat hijau, serawung, cabe rawit serta bumbu lainnya. Keunikannya walaupun pedas tetapi tidak menimbulkan panas pada perut. Sambel Cibiuk sudah cukup terkenalnya dimana sekarang restoran dengan menu sambel Cibiuk sudah ada di berbagai kota besar khususnya Bandung dan Jakarta. Awalnya sambal cibiuk hanya disajikan untuk tamu istimewa atau hanya dapat dinikmati oleh masyarakat Cibiuk dan para pejabat saja, tetapi sekarang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan. Rumah makan sambal Cibiuk yang ada saat ini di Kecamatan Cibiuk adalah keturunan-keturunan langsung dari pemegang resep sambal cibiuk yang khas. Cobalah cicipi dengan mendatangi tempat asalnya di di berbagai rumah makan di Garut Kota, Tarogong dan sekitarnya terutama di Jalan Otista dan Jalan Veteran.

Burayot

Makanan ini terbuat dari gula merah dan tepung beras pilihan. Bahan dan rasanya sama dengan makanan khas daerah lainnya yaitu ali agrem tetapi dibuat bundar keriput atau "ngaburayot”. Makanan ini banyak diproduksi di Leles karena bahannya mudah didapat dan rasanya legit.

Angleng dan Aneka Wajit

Sebenarnya makanan ini sama dengan dodol garut yang diproduksi dari beras ketan dan gula merah. Perbedaanya adalah dodol diolah menjadi semacam karamel, sedangkan wajit tidak. Makanan ini diproduksi oleh masyarakat di Kecamatan Cihurip, Garut.

Pindang Ikan

Seperti ikan pindang dari dearah lain namun ada yang berbeda cara pengolahannya dan itu membuat orang yang pernah merasakannya ketagihan. Penasaran? Datangilah tempat khususnya daerah Cikajang, Cisurupan, dan Cihideung.

Ladu

Dibuat dari beras ketan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi hidangan yang khas serta rasanya berbeda dengan makanan lainnya. Pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat Malangbong Garut.

Ceprus

Temukan makanan ini di Garut Selatan. Ceprus adalah singkong bakar panas dicelupkan pada gula merah yang telah dipanaskan (kinca). Makanan ini tergolong langka karena hanya tersaji bila di sentra gula merah asli dari pohon kawung (aren).

Kurupuk Kulit Khas Garut

Berkembang seiring banyaknya penyamakan kulit di Kabupaten Garut. Saat proses penyamakan ada bagian dari bahan baku kulit yang dibuang dan tidak diolah maka kemudian diproses menjadi kerupuk kulit. Kerupuk kulit dan dorokdok garut mempunyai citarasa yang sangat khas. Temukan produsennya yang tersebar di Garut Kota, Tarogong dan sekitarnya.

BERBELANJA

Garut memilki beberapa produk khas diantaranya adalah jaket kulit, batik tulis garutan, kerupuk kulit (dorokdok), minyak akar wangi, boboko samarang, dan batu akik hias bungbulang.

Tidak jauh dari Masjid Agung Garut terdapat Rumah Batik yang menjual banyak batik garutan dengan beragam corak, warna dan harga, dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Toko Hikmat Akar Wangi di Jalan Otista No. 58 Tarogong yang menjual oleh-oleh khas Garut misalnya jaket kulit dan Akar Wangi Garut.

Kabupaten Garut dikenal sebagai sentra produksi olahan jeruk, dodol, domba garut, batik garut, jaket kulit, dan minyak akar wangi, serta kerajinan bulu unggas.

Karajinan Bulu Unggas

Dari kerajinan bulu unggas ini dihasilkan beragam kerajinan dengan corak yang unik. Temukan lokasinya di Kecamatan Leles, sekitar 15 km dari kota Garut. Anda yang berkunjung ke Situ dan Candi Cangkuang yang juga terletak Kecamatan di Leles dapat mempertimbangkan kerajinan unik ini sebagai salah satu pilihan cendera mata untuk dijadikan oleh-oleh. Industri kerajinan tangan bulu unggas berupa dasi, bross, jepit, bando, sepatu, dan lukisan yang telah diserap peminat dari dalam dan luar negeri.

Afifaonacentra

Desa Cipancar Kec. Leles Garut 44152 Telp. (0262)455339

Dodol Garut

Kabupaten Garut merupakan penghasil dodol berkualitas tinggi dengan beraneka ragam jenis rasa. Dodol Garut ini dikenal luas karena rasa khas dan kelenturan yang berbeda dari produk sejenis dari daerah lain. Industri ini di Garut telah berkembang sejak tahun 1926 oleh seorang pengusaha yaitu Ibu Karsinah dengan proses pembuatan yang sangat sederhana dan terus berkembang hingga saat ini. Selain memiliki cita rasa yang berbeda, harganya terjangkau dan merupakan makanan yang sangat digemari oleh masyarakat. Proses pembuatannya sangat sederhana dan bahan bakunya mudah diperoleh dengan memanfaatkan bahan seperti buah waluh, kentang, kacang, pepaya, nenas, sirsak, dan lain-lain. Dodol ini tidak menggunakan bahan pengawet dan tambahan bahan makanan yang bersifat sintetis, selain itu memiliki daya tahan cukup lama hingga 3 bulan. Temukan produsennya di tempat berikut.

Herlinah, PD

Jl. Raya Garut-Tasik KM 8,5 Ds. Cilawu Telp. (0262) 235871

Kontak : Jamaluddin Ahmad

Nurjanah, PD

Ciledug 25 Telp. (0262) 233965
Kontak: H. Otosin

Jeruk garut

Jeruk Garut merupakan salah satu komoditas pertanian unggulan. Jeruk merupakan komoditas sub-sektor pertanian tanaman pangan yang bernilai ekonomis cukup tinggi. Daerah penghasil Jeruk Garut terbaik adalah daerah Cigadog, Wanaraja yang kini masuk ke dalam wilayah Kecamatan Sucinaraja.

Jaket Kulit

Popularitas jaket kulit Garut lebih menonjol dibandingkan dengan komoditas kerajinan kulit lainnya seperti sepatu, ikat pinggang, sarung tangan, atau dompet. Temukan di tempat berikut:

Arsya Leather

Jl. Gagak Lumayung 126 Garut Kota Telp. (0262) 233016

Kontak : H. Ir. Ayub Affandi

Putra Setra

Jl. Sudirman 26 Garut Kota Telp.(0262) 233660

KOntak : H. Jajang Hermawan

Kerajinan Bambu

Tersedianya bambu hampir di semua wilayah Kabupaten Garut, membuat kerajinan bambu berkembang menghasilkan beragam alat rumah tangga, sangkar burung, kap lampu, bilik hias, dan sebagainya. Anyaman bambu Garut telah mampu mewakili Indonesia pada even Internasional.

Batu Aji

Di Caringin Garut Anda dapat temukan daerah penggalian batu aji. Berbagai jenis batu akik dapat dipesan seperti liontin batu untuk cincin atau giwang dengan polesan yang rapih. Jenis yang sangat popular dari tempat ini adalah adalah yang berwarna hijau muda.

Jenisnya sangat beragam seperti krisopras-jamrud Garut, native copper (batu urat tembaga), agat, kuarsa atau kalsedon (kecubung), kriskola, jaspir, fosil kayu terkersikkan, dan lain-lain.

Kerajinan Akarwangi

Kerajinan berbahan akar wangi dalam wujud hiasan dinding dan meja, taplak meja, vas bunga, tempat lilin, sajadah, dekorasi dan produk kreatif lainnya merupakan oleh-oleh yang cantik untuk dijadikan oleh-oleh. Keistimewaan kerajinan Akar Wangi ini adalah selain berfungsi sebagai hiasan juga dapat menjadi pengharum yang menyegarkan ruangan. Konon rumput Akar Wangi ini sudah dikenal sejak lama dipergunakan untuk pewangi batik, maupun pengharum lemari penyimpan pakaian atau benda-benda pusaka seperti keris.

KPM Bayongbong

Kp. Goler No. 91 Ds. Hegarmanah Bayongbong Garut Telp. (0262)236411

Temukan juga produk sutera alam Garut di SAS tepatnya di Jalan Otista Blk 279 Desa Tarogong Garut Telp.(0262) 238179 (Drs. Soleh) dan di Sutera Alam, PD, Jl. Otista 279 Tarogong Garut Telp.(0262) 232005 (Drs. Kurnia dan Amin Iskandar)

Apabila Anda ingin mengunjungi toko oleh-oleh khusus di Garut makan dapat mendatangi toko berikut ini.

Nur

Jl. Otista No.35 Tarogong Garut 44151 Telp(0262)234083

Hitmat

Jl. Otista No.58 Tarogong Garut 44151 Telp.(0262)2248481

Khasna

Jl. Otista No.66 Tarogong Garut 44151

Cita Rasa

Jl. Ciledug No. 62 Garut Kota Telp.(0262)233670

Prima Rasa

Jl. Ciledug No.175 Garut Kota

Waroeng Cokelat

Jl. Oto Iskandardinata No.72A Tlp.(0262) 9119990 Tarogong Garut

Saung Cokelat

Jl.Babakan Selaawi No.25 Tlp.(0262) 9176767 Cipanas Garut

 AKOMODASI

Ada beragam akomodasi di Garut yang dapat Anda sesuikan dengan kebutuhan dan lokasi terdekat tujuan wisata yang ingin hampiri. Berikut ini referensinya.

Hotel Tirta Gangga

Jalan Raya Cipanas No. 130 Garut 44151

Tlp. 232549

Hotel Danau Dariza

Jalan Raya Cipanas No. 44-45

Telp. (0262) 243694-7

Kampung Sumber Alam

Jalan Raya Cipanas No. 122 Garut 44151

Tlp. (0262) 237700

Kampung Sampireun

Jalan Raya Kamojang-Samarang, Desa Sukamulya

Tlp. (0262) 542393

Hotel Sabda Alam Resort

Jalan Raya Cipanas No. 3 Garut 44151

Tlp. (0262) 540054

Hotel Augusta

Jalan Raya Cipanas No 51 Garut 44151

Tlp. (0262) 241556

Hotel Tirta Merta I

Jalan Raya Cipanas No. 166 Garut 44151

Tlp. (0262) 231422


KEGIATAN

Garut memiliki tempat wisata yang lengkap, mulai dari gunung, danau, pemandian air panas, air terjun, perkebunan teh, bahkan pantai. Bagi Anda pecinta wisata alam dan ingin mendaki gunung dapat mengunjungi Gunung Papandayan untuk melihat hamparan taman bunga Edelweis dan hutan mati.

Situ Bagendit adalah sebuah danau, dikelilingi persawahan dan perkampungan penduduk dengan latar panorama alam pegunungan yang menawan. DI sana tersedia beragam kegiatan, seperti naik rakit bambu, bersepeda air, canoe, memancing, hingga jet ski.

Ada juga Talaga Bodas yang memiliki air di danau kawah berwarna putih kehijauan. Lokasinya di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, berjarak 1 jam dari pusat Kota Garut. Di perjalanan akan tampak perbukitan dan tampak pula Gunung Sadahurip yang berbentuk seperti piramid.

Kabupaten Garut dikelilingi beberapa kawah dan hal tersebut membuat Garut mempunyai beberapa sumber air panas, salah satunya yang terkenal adalah Cipanas. Selain itu, terdapat Kawah Kamojang yang mengeluarkan uap dan di beberapa kawah biasanya digunakan wisatawan untuk mandi uap. 

Bagi penggemar arung jeram ada Sungai Cikandang yang memilki arus cukup deras denga jeram-jeram menantang untuk ditaklukkan. Sungai Cikandang memiliki jalur sepanjang 28 km dengan grade III hingga IV dan jeram yang cukup ekstrem. Pemandangan indah di sekitar tepian sungai menjadi nilai tambah ketika berkunjung ke tempat ini.

Suasana tenang dan romantis dapat Anda nikmati apabila mengunjungi beberapa pantai serta Kampung Sampireun. Pantai Santolo dan Sayang Heulang dapat menjadi pilihan karena selain suasana yang cukup lengang di pantai ini juga menawarkan pemandangan pantai yang begitu memesona. Di kampung Sampireun Anda dapat menikmati suasana ala pedesaan khas Sunda lengkap dengan situ dan perahu kayunya. Iringan musik tradisional Sunda menambah daya tarik pengunjung yang datang kesana.


TRANSPORTASI
Untuk menuju Garut ada beberapa pilihan transportasi salah satunya bus. Dari terminal Lebak Bulus Anda dapat menaiki Bus Primajasa yang langung menuju Kabupaten Garut. Apabila tidak mendapatkan Bus Primajasa Anda dapat menggunakan bus tujuan Pangandaran dan Tasikmalaya lalu turun di Nagreg dan menaiki Elf atau bus menuju Garut. 

Alternatif transportasi lainnya adalah menaiki kereta api yang berhenti di beberapa Stasiun Kereta Api di Garut seperti Stasiun Malangbong, Stasiun Cibatu, dan Stasiun Leles.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.