Padang

PADANG


TINJAUAN

Padang merupakan ibu kota Sumatera Barat dan merupakan pintu gerbang ke dataran tinggi Minang. Dengan pelabuhan terbesar di Pantai Barat Sumatra, kota ini adalah kota perdagangan yang menarik kapal komoditi seperti karet, kayu manis, kopi, semen, teh, dan batubara. Jika Anda berjalan-jalan di pantai kolonial lama Anda akan melihat gudang tua yang dipenuhi dengan wewangian cinammon dan rempah-rempah     menunggu untuk dikirim ke Jakarta dan Singapura.


Sungai Batang Arau mengalir melalui kota dan merupakan pemandangan unik melihat sejumlah perahu kecil dan kapal dayung berderet manis di tepi sungai.


Atau Anda dapat melakukan beberapa kegiatan menyelam di Padang. Buka link ini jika Anda ingin melihat informasi lebih lanjut tentang kegiatan menyelam di Padang.



KULINER

Jika Anda penikmat masakan bercitarasa pedas maka Padang adalah tempat yang tepat untuk Anda. Padang terkenal di seluruh Indonesia karena masakannya yang khas, Padang adalah tempat untuk mencicipi makanan padang yang pedas yang sudah terkenal di seluruh negeri dan dunia. Makanan padang yang terkenal adalah rendang dan soto padang.

Ketika Anda berada di restoran padang, Anda akan terheran-heran menyaksikan para pelayan membawa lebih dari sepuluh piring yang berisi menu makanan di kedua tangan mereka. Hidangan ini kemudian akan disajikan ke setiap meja.

Lamang Baluo merupakan kudapan khas Sumatera Barat yang terbuat dari ketan meliputi campuran kelapa dan gula jawa yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Makanan ini sekilas mirip lemper yang berisi daging, bedanya lamang baluo manis rasanya karena dilekati gula kelapa di bagian atasnya. Kudapan ini banyak ditemui saat Ramadhan sebagai salah satu makanan berbuka.


BERBELANJA

Bagi para penggila belanja, kerajinan lokal merupakan suvenir ideal untuk dibawa sebagai oleh-oleh bagi mereka yang Anda cintai. Kerajinan seperti kain tenunan, perak, ukiran kayu ulin dan keramik China, semuanya dapat ditemukan dan dijual di kota ini. Untuk menemukan toko-toko suvenir terbaik, Anda bisa berkunjung ke Toko Silungkang di Jalan Imam Bonjol (dekat kantor Walikota Padang), Toko Sartika di Jalan Sudirman) , Toko Saudara di Jalan Pondok), dan lain-lain.


AKOMODASI

Terdapat beraneka jenis akomodasi di Padang, mulai dari penginapan bisa sampai ke hotel-hotel berbintang.

Hotel Buminang adalah hotel bintang lima yang dilengkapi dengan ruang karaoke.Inna Muara Hotel menawarkan harga yang relatif terjangkau dan kamar-kamarnya memiliki pendingin ruangan.



KEGIATAN

Berjalan-jalan di sekitar daerah kuno Padang seperti Kampung Cina dimana rumah-rumah kuno berjajar manis di sisi jalan. Di sini Anda akan melihat orang-orang Cina menjalankan usaha dan warung kopi mereka, mereka juga bisa menyediakan minuman dingin untuk menghilangkan dahaga Anda karena teriknya matahari.

Museum provinsi yang berada di pusat kota Padang adalah rumah bagi koleksi artefak prasejarah, perangko, keramik impor, seni modern dan menampilkan budaya Minang dan Mentawai.

Air Manis Padang adalah pantai yang paling populer di Padang. Legenda mengatakan bahwa suatu ketika seorang pemuda bernama Malin Kundang pergi ke laut untuk menjadi seorang pedagang kaya. Ketika ia kembali ke rumah, ibunya sangat senang dan dengan mengenakan pakaian yang layak dan membawa bekal, dia pergi ke kapal untuk menemuinya. Tetapi Malin Kudang merasa malu dan pura-pura tidak mengenalnya. Hati ibunya sangat sedih dan saat ia berlayar sang ibu mengutuknya. Ketika ia pergi, guntur dan kilat menghantam kapal dan kapal Malin pun tenggelam. Semua orang di atas kapal tewas dan berubah menjadi batu - sebuah karang batu yang berada di pantai disebut-sebut sebagai jasad mereka yang membatu.Di Bungus, sebuah desa kecil sekitar 25km selatan Padang terdapat pantai yang sangat cocok untuk berenang. Dari sini Anda dapat menyewa sebuah cadik untuk mengunjungi pulau-pulau karang terdekat yang terletak sekitar satu jam di lepas pantai.



BERKELILING

Sebagian besar destinasi wisata di Padang dapat ditempuh dengan berjalan kaki, namun jika Anda bukan pejalan kaki sejati, taksi juga tersedia di sini.

Walaupun sedikit lambat, Anda bisa meggunakan Bendi atau Delman untuk pengalaman yang lebih romantis.

Di kota ini juga tersedia mikrolet dan bus.


TRANSPORTASI

Bandara Internasional Minangkabau terletak di Jl Adinegoro, 20 km dari pusat kota. Penerbangan domestik antara Padang dan Jakarta beroperasi setiap hari. Penerbangan ke Padang diantaranya dilayani oleh Operasi Garuda, Air Asia dan Lion Air.
Terminal bus bengkuang padang terletak 12 km dari kota.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.