Danau Singkarak

DANAU SINGKARAK



TINJAUAN

Sebuah gambar lukis panorama alam dari tahun 1905 menampilkan keindahan Danau Singkarak. Bukan dari tangan seorang pelukis melainkan oleh seorang peneliti yang saat itu sedang berada Hindia Belanda. Adalah Ernst Haeckel, naturalis  asal Jerman yang terkesima dengan indahnya panorama danau nan cantik ini sehingga ia pun seakan tak tahan untuk menuangkannya pada sebuah gambar lukis.



Danau Singkarak adalah sebuah danau kawah yang sangat besar di dalam pemandangan alam vulkanik yang dramatis. Tersebar di dua kabupaten, Solok dan Tanah Datar, danau besar dengan luas 1.000 hektar. Danau terluas di Sumatera dan danau terbesar kedua di pulau tersebut, setelah Danau Toba.


Sebuah dunia yang tenang, pemandangan menakjubkan dan spektakuler menanti di sini. Di sini Anda dapat merangkul keindahan alam Indonesia yang sangat terkenal. Keindahan Danau Singkarak sudah tersebar sejak 1905 saat seorang naturalis bernama Ernst Haeckel mengenalkannya dalam sebuah buku biology. Ernst Haeckel terkesima dengan indahnya panorama danau nan cantik ini sehingga ia pun seakan tak tahan untuk menuangkannya pada sebuah gambar lukis.


Danau Singkarak terkenal dengan ikan Bilih nya yang merupakan spesies ikan yang hanya hidup di danau ini saja. Ikan ini sangat unik karena tidak dapat bertahan hidup di mana saja, bahkan di dalam akuarium  kecuali di Danau Singkarak.


Di Danau Singkarak hidup lebih dari 19 jenis ikan dan yang istimewanya adalah ikan bilih (Mystacoleucus padangensis). Ikan tersebut sulit dibudidayakan di luar Singkarak dan bila dipaksakan pun rasanya akan berbeda, bahkan sekalipun dengan dibudidayakan dalam jala terapung yang ada di Danau Singkarak. Olahan ikan bilih biasanya digoreng kering atau dicocol dengan sambal hijau. Pastikan Anda membeli oleh-oleh ikan bilih yang telah digoreng kering dalam bungkusan untuk dibawa pulang.



KULINER

Ikan bilih terkenal dengan rasa yang unik dan lezat. Ikan ini dapat disajikan dalam berbagai cara termasuk goreng, dibumbui dengan cabai, atau direbus. Jadi, apa pun selera Anda, restoran di sekitar danau ini pasti bisa menyajikan ikan ini dengan rasa lezat.



Rumah Makan Kayu Aro, Kayu Aro

Rumah Makan Mintuo, Aia Siok

Restoran Sari Manggis, Guguk


BERBELANJA

Pada beberapa titik di sekitar danau, Anda dapat membeli cenderamata yang bertemakan Danau Singkarak dan kerajinan yang mewakili budaya Minangkabau.


AKOMODASI

Ada banyak hotel dekat Danau Singkarak seperti di sepanjang jalan utama solok-bukittinggi dan di Kabupaten Tanah Datar.

Kota Umbilin berada di tepi danau, berbagai hotel dan restoran membuatnya menjadi tempat yang nyaman untuk bermalam. Perahu bisa disewa dari sini dan kota ini adalah tempat yang baik untuk mengawali aktivitas Anda berenang, hiking dan bersantai.



Hotel Palapa Prima

Tikalak Kacang Singkarak

telp. +62 755 380834



Danau Sri Rezeki

Alahan Panjang



Helmaya

Alahan Panjang



Danau Diatas

Alahan Panjang



Hotel Caredek

Kota Solok



Hotel Taufina

In. By Pass Kota Solok



Cottages

di Alahan Panjang (Danau Diatas)



 KEGIATAN

Bawalah kamera Anda dan abadikan pemandangan danau yang indah ini. Pemandangan terbaik dapat dilihat melalui jalan utama Solok-Bukittinggi, dimana pengunjung sering sekali berhenti untuk mengabadikan pemandangan danau yang menakjubkan.

Tour de Singkarak adalah perhelatan bersepeda internasional dengan pesertanya datang dari berbagia negara. Menyambangi Sumatera Barat dan khususnya Danau Singkarak saat event ini berlangsung tentunya menjadi pilihan yang sangat sempurna.

Bersantailah di pinggir danau atau beranikan diri berenang bersama anak-anak setempat di danau tersbeut. Beberapa tempat cocok untuk berenang jadi ambillah kesempatan tersebut.

Lemparkan tali pancing dan uji keberuntungan Anda. Uji keterampilan Anda dengan mencoba menangkap ikan bilih yang terkenal.



BERKELILING

Cara yang paling nyaman untuk berkeliling di sini adalah mengemudi. Danau Singkarak juga dapat dicapai dengan transportasi umum.


TRANSPORTASI

Danau Singkarak berjarak 70 km dari Padang, 20 km dari Solok atau sekira 36 km dari Bukittinggi. Dari bandara internasional Minangkabau, Anda dapat menyewa mobil atau minibus umum dengan rute Padang-Solok dan kemudian mengambil transportasi lain ke danau. Perjalanan ini akan membawa Anda melewati kawasan Sitinjau Laut yang terkenal dengan tikungan  tajam dan ngarai curam.

Danau Singakrak mudah untuk dicapai karena strategis di pinggir jalanan berkelok antara Kabupaten Tanah Datar dan Solok. Untuk berkunjung ke Danau Singkarak Anda dapat menempuh jalan darat sekira 2 jam dari Kota Padang. Apabila Anda menggunakan angkutan umum maka tarifnya sekira Rp 40.000,-. Lokasi untuk menikmati panorama Singakrak dapat memilih antara Kenagarian Kacang, Paninggahan, Malalo, atau Pitalah. Apabila Anda datang dari arah Kabupaten Tanah Datar maka dapat menuju Panorama Payorapuih di Kecamatan Batipuh yang menyuguhkan pemandangan Danau Singkarak berlatar Gunung Merapi dan Bukit Patah Gigi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.