Danau Kembar

DANAU KEMBAR


TINJAUAN

Kabupaten Solok merupakan wilayah yang memiliki danau-danau indah. Daerah hijau dan subur ini berada pada ketinggian 400-1.700 mdpl dan memiliki empat buah danau, yaitu Danau Singkarak, Danau Talang, Danau Diateh (Diatas), dan Danau Dibawah. Dua danau terakhir disebut sebagai Danau Kembar karena hampir sama luasnya dan letaknya berdekatan.


Danau Kembar terletak di Kabupaten Solok, tepatnya di daerah Bungo Tanjung, Alahan Panjang. Lokasi danau ini sangat strategis dan terletak di atas ketinggian sehingga suhu udaranya sangat dingin. Pegunungannya yang dibalut kabut dan aktivitas petani kol, kentang, cabe, dan aneka sayuran lainnya menjadi menjadi pemandangan tersendiri yang khas.


Alahan Panjang memiliki udara yang cukup dingin bahkan saat siang hari sekalipun. Anda akan melihat pemandangan yang biasa di sini dimana masyarakatnya mengenakan kain sarung.


Dari kota Padang, Danau Kembar berjarak sekitar 65 km melewati jalan tanjakan dan tikungan. 15 km perjalanan meninggalkan pusat kota Padang maka Anda akan disuguhi pemandangan perbukitan, hutan, dan jurang yang curam. Begitu sampai di Lubuk Selasih, sekitar 35 km dari pusat kota Padang, Anda berbeloklah ke kanan untuk menuju arah Solok Selatan untuk menikmati suguhan aroma daun teh segar di antara hamparan perkebunannya yang membentang luas.


..Dari puncak bukit Anda akan melihat kilatan ikan berenang di Danau Dibawah.


Danau Diatas dan Danau DiBawah sering disebut juga sebagai Danau Kembar. Meskipun disebut kembar, keduanya sungguh berbeda baik luas, bentuk, maupun ketinggiannya. Uniknya danau yang letaknya lebih tinggi itu disebut Danau Di bawah. Keduanya berada saling berdampingan di jajaran Bukit Barisan. Jarak di antara keduanya hanya sekitar 300 meter sehingga disebutlah Danau Kembar.


Anda yang hobi memancing bisa menyalurkannya di sini. Anda juga bisa melihat Gunung Api Talang yang masih aktif. Kawasan Danau Kembar juga memiliki agroturis yang luas dan khas, seperti perkebunan teh, markisa, dan sayur-mayur. Di kawasan ini juga tersedia wisata outbond, tracking, olah raga air, dan kegiatan rekreasi lainnya. Sepulang menikmati panorama Danau Kembar, Anda dapat membeli beraneka ragam jenis bunga di sekitar danau.



KULINER

Datanglah ke Restoran Kayu Aro Solok di sebelah kantor Bupati Kabupaten Solok di daerah Aro Suka. Lokasinya berada tepat di sebelah kanan jalan dari Padang ke Solok. Cicipi  dendengnya yang lezat dan berbagai lauknya. Pemandangan perbukitan yang indah ditambah sejuknya udar pasti membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Ada sop talang di Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok yang rasanya lezat. Ini dipadu dengan hawa kaki Gunung Talang yang sejuk.

Restoran Dendeng Baracik H. Emmy Solok menyajikan kelezatan dendeng yang diracik dengan air kelapa. Anda bisa lupa berapa banyak potongan dendeng yang dihabiskan karena dijamin lezat. Ada juga penganan khas Minang seperti bubur kampiun dan ketan hitam. Berada Kecamatan Gunung Talang, tidak jauh dari SMP Talang, di sebelah kanan jalan menurun yang menuju Solok dari arah Padang.

Pilihan lain adalah Resto Meri di dekat wilayah Koto Baru. Anda dapat mencicipi ikan yang nikmat ditemani kerupuk singkongnya yang lezat.


BERBELANJA

Tanah dan iklimnya yang sejuk membuat tempat ini sesuai untuk berbagai tanaman bunga dan buah-buahan. Terdapat sejumlah kebun sayur dan pesawahan di sekelilingnya. Sepanjang perjalanan ke Danau Diatas, mata Anda akan di manjakan panorama dan keindahan alam pegunungan yang indah dan kebun teh membentang luas. Semakin dekat ke lokasi akan terlihat kebun sayuran seperti kol, kentang, wortel, dan yang lainnya.

Ada buah-buahan khas Alahan Panjang yang dapat Anda beli dan Anda cicipi yaitu buah markisa dan terong virus.


KEGIATAN

Keperawanan alam dan keaslian budaya masih kental di daerah ini.  Bila Anda datang dari arah Solok maka bisa langsung menuju Danau Dibawah dari Terminal Bareh Solok. Jalannya memang sedikit sempit namun pemandangannya sangat mengagumkan. Hutan pinus, perkebunan teh dan lembah akan Anda lewati. Sekitar 3 jam perjalanan, Anda akan sampai ke danau pertama, yaitu Danau Diatas.

Danau Diatas adalah danau yang lebih besar dibanding satunya. Terdapat sebuah dermaga kayu kecil di sana. Tempat ini menyajikan pemandangan danau yang alami dengan air yang bening. Pohon-pohon pinus yang tumbuh di tepian membuatnya seakan dijaga pagar alami.

Setelah menikmati Danau Diatas, Anda bisa menuju arah Timur untuk menjumpai Danau Dibawah. Danau Dibawah berjarak kira-kira 1 km di tempat yang terletak lebih tinggi. Danau tersebut dinamakan Danau Dibawah karena ketika melihatnya, danau tersebut terletak di bawah Anda. Anda harus berjalan ke tempat yang lebih tinggi untuk melihat danau ini. Kontur Alahan Panjang yang berbukit-bukit, membuatnya seperti mangkuk hijau raksasa. Panorama yang disajikan di sini tak kalah indahnya sambil menikmati buah markisa yang banyak dijual di sepanjang jalan.

Danau Kembar merupakan danau vulkanik besar yang terletak tidak berjauhan dan hampir berdampingan karena dipisahkan oleh sebuah bukit yang menjulang di antara keduanya. Keindahan kedua danau ini bisa Anda saksikan dari puncak bukit tersebut. Apabila Anda perhatikan dari atas bukit tersebut maka terlihat posisinya yang lebih dibawah adalah Danau Diatas dan sebaliknya Danau Dibawah jauh lebih di atas ketimbang kembarannya. Akan tetapi bila diukur maka Danau Diatas lebih tinggi posisinya.

Ikan-ikan di Danau Dibawah jarang ditangkap sehingga ukurannya besar dan jumlahnya cukup banyak. Dari puncak bukit Anda akan melihat kilatan dari ikan berenang di Danau Dibawah.

Danau Kembar memiliki nuansa magis ditambah budaya masyarakat setempat yang terkenal kental dengan ilmu mistisnya. Bahkan ilmu mistis masyarakat Danau Kembar  sudah terkenal di Kabupaten Solok. Banyak yang datang ke daerah ini untuk belajar ilmu kebatinan atau belajar silat yaitu silek pakieh rabun atau silek luncue.


BERKELILING

Di dua danau ini Anda bisa menikmati tur keliling danau dengan menggunakan perahu masyarakat setempat yang dapat disewa. Sebelum Anda sampai di Danau Dibawah, Anda bisa mampir sejenak menikmati panorama indah dan sejuknya angin sambil makan siang di beberapa lokasi yang sudah tersedia.

Anda juga bisa berkunjung ke Gunung Talang dari lokasi ini. Kunjungi pula Danau Talang yang terletak di pinggang Gunung Talang. Danau ini memiliki luas 1950 m x 1050 m, kedalaman 88 m, dan ketinggian 1674 mdpl. Selain itu ada juga Danau Kecil seluas 400 m x 100 m dan ketinggian 1707 m.  Di daerah Bukit Kili, terdapat mata air panas di kaki gunung api itu.


TRANSPORTASI

Untuk mengunjungi Danau Kembar dan sekitarnya, setibanya Anda di Minangkabau International Airport di bandara Ketaping, Kabupaten Padang Pariaman, Anda bisa menggunakan travel dengan sistem sewa per hari berkisar Rp300.000,00 hingga Rp500.000, itu belum termasuk biaya bahan bakar. Transportasi umum belum bisa diandalkan untuk angkutan wisata yang bisa melayani satu-dua orang, kecuali rombongan.

Untuk mencapai lokasi Danau Kembar dari kota Padang, Anda dapat menggunakan bus antarkota dengan ongkos Rp20.000,00 menempuh perjalanan sejauh 60 km dalam waktu sekitar 1½ jam mengingat jalannya cukup berliku.

Alahan Panjang tempat dimana Danau Kembar berada bisa ditempuh dengan mobil atau motor sekitar 3 jam dari kota Padang. Sebelum sampai ke tujuan, sepanjang perjalanan dari Padang-Simpang Lubuak Selasiah, mata Anda akan disuguhi suatu pemandangan dan karakteristik alam pegunungan yang lengkap.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.