Danau Maninjau

DANAU MANINJAU



TINJAUAN

Danau Maninjau yang indah di Sumatra Barat adalah salah satu yang terhening di Indonesia. Dengan ini merupakan kejaiban alam yang luar biasa dan tempat yang tepat untuk menenangkan diri dan menikmati suasana hidup yang tenang. Datanglah ke danau kuno ini untuk melarikan diri Anda dari kesibukan dan keramaian kota. Danau Maninjau mempunyai pemandangan yang sangat indah bertengger di perbukitan setinggi 4.6150 meter di atas permukaan laut dan luas permukaan danau sekira 99,5 kilometer persegi dan kedalamannya 495 meter.


Untuk sampai ke danau ini, Anda harus mengambil jalan curam menurun dari Bukittinggi. Perjalanan akan berliku-liku dengan tikungan tajam. Perjalanan ke danau ini jelas akan memukau Anda dengan pemandangan luar biasa ke arah danau biru berkilauan dan bukit-bukit sekitarnya.


Danau ini lebih dari sekedar landmark indah tetapi  juga merupakan warisan budaya masyarakat setempat. Legenda Bujang Sembilan mewarnai kisah danau ini. Menurut cerita rakyat setempat, salah seorang pria dalam kisah itu mati dengan cara terjun ke kawah kemudian kawah meluas dan membentuk sebuah danau.


Dengan mengagumi pemandangan dan kedamaiannya, kunjungan ke Danau Maninjau akan membuat pikiran Anda disegarkan. Jika Anda mencari pemandangan yang fantastis maka resort Maninjau bertengger di puncak bukit  menawarkan beberapa pemandangan terbaik danau ini.


Desa Maninjau terletak di dekat danau dan tempat ini terkenal sebagai tanah kelahiran Buya HAMKA. Seorang novelis  terkenal di Indonesia yang menulis buku fenomenal berjudul "Tenggelamnya Kapal Van der Wijk". Tokoh lain yang lahir di sini adalah Rangkayo Rasuna Said, yaitu salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Namanya telah diabadikan sebagai salah satu jalan protokol di Ibu Kota DKI Jakarta.



KULINER

Masakan dari Sumatera Barat, juga disebut makanan Padang, terkenal dengan bumbunya. Cobalah beberapa hidangan lokal seperti rendang-daging sapi yang dimasak dengan santan.


BERBELANJA

Anda dapat membeli kerajinan tradisional Minang di daerah ini atau di Bukittinggi. Tersedia berbagai kerajinan dari perak atau songket benang emas (kain tenunan tangan), sandal, sepatu, tas, kantong uang terbuat dari songket, serta item unik lainnya juga tersedia di sini. Anda juga dapat membeli makanan ringan tradisional Sumatera Barat seperti keripik singkong saus sambal.


AKOMODASI

Ada sejumlah penginapan menawarkan akomodasi dekat dasar danau. Pilihan paling mewah adalah Resort Maninjau yang memiliki pemandangan panorama danau.

Ada juga berbagai macam akomodasi yang tersedia di Bukkittinggi.


KEGIATAN

Tempat ini tepat untuk bersantai dan menikmati kesunyian. Anda tidak akan terganggu hiruk-pikuk kehidupan kota. Tempat sempurna unutk duduk bersantai dan menikmati wangi tanah yang subur, langit biru yang cerah, dan gemericik air jernih.Menyegarkan tubuh dengan berenang di pagi hari. Menghabiskan sore yang tenang dengan menyaksikan awan mengapung di pucak bukit atau perlahan menuruni dinding kawah adalah aktivitas menarik. Jika Anda lebih memilih sesuatu yang sedikit lebih atraktif maka sewalah perahu dan mendayunglah dengan santai di sekitar danau.



BERKELILING

Tergantung di mana Anda tinggal, Anda dapat menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum untuk berkeliling.

Atau menjelajahi daerah yang indah dengan mengayuh sepeda gunung. Jika Anda seorang pencari sensasi, merasakan adrenalin Anda berjalan cepat dengan sepeda motor.

Untuk petualangan yang santai, jelajahi danau dengan kano.



TRANSPORTASI

Terletak hanya 35 km dari Bukkittinggi, cara termudah untuk sampai ke danau ini adalah dengan mobil pribadi atau sewaan. Ketika  jalan berliku justru Anda dapat menyaksikan pemandangan danau  biru dan lereng bukit sekitarnya yang indah. Dalam perjalanan siapkan diri untuk melihat monyet liar yang menunggu sisa-sisa makanan yang dibuang dari mobil yang lewat.

Bis reguler beroperasi setiap hari antara Maninjau dan Bukitinggi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.