Bukittinggi

BUKITTINGGI



TINJAUAN

Bukittinggi adalah nama sebuah kota yang terletak di bagian utara Provinsi Sumatera Barat. Dua kata yang terhimpun jadi satu, mempunyai makna identik dengan letaknya pada ketinggian perbukitan. Terletak di tengah Pulau Sumatra dengan fisik berbukit dan berlembah, serta berhawa sejuk dan nyaman.


Kota Bukittinggi akan memukau hati Anda, dengan ketinggian 904-941 meter di atas permukaan laut menjadikan udara bukit tinggi jadi terasa sangatlah sejuk. Suhunya mencapai sekitar 16-23 drajat celcius. kontur tanah di kota ini berbukit-bukit, ada sekitar ada 27 bukit yang terdapat dalam wilayah kota Bukittinggi, Apabila perjalanan menggunakan mobil maka tak akan terasa bosan.


Bukittinggi merupakan pusat kebudayaan Sumatra Barat, terletak di dataran tinggi sebelah utara Padang di bukit Agam. Berbeda dengan Padang yang merupakan pusat roda pemerintahan dan perdagangan modern maka Bukittinggi adalah kota yang tenang dihiasi oleh panorama alam yang sungguh tiada duanya. Lembahnya yang sangat terkenal adalah Ngarai Sianok dengan kedalaman 100 M dan kemiringan antara 800 – 900 adalah salah satu daya tarik kota Bukittinggi dijadikan sebagai kota wisata. Keagungan Gunung Merapi, Gunung Singgalan dan, Gunung Sago pun ikut menghiasi moleknya kota Jam Gadang ini.


Kota Bukittinggi memiliki nama lain yaitu Tri Arga yang artinya tiga pegunungan agung yang memberikan keberuntungan. Bukittinggi memiliki udara yang sejuk menyegarkan karena ketinggian daerahnya lebih dari 900 m di atas permukaan laut. Walau di Bukittinggi sering hujan, hal tersebut tidak mencegah para wisatawan untuk datang ke kota yang banyak disebut orang sebagai kota paling ramah di pulau Sumatra.


Banyak wisatawan yang datang untuk mengunjungi Ngarai Sianok yang mengagumkan, jurang batu besar diselimuti pepohonan yang tumbuh di atasnya dan pegunungan sekitar secara dramatis menjadikan ngarai ini pemandangan yang sangat memikat hati.


Tempat ini merupakan tempat yang cocok jika anda menginginkan petualangan yang lebih menantang. Bandingkan dengan tempat lain di Sumatra, Bukittinggi hanya menerima sedikit pengunjung yang menjadikan kota sebagai markas pendakian yang dekat atau melakukan tur kebudayaan ke dataran tinggi Minagkabau. Masyarakat Bukittinggi dihuni ribuan masyarakat multietnik. Mereka hidup bersahaja dan berdampingan dalam harmoni kerukunan hidup.


Simak dan nikmati sajian film dokumenter pariwisata Bukittinggi berikut ini.





KULINER

Pastikan Anda melahap nikmatnya ragam kuliner khas Bukittinggi berikut ini.

Nasi kapau menjadi pilihan menarik menikmati makan siang di Bukittingi. Datangi Nasi Kapau Uni Lies di Los Lambuang Pasa Ateh. Sajiannya beragam lauk khas seperti gulai tunjang, pangek ikan mas dan gulai tambunsu dimana semuanya terasa nikmat ketika disantap bersama Nasi Kapau. Selain itu, masakan khas Minang seperti rendang, ayam goreng bumbu, belut goreng dan dendeng batokok. Kesemua itu dipadu padankan dengan gulai Nangka Muda yang dicampur Kol, Kacang Panjang, dan Rebung. Yang kesemua itu merupakan khas Nasi Kapau.

Ada juga gulai itiak lado mudo berupa daging itik yang disirami kuah cabe hijau. Rasa pedas dari cabe hijau hanya sebatas memanaskan bibir saja. Sebagai peredanya, menu itik ini disajikan dengan potongan mentimun dan irisan bawang merah. Dengan memakan mentimun dan bawang, rasa pedas akan terasa berkurang. Pengolahan daging itik ini juga menjadi perhatian karena selain itik harus berumur 6 bulan agar daging terasa sangat empuk, juga memakan waktu sampai dengan 48 jam membuat bumbu yang telah bercampur dengan cabai hijau, meresap kedalam daging itik. Temukan tempat menikmati kuliner ini di rumah makan Lansano Jaya dengan bonus pemandangan Ngarai Sianok yang indah.

Pical sikai adalah sejenis pecal di Jawa, uniknya ditambahi jantung pisang dan rebung di antara sayuran rebus lainnya dilumuri taburan bumbu kacang. Anda dapat datang ke Jalan Panorama 19C, dekat pintu masuk Taman Panorama dan Lobang Jepang.

Satu lagi kuliner yang wajib di coba saat menyambangi Bukittinggi adalah Sate Mak Syukur di tepi Jalan Raya Bukittinggi menuju Kota Padang, tepatnya di Jalan Sutan Syahrir No. 250 Silaing Bawah, Kota Padang Panjang. Daging sapi sate ini adalah pilhan khusus dari Kota Padang Panjang. Sate Mak Syukur juga mengolah jantung, usus dan lidah sapi sebagai pendamping katupek yang disiram dengan kuah kacang hangat. Hal spesial dari Sate Mak Syukur adalah daging yang diambil merupakan bagian punuk serta rusuk sapi sehingga daging yang didapat tidak terlampau keras namun mengandung lemak. Lemak inilah yang membuat rasa sate begitu nikmat tetapi lemak sendiri tidak diikut sertakan pada saat sate dibakar dan disajikan.



BERBELANJA

Sumatra Barat terkenal dengan kerajinan tangannya, mulai dari kain tenun Minang yang indah sampai ukiran kayu yang rumit. Jika Anda ingin membeli perhiasan perak, kunjungilah Kota Gadang, desa kecil pandai perak beberapa kilometer dari Bukittinggi. Di sini Anda akan menemukan berbagai macam barang-barang perak yang murah, mulai dari barang perhiasan dari benang mas yang sangat halus sampai jepitan dengan motif bunga. Jika tidak ingin berjalan kaki, Anda dapat menaiki opelet dari terminal bus Aur Kunung. Beberapa tur agensi di Bukittinggipun ada yang menyediakan perjalanan ke Kota Gadang.

Atau jika Anda ingin membeli kain songket dan ukiran kayu, kunjungilah Pandai Sikat.

Bagi Anda yang suka berbelanja atau hanya ingin menikmati keramaian suasana pasa, Pasar Atas ada di sebelah Selatan jam gadang yang dipenuhi jajaran warung dan took yang menjual barang-barang dan oleh-oleh setiap harinya. Pasar yang ramai ini dipadati oleh warung-warung yang menjual bermacam-macam barang.

Jika Anda masih ingin mencari oleh-oleh setelah berbelanja di Pasar Atas, kunjungilah toko-toko suvenir di sepanjang jalan Ahmad Yani.Toko-toko di Bukittinggi dipadati oleh took yang menjual pakaian sulaman khas Minangkabau yang indah yang kaya akan warna merah dan emas. Selempang, ikat kepala dan sarung bantal adalah barang-barang yang cocok dijadikan oleh-oleh.



AKOMODASI

Ada banyak penginapan dan hotel di Bukittinggi tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda mencari hotel berbintang dengan fasilitas yang lengkap, Hotel Novotel Coralia Bukittinggi menawarkan pemandangan dari Bukit Anai yang indah. Jika Anda memiliki budget terbatas ada Hotel Lima, Hotel Asia dan Hotel Denai yang diklasifikasikan sebagai ‘superior hotel’ dengan harganya lebih terjangkau.



Bagindo

Jl Jend Sudirman No. 41

Telp. 0752. 23100



Bentengl

Jl. Banteng No. 1

Telp. 0752.22956



Dymen International

Jl. Nawawi No. 1

Telp. 0752.21015



Kharisma

Jl. Jend Sudirman No. 57

Telp. 0752.626900



Limas

Jl. Kesehatan No. 4

Telp. 0752.22641



Royal Denai

Jl. Yos Sudarso No. 7A

Telp. 0752.22953



Grand Malindo

Jl. Panorama No. 30

Telp. 0752.625823



Parai Holiday

Jl Raya Bukittinggi – Medan KM 7

Telp. 0752.6237288

 

Royal Denai

Jl. Dr A Rivai No. 26

Telp. 0752.32920



Campago

Jl. Cempaka No. 1

Telp. 0752.642420



Pusako

Jl. Soekarno Hatta No. 7

Telp. 0752. 32111



The Hill

Jl Laras Datuk Bandaro No. 18

Telp. 0752. 35000



Agung

Jl. Batang Agam No. 6

Telp. 0752-22229



Ambunsuri

Jl. Panorama No. 2

Telp. 0572.34251



Antokan

Jl. Perintis Kemerdekaan No. 8

Telp. 0572.22506



Asean

Jl. Teuku Umar No. 13

Telp. 0572.21492



Asia

Jl. Kesehatan No. 38

Telp. 0572.625277



Asri

Jl. M Syafei No. 14

Telp. 0572.7026688



Batang Sianok

Jl. Soekarno Hatta No. 73

Telp. 0572.21106



Jogja

Jl. Perintis Kemerdekaan No. 17 A

Telp. 0572.21142



Villa 2000

Jl Batang Masang No. 97

Telp. 0752.22076



Wisma Puri Kartika

Jl Panorama no. 16

Telp. 0572.23322



Yuriko

Jl. Sudirman No. 7

Telp. 0752.22412


KEGIATAN

Terletak di barat daya Bukittinggi, Ngarai Sianok yang mengagumkan merupakan keajaiban geografis yang unik. Jika ingin merasakan suasana yang mencekam, kunjungi Ngarai Sianok pada dini hari. Saat kegelapan di waktu subuh merayap melewati puncak Gunung Singgalang, selimut kabut membawa kita melihat Ngarai Sianok dengan kedalaman100 meter. Sungai yang berkelok-kelok melalui sawah lenyap bagai kabut. Ngarai Sianok merupakan bagian dari retakan bukit teknonik. Ngarai Sianok memiliki dinding yang curam dan dasar jurang yang datar. Para photographer akan sibuk mengambil gambar dari pemandangan ngarai yang spektakuler ini. Pemandangan ngarai terbaik yang bisa kita lihat adalah melalui Taman Panorama yang merupakan tempat yang terkenal bagi penduduk setempat untuk berjalan-jalan di sore hari.

Landmark yang paling tersohor di kota Bukittinggi adalah Jam Gadang. Dari sana kita dapat melihat pemandangan pasar yang ramai dan merupakan tempat terbaik untuk berbelanja oleh-oleh khas Sumatra Barat.

Dapatkan pengetahuan tentang kebudayaan Minang dengan menghadiri pertunjukan tari di museum terbuka yang diselenggarakan setiap hari Minggu dan hari libur nasional serta pertunjukan tari pada malam hari di Sliguri. Selain itu, Anda juga dapat menonton pertunjukan bullfight di Padang lawas (6 km Selatan Bukittinggi) setiap hari Selasa pukul 5 sore.

Napak tilas ke kota bekas penjajahan Belanda dengan melihat keruntuhan Fort de Kock, benteng Belanda yang dibangun tahun 1825. Karena banyak benteng yang sudah rusak, ada menara yang merupakan tempat yang sempurna jika ingin melihat matahari terbenam dan melihat pemandangan Gunung Merapi yang sesekali mengeluarkan asap.  

Bagi Anda yang enerjik, tidak ada salahnya untuk mendaki Kota Gadang, desa kecil pandai perak beberapa kilometer dari Bukittinggi. Di sini Anda akan menemukan berbagai macam barang-barang perak yang murah, mulai dari barang perhiasan dari benang mas yang sangat halus sampai jepitan dengan motif bunga. Jika tidak ingin berjalan kaki, Anda dapat menaiki opelet dari terminal bus Aur Kunung. Beberapa tur agensi di Bukittinggipun ada yang menyediakan perjalanan ke Kota Gadang.

Jika Anda memiliki banyak waktu, sebaiknya Anda mengunjungi Museum Rumah Gadang, rumah keluarga besar Minangkabau tradisional yang dibangun pada abad ke-19. Dari Bukittinggi, Anda juga dapat mengunjungi cagar alam Harau, Kerajaan Pagaruyung Minangkabau, Danau Maninjau, Danau Singkarak dan Ngarai Sianok.


BERKELILING

Pusat kota di Bukittinggi relative kecil jadi otomatis semua kegiatan di Bukittinggi dilakukan dengan berjalan kaki. Maka, gunakanlah sepatu yang nyaman dan ambil kesempatan untuk berjalan-jalan dan bertemu pribumi.

Taksi dan bis juga tersedia. Terminal bis berada di selatan kota.

Mobil sewaan dengan sopir adalah pilihan terbaik jika anda menginginkan privasi. Namun jika Anda menginginkan sebuah pengalaman yang unik berjalan-jalan di Bukittinggi Anda dapat menaiki delman sebagai alat transportasi yang murah meriah.


TRANSPORTASI

Penerbangan dari Jakarta ke Bandara Internasional Minangkabau di Ketaping memakan waktu 2 jam. Dari sana Anda dapat menaiki taksi atau bis menuju Bukittinggi.

Anda dapat mengendarai mobil yang berjarak 90 km yaitu sekitar 2 jam perjalanan dari Padang melalui Bukit Anai yang permai ke dataran tinggi Agam. Ada bus lokal yang dapat mengangkut Anda dari Padang ke Bukittinggi atau jika ingin yang lebih murah ada minibus umum yang berangkat dari Minang Plaza.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.