FESTIVAL LIMA GUNUNG XIII

Agustus 23, 2014
FESTIVAL LIMA GUNUNG XIII



Festival Lima Gunung XIII akan kembali diselenggarakan pada 23-24 Agustus 2014. Anda dapat menyaksikan acara meriah dan menarik ini dengan mendatangi Dusun Warangan, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Acara ini telah diselenggarakan sejak 2002 dan semakin meriah setiap tahunnya. Ini adalah ajang dimana para petani menampilkan kesenian daerah dengan aura kesederhanaan mereka di panggung terbuka dan pelataran rumah.

Festival Lima Gunung XIII melibatkan tokoh-tokoh komunitas kesenian, dan tentunya petani sebagai pelaksana utama yang tergabung dalam Komunitas Lima Gunung yang memang merupakan komunitas para petani gunung yang berkesenian.Para petani dari masing-masing daerah akan membawakan berbagai pertunjukan seperti tari, teater, wayang, kuda lumping, tari kembang gunung, warok hiphop, sekar kipas, soreng, jaran kepang, juga geculan bocah.

Komunitas Lima Gunung merupakan paguyuban para seniman di lereng dan pucuk-pucuk gunung yang mengelilingi wilayah Magelang. Komunitas ini dipelopori oleh seniman Desa Mendut yang dikenal dengan nama Tanto Mendut. Untuk menggali lebih dalam mengenai festival dan komunitas ini, Anda bisa berkunjung langsung ke Studio Mendut, beralamat di Jalan Mendut No.1, Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Magelang merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang dikelilingi oleh lima gunung sekaligus, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Menoreh, dan Gunung Sumbing sehingga wilayah ini diberi julukan Lereng Lima Gunung. Tanah yang subur, air melimpah, hawa udara yang sejuk, serta limpahan abu Merapi menjadikan wilayah ini sentra pertanian utama di Jawa Tengah sehingga tidaklah mengherankan jika sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

Selain beberapa candi peninggalan Hindu-Buddha di Magelang, ada juga beberapa tujuan wisata di kawasan ini yang dapat Anda kunjungi, diantaranya adalah: Bukit Tidar, Pecinan dan Taman Badaan. Selain itu, Magelang juga memiliki beberapa koleksi tumbuhan langka yang sering dimanfaatkan untuk penelitian

Dalam festival ini akan dipentaskan kreasi seni karya para seniman lima gunung. Beberapa yang akan ditampilkan adalah: kethoprak, wayang orang dan wayang kulit, jathilan, soreng, topeng ireng, dan pementasan berbagai tarian khas lima gunung.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.