FESTIVAL KESENIAN INDONESIA: VOICE OF THE ARCHIPELAGO

Oktober 14, 2011
Festival Kesenian Indonesia (FKI) kembali hadir pada 14-16 Oktober 2011 bertempat di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Jl. Ki Hadjar Dewantara 19, Surakarta. Event kreatif ini diikuti 7 perguruan tinggi seni di Indonesia meliputi: ISI Denpasar, ISI Yogyakarta, ISI Padang Panjang, STSI Bandung, Intitut Kesenian Jakarta, Sekolah Tinggi Seni Wilwatikta (STKW) Surabaya, serta ISI Surakarta sebagai tuan rumahnya.



Tahun ini Festival Kesenian Indonesia bertema “Voice of The Archipelago”. Akan hadir beberapa kegiatan menarik seperti pertunjukan serta workshop musik dan tari, pentas kolaborasi dan workshop yang melibatkan seniman internasional, pameran dan workshop seni rupa, seminar internasional, dan pasar seni. Sebelum acara ini berlangsung akan ada serangkaian pre-event berupa workshop dan seminar tentang tari, teater, dan keris. Diperkirakan peserta yang hadir akan datang dari dalam maupun luar negeri.



Dibanding festival sebelumnya, kegiatan kali ini tergolong istimewa karena menampilkan seniman dari luar negeri. Di antara mereka yang akan hadir adalah pembicara dalam seminar dan workshop seni, yaitu ahli vokal asal Amerika Serikat Edward Herbst dan Richard Vella dari Selandia Baru, seniman tari Yalan Yin dari Taiwan dan Stephan Koplowitz dari Amerika Serikat, seniman teater, Robert Draffin dari Amerika Serikat, serta seniman film Philip Ceah dari  Singapura.



Pada 14 Oktober 2011, acara akan menghadirkan seminar internasional tentang film, seminar mahasiswa, pemutaran feature audio visual, presentasi hasil workshop teater, pasar musik etnik, hingga pentas hasil workshop.



Pada 15 Oktober 2011, ada pertunjukan tari dari para delegasi festival, pentas musik etnik dibawakan oleh ISI Solo, ISI Yogyakarta, USU Medan dan Universitas Pelita Harapan. Selain itu hadir pertunjukan masyarakat adat dSakeco (Sumbawa).



Pada 16 Oktober 2011, ada pemutaran film karya mahasiswa, pemutaran film hasil workshop kepenarian, pertunjukan masyarakat adat Beliat (Kalimantan), dan pertunjukan delegasi yang akan dibawakan dari ISI Padang Panjang, STKW Surabaya dan ISI Solo.



Festival Kesenian Indonesia diharapkan dapat menjalin kerja sama antarperguruan tinggi seni dengan para pecinta seni, baik individu, institusional maupun komunal, dalam rangka menumbuhkembangkan tradisi kehidupan kreativitas seni. Acara ini pula bertujuan menumbuhkan apresiasi masyarakat terhadap karya seni serta kesadaran baru pentingnya pendidikan seni dalam upaya menumbuhkan rasa dan “competitive pride”.



Dalam festival ini Anda akan disuguhkan karya-karya pilihan garapan seniman intelektual yang mempunyai alur pengalaman panjang dalam melestarikan budayanya masing-masing tetapi mereka selalu berpikir Indonesia bukannya Minang, Sunda, Jawa, Bali dan sebagainya. Oleh sebab itu, karya-karya yang tampil mempunyai keindonesiaan yang mantap tanpa meninggalkan nuansa budaya daerah masing-masing.



Sekretariat:

Festival Kesenian Indonesia

Jl. Ki Hadjar Dewantara 19, Surakarta 57126
Jawa Tengah, Indonesia
Telepon 0271-647658, Fax 0271-646175
E-mail: info@festival-kesenian-indonesia.net
Website: http://festival-kesenian-indonesia.net/



Informasi terkait dapat juga Anda lihat di halaman berikut.

http://www.antarajateng.com, http://tabuh.isi-ska.ac.id

Link Terkait

Solo Surakarta
Keraton Kasunanan Solo

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.