WEST JAVA WORLD MUSIC FESTIVAL BANDUNG 2011: PERBEDAAN DAN KERAGAMAN MUSIK ADALAH SUATU KEINDAHAN

Juli 16, 2011

Akhir pekan ini datanglah ke Bandung, lalu arahkan kunjungan Anda ke Monumen Perjuangan Rakyat Jabar (Monju/Monpera) di Jalan Dipatiukur, lokasinya tidak jauh dari Gedung Sate Bandung. Selama 2 hari (Sabtu-Minggu) dari tanggal 16 hingga 17 Juli 2011 akan hadir untuk kedua kalinya acara West Java World Music Festival Bandung. Acaranya akan dimulai pukul 12.00 hingga 23.00 WIB. Tahun ini acara tersebut akan mengambil tema “Perbedaan dan Keragaman Musik adalah Suatu Keindahan”.

Festival ini akan menghadirkan kelompok musik etnik lokal dan mancanegara. Dari luar negeri akan unjuk kemampuan bermusik adalah pemain flute Patrick Shaw Iversen (Norwegia), saksofonis jazz Andrew Hiroshi Suzuki (Jerman), pemain perkusi Mohar dan Ramli (Malaysia), dan pemain jimbe Zakaria Kone (Burkina Faso, Afrika).

Musisi nasional yang akan memeriahkan festival ini adalah: Balawan dan Batuan Ethnic Fusion (Bali), Bandanaira (Jakarta), Maribeth & Band (Jakarta/Manila), serta Dwiki Darmawan & WPE (Jakarta).

Seniman Sunda yang tampil di antaranya Saung Angklung Udjo, Nawawi Ensamble, Samba Sunda Junior, Hendarso (Asep Darso), dan Bungsu Bandung.

West Java World Music Festival Bandung 2011 juga menampilkan ragam kesenian lokal khas daerah Jawa Barat, di antaranya gotong singa dan gendjring ronyok (Kabupaten Subang), seni kuda tanji (Kota Bandung), dan badogar (Kabupaten Garut).

Festival ini tidak hanya sebuah hiburan semata tetapi upaya menciptakan hubungan harmoni dan interaktif antara publik, karya seni, dan budaya lokal di antara keragamanbudaya Indonesia dan dunia.  West Java World Music Festival Bandung 2011 mempresentasikan semangat kearifan, kreativitas musikal dan kultural dari keragaman budaya Nusantara. Keragaman tersebut bertemu dengan pluralitas budaya dunia sehingga memunculkan peristiwa dan konsepsi kearifan global  (global wisdom).

Ajang musik internasional West Java World Music Festival (WJWMF) 2011 digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar dimana sebelumnya acara ini  bernama Monju/Monpera West Java World Music Festival.

Acara West Java World Music Festival Bandung 2011 akan didukung dua panggung berukuran 10x12 meter dengan tata lampu 120 ribu watt, tata suara 60 ribu watt, juga 500 ribu KPA sistem kelistrikan.

Dalam Festival ini Anda akan disuguhi acara music performance, workshop, seminar, pameran foto, pameran kuliner tradisional, dan lain-lain. Festival ini jadi ruang pertemuan budaya di antara keberagaman dan perbedaan seni musik serta budaya lokal sehingga memberi pengetahuan dan pengalaman estetika.

Jadi, tunggu apa lagi, datanglah ke Bandung dan dapatkan pengalaman budaya yang unik dari acara ini.



Temukan sumber informasi sejenis di alamat berikut.

bandung.detik.com, id.berita.yahoo.com, www.bandungnewsphoto.com, musicbandung.com



Informasi lebih lanjut:

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat
Jalan LLRE. Martadinata No.209, Bandung
Telp: (022) 7273209
Website: www.disparbud.jabarprov.go.id

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.