LOMBOK SUMBAWA PEARL FESTIVAL 2011

Juli 06, 2011
Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) didukung Asosiasi Budidaya Mutiara Indonesia akan menggelar kembali Lombok Sumbawa Pearl Festival 2011. Kegiatan tahunan ini menghadirkan beragam mutiara dari pelosok Nusantara. Acaranya akan berlangsung di kawasan Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat  (NTB) pada 6-10 Juli  2011.

Lombok Sumbawa Pearl Festival 2011 menghadirkan para buyers  dari 36 negara dengan transaksi bernilai 90.000 dollar Amerika. Para buyers tersebut akan mengikuti lelang mutiara hasil pembudidayaan para petani mutiara dari berbagai daerah di tanah air seperti NTB, Maluku, Ternate, dan Papua. Para buyers juga mendapat kesempatan mengikuti post tour ke sejumlah obyek wisata menarik di antaranya melihat pembudidayaan mutiara di sekitar pantai Lombok dan Sumbawa.

Lombok selain memiliki keindahannya alam juga merupakan penghasil mutiara berkualitas dan terbaik di dunia, juga telah menjadi ikon daya tarik destinasi pariwisatanya. Mutiara tersebut bahkan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat karena merupakan sentra perdagangan mutiara terbesar di Indonesia. NTB memiliki beberapa jenis mutiara berkualitas yang tidak dimiliki daerah atau negara lain seperti mutiara alami jenis emas, perak dan perunggu. Kegiatan ini diharapkan membuka akses pasar dan peluang investasi yang lebih luas. Selain itu juga menggerakan perekonomian rakyat terutama di sektor pariwisata dan perdagangan.

Menbudpar Ir. Jero Wacik, SE bersama Gubernur Provinsi NTB M. Zainul Majdi akan mengikuti opening ceremony dan menghadiri welcome dinner bersama para buyers mancanegara dan domestik. Selama festival berlangsung  akan digelar juga serangkaian acara, diantaranya lelang mutiara yang diikuti para buyers, pameran mutiara, pemilihan putrid mutiara, talk show, pentas seni budaya, serta lomba menggambar dan mewarnai.

Penyelenggaraan Lombok Sumbawa Pearl Festival 2011 bertujuan untuk mempopulerkan Lombok sebagai daerah penghasil mutiara bertaraf internasional. Selain itu menumbuhkan rasa cinta serta kebanggaan masyarakat terhadap mutiara Indonesia.

Produk mutiara hasil budidaya para petani mutiara dari Indonesia khususnya Lombok telah diekspor ke berbagai negara produsen perhiasan mutiara dunia seperti New York (Amerika Serikat), Tokyo (Jepang), Geneva dan Zurich (Swiss), serta Milan (Italia).  Kualitas perhiasan mutiara dari Lombok menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang. Mutiara Laut Selatan tidak semua bisa tumbuh di tempat lain, hanya bisa di Lombok, Laut Sumbawa dan Papua. Penyelenggaraan festival pearl ini merupakan upaya mendorong kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, khususnya ke NTB.

Anda dapat melihat informasi terkait di alamat berikut.

http://www.ntbprov.go.id


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat
Jl. Langko No. 70 Ampenan
Telp. (0370) 640471, 637828
Fax. (0370) 637174
Mataram – NTB 83114
Email    : budpar_ntb@yahoo.com
www.visitlomboksumbawa.net

Atau

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia
Gedung Sapta Pesona
Jl. Medan Merdeka Barat No. 17
Jakarta 10110
Tel. +62 21 383 8167
Fax. +62 21 384 9715

www.budpar.go.id

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.