NGAYOGJAZZ YOGYAKARTA 2011

Januari 15, 2011
Mangan ora mangan…ngejazz!!

Orang Jawa mempunyai ungkapan, “Mangan ora mangan waton kumpul”. Makan atau tidak, tetap saja bisa berkumpul (rukun) untuk mengekspresikan semangat berkumpul dan bekerja sama. “Mangan Ora Mangan….Ngejazz”, inilah ungkapan untuk perhelatan Ngayogjazz 2011 yang memaknai bahwa solidaritas bisa terwujud tanpa ikatan atau persoalan material (mangan). Bahkan semangat ini semakin terbukti ketika masa sulit sedang datang.

Musik jazz yang dimainkan dengan asyik, spontan, interaktif, dan ekspresif. Hampir tanpa batas. Oleh siapapun, alat musik apapun, dimanapun, kapanpun, bahkan dalam suasana apapun, itu karena Jazz lahir dari sebuah keadaan sosial yang direspon dengan permainan-permainan musik. Jazz lahir untuk melepaskan kepenatan keadaan di Amerika Serikat oleh orang-orang keturunan Afrika.

Kini cara bermain musik yang khas ini telah menyebar ke seluruh dunia dan melibatkan lebih banyak orang, lebih beragam alat musik dan lebih bermacam unsur kebudayaan, sebanyak ragam kesenian dan bunyi di bumi ini. Inilah Jazz!

Perhelatan musik ini akan diadakan 15 januari 2011 di Pelataran Djoko Pekik,  Desa Sembungan, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai pukul 14.00-24.00 WIB.

Sederetan musisi akan mengalunkan suara indah dan kepiawaian mereka bermusik jazz seperti: Syaharani & Queen Fireworks, Glenn Fredly, Iga Mawarni, Simak Dialog (Tohpati, Riza Arshad, dan kawan-kawan), Chaseiro (Chandra Darusman, Helmie Indrakusuma, Aswin Sastrowardoyo, Edie Hudiro, Irwan Indrakesuma, Omen Sonisontani), Gugun Blues Shelter, Tohpati Bertiga (Tohpati, Indro Hardjodikoro, Bowie), Sujud Kendhang & Kesenian Tradisional, Komunitas Jazz Jogja, Komunitas Jazz Bali dan Komunitas Jazz Ngisor Ringin Semarang.

Event ini digagas dan disuguhkan oleh sang penggemas (tidak salah ketik) berbagai alat musik, Djaduk Ferianto bersama Kua Etnika, wartajazz.com, Paningron, NoVindra/beyond the stage, Hattakawa–lingkage, Komunitas Jazz Jogja, dan kini digabungi juga oleh Dagadu Djokja.

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi

http://www.ngayogjazz.com/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.