PULAU KEMOJAN

PULAU KEMOJAN


Daya tarik dan keindahan Kepulauan Karimunjawa yang memiliki sekira 27 pulau memang tak akan tuntas ditelusuri hanya dalam waktu singkat. Untuk itu, pastikan dan pilihlah tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi itu sesuai dengan minat dan kebutuhan wisata saat menghabiskan liburan. Bagi Anda yang gemar diving dan ingin menyaksikan bangkai pesawat yang menyimpan keunikan dan misterinyamaka Pulau Kemojan dapatlah dimasukkan dalam daftar tujuan. Pulau ini adalah salah satu pulau besar di Kepulauan Karimunjawa yang berjarak sekira 83 kilometer di barat laut Kota Jepara.

Wreck dive atau lokasi bangkai pesawat menyuguhkan petualangan menyelam yang menantang. Kesan sunyi dan misterius seolah menyambut Anda saat tiba di lokasi bangkai kapal pengangkut batubara yang tenggelam lebih dari setengah abad yang lalu itu. Meski pilar-pilar besinya telah berkarat dan bangkai kapal ini telah menjadi rumah bagi terumbu karang dan ikan, masih dapat dilihat bahwa kapal tersebut patah menjadi dua. Kabarnya kapal sebesar ferry ini karam lantaran nahkoda kapal menyangka bahwa Kepulauan Karimun Jawa adalah pesisir pantai Semarang, Jawa Tengah. Kondisi pantai-pantai di Karimun Jawa yang dangkal membuat kapal nahas ini menghuni dasar laut Pulau Kemojan hingga hari ini. 

Pulau Kemojan merupakan pulau yang masih relatif sepi dibandingkan Pulau Karimunjawa. Tidak banyak ditemui penginapan atau resort di sana kecuali guest house sederhana milik penduduk. Untuk menuju Pulau Kemojan yang bersebelahan dengan Pulau Karimunjawa, terdapat jalur darat berupa jalan beraspal dan jembatan penghubung kedua pulau. Jalur ini melintasi hutan bakau dan juga sungai kecil yang diatasnya berdiri jembatan sebagai penghubung; jarak jalur ini sekira  30 kilometer. Tidak ada kendaraan umum di sana. Untuk sampai di Pulau Kemojan, Anda dapat menyewa sepeda motor dengan harga sewa mulai dari Rp50.000,- hingga Rp70.000,- per hari.

AKOMODASI

Mengingat Pulau Kemojan adalah pulau yang relatif sepi dan minim akomodasi, sebaiknya Anda memilih penginapan di pulau lain, seperti Pulau Karimunjawa, Pulau Menjangan Besar, Pulau Tengah, dan Pulau Menyawakan. Tersedia beragam jenis penginapan memadai berupa homestay, wisma, pondok apung, dan tentunya hotel dengan tarif beragam, mulai dari Rp100.000,00 hingga Rp500.000,00.Berikut beberapa daftar penginapan yang ada di Kepulauan Karimunjawa.Jaya Karimun (Wisma Apung)   Telp. +62-297 312185,  81325110999Hotel Karimunjawa Inn     Telp. +62-297 312253Hotel MelatiTelp. +62-297 312253Wisma Wisata   Telp. +62-297 312118Nirwana ResortTelp. +62-297 312151Kura-kura Resort       Telp. +62-291 595931, 595932Blue Laguna Inn        Telp. +62-297 312251Menjangan Besar      Telp. +62 81325293625Duta Karimun Hotel Tour & TravelFax. 0297312288HP. 08122827007; 081914617007;  085866317007; 085641867007

Tips
Bawalah makanan ringan dan minuman sebagai bekal tambahan di perjalanan. Agen perjalanan memang menyediakan makan dalam paketnyatetapi tidak semua disediakan. 

Bawa pula sunblock, anti nyamuk, senter, dan pakaian ganti ekstra karena Anda akan banyak berenang atau snorkeling. 

Pastikan Anda datang tepat waktu atau sebelum jadwal keberangkatan ferry. Karena apabila terlambat, Anda kemungkinan akan mengacaukan jadwal perjalanan sebab ferry di Jepara hanya berangkat pada jadwal tertentu. Memang Anda dapat saja menumpang perahu tongkang tapi perahu tongkang bukan pilihan bijak untuk terombang-ambing di laut selama lebih dari 6 jam perjalanan.

Perjalanan menyeberang dari Jepara menuju Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemojan memakan waktu sekira 6 jam dengan ferry. Sebaiknya Anda mempersiapkan kebutuhan dalam perjalanan laut yang tidak singkat tersebut, misal dengan membawa buku bacaan, makanan ringan, permainan, dan lainnya selama perjalanan. Pilihan lain Anda dapat memanfaatkan waktu untuk tidur.

Apabila Anda baru pertama kali ke Karimunjawa maka disarankan menggunakan agen perjalanan mengingat daerah tersebut belum Anda kenal dan agen pun menawarkan berbagai macam fasilitas dengan harga yang terjangkau. Berikut ini referensinya untuk Anda.

Karimunjawa Trans (Karimunjawa)
Telepon: +62-291 312107

Senja Furindo (Desa Troso, Pecengaan, Jepara)
Telepon: +62-2917540271

Trio Tour (Jalan Pemuda No.134, Jepara)
Telepon: +62-291591731

Puspa Tour (Jalan Raya Pecangaan, Jepara)
Telepon: +62-291755653

Bejeu (Kelurahan Pengkol, Jepara)
Telepon: +62-291591122

Pusat Informasi Pariwisata
Dinas Pariwisata Kabupaten Jepara
Jalan A.R. Hakim No.51, Jepara
Telp. +62-291591219

Balai Pelayanan Informasi dan Pengelolaan Sarana Pariwisata
Dinas Pariwisata Propinsi Jawa Tengah
Jl. Pemuda No. 136 Semarang  50138
Jawa Tengah
Telp. : (+62-291) 354 6001
Fax.  (+62-291) 3557119
Website: http://www.central-java-tourism.com
Email: tourism@central-java-tourism.com

BERKELILING
Bagi Anda yang baru pertama kali menyambangi Kepulauan Karimunjawa, ada baiknya menyewa jasa agen perjalanan yang akan mengatur dan mengurus segala keperluan wisata. Dalam paket-paket yang mereka tawarkan, selain Pulau Kemojan,Andaberkesempatan merekam dan menikmati keindahan beberapa pulau cantik lain yang tersebar di gugus Kepulauan Karimunjawa. 

Tiap-tiap pulau memiliki daya tariknya masing-masing, karenanya banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan selama berlibur di Karimunjawa. Berenang, snorkeling, diving, mancing, bakar ikan, melihat penangkaran ikan hiu atau berenang bersama hiu, fotografi, dan masih banyak lagi hal menarik yang dapat Anda lakukan. Penyewaan alat-alat snorkeling dan diving dapat ditemukan di Karimunjawa atau bisa Anda tanyakan pada agen perjalanan karena biasanya sudah termasuk dalam biaya paket perjalanan. 

Berjarak sekira satu jam dari Pulau Karimunjawa, terdapat Pulau Cemara Besar. Dinamakan Pulau Cemara Besar karena tumbuh banyak pohon cemara di pulau seluas 3,5 hektar tapi tak berpenghuni. Menyelam dan snorkeling menjadi kegiatan utama dan paling digemari di pulau yang cantik dan eksotis tersebut. Terumbu karang di pulau ini sangat beragam dan dapat disaksikan di beberapa titik menyelam dan snorkeling yang tersebar hampir di seluruh sudut pulau. 

Sekira 1,5 jam perjalanan dengan kapal motor, terdapat pula pulau menarik lainnya yang layak dikunjungi, yaitu Pulau Tengah. Berada di tengah-tengah laut, inilah asal mula diberi nama Pulau Tengah.  Sebuah pulau tengah laut yang hanya seluas sekira  hektar ini tentulah sebuah pemandangan alam nan memukau. Anda dapat berjemur di pasirnya yang bersih sambil menatap birunya langit setelah berenang. Snorkeling dan diving juga tak boleh dilewatkan di pulau ini. 

Tidak jauh dari Pulau Tengah, terdapat sebuah gosong atau yang biasa dikenal dengan Gosong Tengah. Berenang dan memancing di sekitaran gosong yang berarus tenang adalah kegiatan menarik dan tentunya menyenangkan untuk dilakukan. 

Lokasi untuk snorkeling dan diving yang terkenal lainnya dapat ditemukan Pulau Menjangan Besar dan Menjangan Kecil. Di Menjangan Besar bahkan terdapat penangkaran hiu. Di sana Anda dapat melihat langsung hiu bahkan berenang dan berfoto bersama mereka. Akan tetapi, meski terlihat tidak berbahaya, Anda tetap harus berhati-hati saat bermain dengan mereka. 

Melihat kehidupan nelayan dan mengunjungi perkampungan penduduk di pulau-pulau yang berpenghuni juga menjadi kegiatan menarik lainnya yang akan menambah kesan liburan Anda. Mengabadikan keindahan alam yang memukau dan masih perawan serta merekam potret dinamika kehidupan masyarakat yang menghuni pulau-pulau di Kepulauan Karimunjawa akan menjadi kenang-kenangan yang mengundang Anda untuk kembali lagi mengunjungi pulau-pulau cantik di sana.

TRANSPORTASI
Mengingat Pulau Kemojan berada dalam satu kawasan dengan Pulau Karimunjawa maka alur transportasi yang dapat Anda tempuh sama saja dengan menempuh tujuan Karimunjawa.

Untuk informasi lengkap dapat diakses di sini. 

Bagi Anda yang ingin memilih jalur udara dan tentunya memiliki budget yang besar, terdapat Bandara Dewandaru di Pulau Kemojan yang terhubung langsung dengan Bandara Ahmad Yani di Semarang. Bandara Dewandaru adalah bandara kecil untuk pesawat-pesawat kecil kelas Twin Otter atau CASA.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.