Sungai Serayu

Sungai Serayu 


Arus sungai deras berlatarkan Gunung Slamet adalah pemandangan indah sekaligus menantang bagi Anda penyuka atraksi arung jeram di Sungai Serayu.Selain deras air, jalur yang berkelok-kelokdiselingi bebatuan adalah tantangan seru arung jeram yang berlokasi di sungai yang berlokasi di Desa Tunggoro, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Untuk mencapainya tidak lah sulit mengingat lokasinya yang berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kota Wonosobo dan Banjarnegara.

Sungai Serayu berhulu di Dataran Tinggi Dieng dan berada pada ketinggian 500 m dpl. Sungai sepanjang sekira 30 km ini melintasi lima kabupaten sebelum bermuara di Samudera Hindia. Kelima kabupaten yang dimaksud adalah:Wonosobo, Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas, dan Cilacap. 

Tahun 1997, Sungai Serayu pernah menjadi tempat lomba arung jeram tingkat nasional. Inilah awal mula sungai dengan medan yang unik dan menantang tersebut dikenal luas. Sungai Serayu adalah salah satu objek wisata minat khusus (arung jeram) andalan dan layak dipertimbangkan bagi Anda yang gemar olahraga menantang.

Dengan lebar sungai sekira 12-25 m, arung jeram di Sungai Serayu masuk dalam kategorigrade III–IV.Tantangan dan keseruan yang ditawarkan sungai inipun dilengkapi pemandangan alam yang mengagumkan di kiri-kanan sungai. Hal menjadi nilai tambah dan keunikan sungai ini adalah debit airnya tidak terpengaruh musim hujan. Jadi Sungai Serayu dapat menjadi wahana arung jeram sepanjang tahun. 

Terdapat jasa operator arung jeram di area Sungai Serayu yang melayani paket-paket kegiatan seru tersebut. Biaya per paket biasanya sudah termasuk sewa peralatan arung jeram komplit, seperti perahu karet, jaket pelampung, jasa guide, konsumsi, dan asuransi. Selain arung jeram, operator tersebut biasanya menyediakan pula paket wisata lainnya, seperti outbound training, paint ball game, dan arena kemping. Warung makan dan penginapan di rumah penduduk juga dapat ditemukan di sana sebagai akomodasi penunjang sebagai salah satu destinasi wisata alam minat khusus di Jawa Tengah. 

Selain menjadi lokasi arung jeram, Sungai Serayu juga memiliki daya tarik wisata lainnya. Beberapa kegiatan atau atraksi budaya dapat dinikmati pada waktu-waktu tertentu, misalnya Grebeg Suro dan Festival Serayu. Baca selengkapnya di “Kegiatan”.

Sungai Serayu merupakan urat nadi kehidupan masyarakat di kelima kabupaten yang dilaluinya, yaitu Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap. Kualitas air Sungai Serayu tergolong baik, sehat, dan bersih.  Hal ini berarti bahwa sungai yang luasnya sekira 360,639 ha itu cukup baik dan aman sebagai bahan baku air minum dan untuk mengairi lahan pertanian.


AKOMODASI

Di area wisata arung jeram Sungai Serayu, terdapat penginapan di rumah-rumah penduduk yang berada di sekitar sungai. Selain itu, terdapat pula jasa-jasa operator arung jeram yang akan memfasilitasi Anda menjelajahi dan merasakan tantangan dan keseruan di sepanjang jalur arung jeram Sungai Serayu. Terdapat juga beberapa warung yang menjajakan makanan, fasilitas ruang ganti, dan jalur transportasi untuk kemudahan akses ke tempat arung jeram. Untuk berarung jeram di Sungai Serayu, kisaran biaya yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp200.000 hingga Rp300.000,- bergantung pilihan paketnya. Harga pake tersebut biasanya sudah termasuk perahu karet, jaket pelampung, jasa guide, konsumsi, dan asuransi. Salah satu operator arung jeram di Serayu adalah Serayu Adventure Indonesia yang merupakan operator arung jeram Serayu yang pertama dan terbesar serta memiliki izin resmi di Kabupaten Banjarnegara.Serayu Adventure IndonesiaDesa Singamerta, Sigaluh, Banjarnegara,Jateng 53481Telp     : (0286) 595167 Cp       : 085227519999/085643612909Fax      : (0286) 5985202 Email    : marketing@serayuadventureindonesia.comWebsite: www.serayuadventureindonesia.com Apabila Anda ingin menginap di penginapan diBanjarnegara, berikut daftar penginapan yang dapat menjadi pilihan:Hotel AsriJl. Letjend Suprapto No. 60 BanjarnegaraTelp.: (0286) 5803300, 592482Central HotelJl. DI Panjaitan 24Telp.: (0286) 591113Garuda HotelJl. Dipayuda 30Telp.: (0286) 592019Hotel BanjarnegaraJl. Pemuda 72Telp.: (0286) 592420Hotel SokanandiJl. Tentara Pelajar Km 3Telp.: (0286) 592535

KEGIATAN

Derasnya arus Sungai Serayu beserta medan menantang menjadikan Sungai Serayu sebagai destinasi wisata alam, khususnya penggemar arung jeram. Serayu memiliki arung jeram dengan tingkatan kelas III-IV. Panorama alam sekitarnya juga indah dan sejuk menjadi bonus petualangan selma menjelajahi jalur jeram Sungai Serayu. Tak hanya itu, di Sungai Serayu kerap dilakukan kegiatan-kegiatan budaya sepertitradisi Grebeg Suro adalah salah satunya. Tradisi ini diselenggarakan di tepi Sungai Serayu. Saat tradisi Grebeg Suro digelar biasanya terdapat beragam hasil pertanian yang nantinya akan diperebutkan oleh pengunjung.Selain itu,tepian Sungai Serayu juga merupakan tempat dilaksanakannya sebuah festival tahuan, yaitu Festival Serayu. Festival Serayu dimeriahkan berbagai perlombaan, yaitu: balap perahu dayung, layang-layang hias, pentas permainan, dan perlombaan-perlombaan lainnya. Digelar pula berbagai macam pentas seni pertunjukan, seperti wayang kulit semalam suntuk, kuda lumping, karaoke, dan lainnya untuk menambah kemeriahan acara. Festival Serayu diadakan sebagai bentuk promosi potensi wisata Sungai Serayu.Kedua tradisi, baik Grebeg Suro dan Festival Serayu dapat disaksikan di Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas.

Tips
Berhati-hatilah saat mengarungi Sungai Serayu. Pada awal penjelajahan, debit air mungkin tidak terlalu menantangtetapi setelah sekian kilometer kemungkinan rafting tak perlu dikayuh sebab terbawa arus yang deras. Perhatikan batuan yang berada di sepanjang rute arung jeram dan kompaklah sebagai satu kesatuan tim.

Kenakanlah helm, pelampung, dan lainnya dengan nyaman dan aman untuk menunjang keselamatan Anda. 

Debit air Sungai Serayu tidak terpengaruh musim, karenanya Anda dapat menikmati arung jeram di sana sepanjang tahun. 

Terdapat pilihan paket arung jeram dengan harga dan jarak yang berbeda-beda. Tanyakan pada pemandu dan operator arung jeram untuk informasi lebih lanjut.

Tradisi Grebeg Suro, tradisi khas masyarakat  Banyumas, biasanya dilaksanakan pada tanggal 1 Muharram atau Siji Sura.

TRANSPORTASI
Kawasan wisata arung jeram Sungai Serayu dapat ditempuh dengan terlebih dahulu menumpang bus yang menuju Stasiun Purwokerto. Dari sanaAndanaik taksi atau mencarter mobil untuk menuju lokasi arung jeram sebab tak banyak angkutan umum yang dapat diandalkan.

Apabila Anda naik mobil pribadi langsung dari Jakarta, perjalanan menuju Purwokerto dapat ditempuh sesuai jalur berikut: Jakarta – Cikampek – Plumbon – Kanci – Losari – Brebes – Tegal – Slawi – Bumi Ayu – Ajibarang – Purwokerto.

Bagi Anda yang sengaja datang untuk menyaksikan Festival Serayu maka dapat menumpang bus jurusan Purwokerto—Banyumas. Dari terminal Banyumas, Anda dapat menumpang angkutan kota menuju lokasi festival. Hal ini karena lokasi arung jeram dan lokasi perayaan (Grebeg Suro dan Festival Serayu) berbeda. Festival Serayu dan Grebeg Suro dapat disaksikan di Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas. Sementarawisata arung jeram dapat dinikmati salah satunya di Desa Tunggoro, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.