PULAU HARI

PULAU HARI


Dari kejauhan nampak garis pantai begitu mulus dipahat ombak kecil yang mengibas halus bibir pantai. Bingkai panoramanya berupa pantai, gundukan pulau berwarna hijau, dan air bak kristal, semuanya begitu memesona, sederhana, jujur, dan menegaskan sekali lagi bahwa alam pasrah pada manusia.

Bagi Anda pecinta wisata bahari mungkin sudah tidak asing lagi dengan Bali, Lombok, atau Raja Ampat. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa di Provinsi Sulawesi Tenggara ada sebuah pulau yang tidak kalah indahnya dengan ketiga tujuan wisata tersebut. Pulau ini memiliki lanskap bahari yang memukau dan alam nya pun masih alami.

Pulau Hari berada di Kecamatan Soropia bagian timur, Kota Kendari. Pulau indah ini merupakan salah satu dari gugusan beberapa pulau, yaitu: Pulau Bokori, Pulau hari, Pulau Saponda Darat, dan Pulau Saponda Laut. Pulau-pulau indah tersebut ini jaraknya berdekatan. Pulau Hari menjadi salah satu tempat wisata baharifavorit di Provinsi Sulawesi Tenggara, meskipun nyatanya pulau ini tidak berpenghuni.

Pulau Hari dalam tradisi lisan masyarakat setempat menyimpan sekelumit cerita mitos yang menarik. Dipulau ini dahulu dituturkan bersemayam bidadari berbaju merah yang cantik semenawan daya pikat luar biasa dari keindahan alamnya.

Pulau Hari merupakan tempat menyelam yang menantang bagi Anda penyuka diving atau snorkeling di kedalaman 7 hingga 8 meter. Air nya begitu jernih berkilau sehingga memungkinkan Anda untuk menyaksikan keindahan bawah laut yang memesona. Rumput laut dan terumbu karang di perairan inijuga mengagumkan karena tertata rapih seperti disusun seorang tukang kebun handal.

Taman laut di kawasan ini kaya biota laut dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar. Anda dapat bertemu dengan beberapa ikan berwarna cantik seperti clown fish, angel fish, fire shrimp, anemo shrimp, ascidians, mawar laut, dan nudibranch. Jika beruntung, mungkin dapat melihat electrik clamp, yaitu kerang laut yang mengeluarkan cahaya pada malam hari. Ada pula ikan yang sudah hampir punah seperi ikan sunudan sotong. Mungkin saja Anda menyaksikan atraksi langka penyu yang berenang di dalam laut. 

KULINER

Tidak tersedia warung makan ataupun restoran di sekitar Pulau Hari karena memang pulau ini tidak berpenghuni. Satu-satunya tempat untuk mencari kuliner adalah di Kota Kendari.

Salah satu makanan khas Kota Kendari yang patut Anda cicipi Adalah Sinonggi. Makanan ini terbuat dari sagu dan disajikan dengan kuah ikan dan tumis sayur. Harga satu porsi Sinonggi Rp17.000,-.

Anda juga bisa mencoba mencicipi uniknya rasa Sate Pokea. Sate ini juga merupakan salah satu makanan khas Kota Kendari dimana terbuat dari kerang air tawar yang dibuang cangkangnya dan di panggang layaknya sate. 

AKOMODASI

Pulau Hari bejarak sekitar satu jam dari Kota Kendari, jadi Anda bisa bermalam di kota ini. Berikut beberapa referensi akomodasi yang bisa Anda hubungi sebelumnya.

Plaza Inn Kendari  Jl. Antero Hamra No. 57-59, Komplex Pier 29 Kendari

Telp. +62 (401) 3131 888, 3131 555, 3129 600,

Fax. +62 (401) 3131 777

Website: www.plazainnkendari.com

Hotel Aden

Jl.A Yani 54, Kendari, Kendari

Telp. (0401) 390177

Hotel Anggrek

Jl.Letjen S Parman 82, Kendari Telp. (0401) 321852

Hotel Arieskha

Jl.Laute 78-B,Kendari Telp. (0401) 323522

Hotel Bukit Indah

 Jl Abd Silondae 1,Kendari Telp. (0401) 321053

Hotel Bunga Tanjung

Jl Bunga Tanjung 111,Kendari Telp: ( 0401) 321134

Hotel Dewa Bintang

Jl. SarananiKendari Telp: (0401) 331661

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.