MENARA SIGER

Juli 04, 2017
MENARA SIGER

Lampung tidak hanya identik dengan gajah atau Way Kambas. Sebagian orang juga mungkin mengkaitkannya Gunung Krakatau yang terkenal itu. Akan tetapi, ada bangunan cantik yang mewakili budaya Lampung yaitu Menara Siger. Bangunan ini berada di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

Bangunan indah berwarna kuning itu juga merupakan titik nol jalan lintas Sumatera dimana Lampung sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera dari timur. Bangunannya berdiri cantik di atas bukit dekat Pelabuhan Bakauheni yang sangat strategis sebagai tempat transit dan wisata.

Menara Siger bukan monumen masa lalu melainkan simbol bangunan masa depan representasi fenomena masyarakat Lampung. 

Menaranya yang berwarna kuning cerah dapat dilihat dari jauh ketika kapal akan berlabuh di Pelabuhan Bakauheni. Bahkan Anda dapat melihatnya baik pagi hari maupun gelap malam karena ada lampu sorot yang sekaligus dijadikan menara lampu oleh kapal-kapal yang akan merapat di Bakauheni.

Menara Siger ini terus dikenali para pecinta pelancong dari wisatawan domestik maupun mancanegara. Bentuk bangunannya sangat unik yaitu berbentuk mahkota pengantin wanita adat khas Lampung. Tempat ini juga rutin menampilkan berbagai jenis kegiatan dan pertunjukkan kesenian. Bahkan di malam Minggu menampikan seni budaya dari Jawa, Batak, Lampung, Sunda dan Banten.

Menara Siger bukan hanya menjadi ikon pariwisata Lampung tetapi menjadi simbol keagamaan, seni dan budaya, juga pendidikan.

Menara Siger diresmikan pada 1 Mei 2008 oleh Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. dirancang oleh arsitek terkenal Ir. Ansori Djausal tahun 2005 di atas bukit di Bakauheni. Bentuk bangunannya terinspirasi oleh ciri khas Lampung, yaitu mahkota siger.

Mahkota Siger biasanya dikenakan wanita Lampung pada upacara-upacara adat dan merupakan suatu simbol kehormatan. Bentuk menara ini sangat kompleks dan tidak mudah saat pendirikan awalnya.

Arsitektur bangunan Menara Siger juga memasukan bentuk asli tradisional Lampung lainnya yaitu paguk di bagian kiri kanan menara sebagai perlambang perahu. Di puncak menara terdapat payung tiga warna yaitu putih, kuning, dan merah sebagai simbol tatanan sosial masyarakat Lampung. Menara yang mengusung adat budaya Lampung sekaligus landmark kawasan Bakauheni. Dimensi Menara Siger memiliki tinggi 32 meter, panjang 50 meter, lebar 10 meter, serta lantai 5 tingkat.

KULINER

Yozaa Cafe berlokasi  di Jalan pangeran Antasari, Bukit Kencana, menyediakan suasananya itu romantis outdoor. Makanan andalannya adalah chicken cordon blue dan minumnya nut-nut.

Coba kunjungi juga Kafe Yayang di Jalan Cut Nyak Dien. Tersedia ayam goreng dan bakar,  beragam jenis ikan goreng dan bakar, rendang, pepes, belut, asam pade,  dan lainnya.

Pilihan lain adalah Dawiel Cafe di Tanjung Karang dengan sup kimlo yang lezat dan mie ayamnya.

AKOMODASI

Kalianda Resort berada sekitar 45 km dari Bandar Lampung ke Bakauheni. Anda dapat menemukannya di sebelah kanan jalan atau arah sebaliknya 40 km dari Bakauheni di sebelah kiri jalan.

Mini Hotel

Jalan Raya Bakauheni No. 52, Lampung.

Telp. +62-721-31-603

Hotel Amarta Agung Indah

Jalan Trans Sumatera, Tarahan

Telp. +62-721-31556  

Hotel Bintang Selatan

Jalan Indra Bangsawan, Kalianda

+62-727-322003      

Hotel Beringin

Jalan Kesuma Bangsa, Kalianda

Telp. +62-727-322008

Hotel Branti Indah

Jalan Trans Sumatera - Branti

Hotel Fajar

Jalan Trans Sumatera, Kalianda

Telp. +62-727-322397

Hotel Mutiara

Jalan Trans Sumatera, Tarahan

Telp. +62-721-32801

Hotel Pasir Putih

Jalan Trans Sumatera, Tarahan, Kecamaan Katibung

Hotel Sudi Mampir

Jalan Veteran, Kalianda

Telp. +62-727-3222243

Hotel Villa Mas

Jalan Trans Sumatera, Branti

Hotel Way Urang

Jalan Indra Bangsawan, Kalianda

Telp. +62-727-322206

Krakatoa Nirwana Resort berlokasi di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Telp 0727 32290. Sebuah tempat yang nyaman untuk bersantai dengan fasilitas sangat lengkap seperti villa, kolam renang, tropical cafe. Di sini Anda dapat berolahraga di pantai atau hanya sekedar bermain pasir.

Apabila Anda ingin menjelajah Krakatau maka dapat memanfaatkan penginapan di Desa Tejang, Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan. Untuk pemesanan lebih baik Anda menghubungi  pengelolanya yaitu Bapak Hayun 0813 6992 3312; 0828 7013 757. Villa Pulau Sebesi Indah tersebut  adalah milik Pemerintah Kapubaten Lampung Selatan dan disewakan dengan harga sekitar Rp300.000,- per malam belum termasuk makan.

KEGIATAN

Pengunjung dari wilayah lain di Sumatera sebelum melanjutkan perjalanan menuju Pulau Jawa biasanya menyempatkan diri untuk masuk ke Menara Siger dan beristirahat sejenak sebelum menyebrang di Pelabuhan Bakauheni. Ruang di dalam Menara Singer difungsikan sebagai pusat informasi budaya dan pariwisata Lampung.

Di zona wisata seluas 150 hektar ini tersedia juga ruangan tempat Anda untuk melihat Pelabuhan Bakauheni serta keindahan panorama laut dan alam sekitarnya.

Pastikan Anda berfoto dengan latar belakangnya gedungnya dan memahami falsafah tatanan masyarakat Lampung yang diantaranya terbuka hati  menerima tamu (nemui nyimah) dan suka berkenalan sekaligus pandai bergaul (nengah nyappur).

BERKELILING
Untuk berkeliling di Lampung manfaatkan kendaraan sewaan atau DAMRI dengan jurusan sebagai berikut.

- Teluk Betung – Tanjung Karang

- Rajabasa – Hanura

- Rajabasa – Metro

- Rajabasa -Tanjung Karang

- Korpri -Tanjung Karang

TRANSPORTASI
Beberapa maskapai penerbangan melayani penerbangan dari Soekarno-Hatta, Jakarta ke Raden Inten, Tanjung Karang, Lampung, yaitu Sriwijaya, Merpati, Batavia, dan Garuda. Lama perjalanan adalah 45 menit dengan tarif pada hari biasa berkisar Rp300,000,-.

Tersedia kapal cepat dan kapal fery dari Pelabuhan Merak, Banten ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Dari Merak, kapal cepat ke Bakauheni berlayar antara pukul 06.00 atau 06.30 hingga pukul 17.00 atau 17.30 dengan tarifnya Rp30.000,-. Lama berlayar selama 40-45 menit. Tarif Kapal Ferry adalah Rp11.500,- ada tambahan Rp8.000,- apabila Anda ingin pindah ke executive room. Lama perjalanan kapal ferry sekitar 2 – 3 Jam.

Terminal Kalideres atau Terminal Kampung Rambutan, Pelabuhan Merak (Bus Ekonomi) melayani rute masuk ke Lampung Selatan dengan tarif Rp15.000,- hingga Rp18.000,-. Lama perjalanan sekitar 1.5 jam

Bus DAMRI dari Stasiun Gambir juga melayani perjalanan ke Lampung dengan tarif bervariasi tergantung fasilitasnya. DAMRI Gambir – Bandar lampung. Berangkat jam 8.00 – 10.00 dan 20.00 – 22.00. Untuk kelas bisnis: Rp115.000,-  dan eksekutif Rp150.000,-.

Dari Bogor juga tersedia DAMRI jurusan Bogor-Bandar lampung. Berangkat pukul 19.00, dengan tarif Rp160.000,-. Pool-nya dapat Anda temukan dekat Botani Square.

Travel juga banyak tersedia, jadwal berangkat biasanya pukul 8 pagi dan 8 malam tergantung area jemputan. Kisaran harga Rp170.000,- plus biaya penjemputan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.