KERATON KASUNANAN SOLO

KERATON KASUNANAN SOLO


Jika berbicara mengenai Kota Solo, salah satu yang terlintas dibenak kita adalah kemegahan Keraton Kasunanan Solo. Keberadaan keraton ini tidak lepas dari budaya, nilai sejarah dan nilai magisnya. Pembangunan keraton dilakukan dari tahun 1743 hingga 1745. Konstruksi bangunan keraton menggunakan bahan kayu jati yang diperoleh dari Alas Kethu di dekat kota Wonogiri. Luas keraton ini sekitar 54 hektar, mulai dari Alun- Alun Utara hingga Alun-Alun Selatan dan dikitari oleh Pasar Klewer dan Masjid Agung Surakarta. 

Bangunan keraton terdiri dari Pagelaran, Siti Hinggil,Kori Brojowolo, Kori Kamandungan, Kori Sri Manganti, dan Panggung Sangga Buwana. Sedangkan bagian keraton yang tidak boleh dikunjungi wisatawan adalah Sasana Sewaka, Sasana Pustaka, dan Maligi.

Keraton ini juga memiliki museum yang menyimpan barang-barang peninggalan keraton dan fragmen candi-candi di Jawa Tengah. Benda-benda yang dipamerkan mulai dari alat memasak abdi dalem seperti: dandang, mangkuk serta beberapa peralatan memasak dari gerabah sampai senjata-senjata kuno yang digunakan keluarga kerajaan, juga peralatan kesenian. Koleksi menarik lainnya antara lain kereta kencana, topi kebesaran Paku Buwana VI, Paku Buwana VII, serta Paku Buwana X.

Di samping museum terdapat Sasana Sewaka. Halaman Sasana Sewaka diselimuti oleh hamparan pasir yang diambil langsung dari Gunung Merapi dan Pantai Parangkusumo.

Di keraton ini juga terdapat menara yang disebut Panggung Sanggabuwana yang konon digunakan oleh Susuhunan untuk bersemedi dan bertemu Nyai Rara Kidul, penguasa Pantai Selatan. Selain sebagai tempat semedi, menara ini juga berfungsi sebagai menara pertahanan untuk mengontrol keadaan di sekeliling keraton.

KULINER

Solo terkenal dengan banyaknya jajanan kuliner tradisional yang lezat. Beberapa makanan khas Surakarta diantaranya: nasi liwet, nasi timlo, nasi gudeg yang sedikit berbeda dengan gudeg yogyakarta, cabuk rambak, serabi Notosuman, intip, bakpia balong, dan roti mandarin. Ada juga Ayam bakar yang dipanggang disajikan dengan lalapan atau sayuran mentah. Pecel dengan sayuran yang dimasak di atas nasi dengan saus kacang pedas.Untuk minuman coba wedang asle yaitu minuman hangat dengan nasi ketan serta kelapa muda utuh sebagai minuman menyegarkan.Berikut ini beberapa tempat kuliner yang dapat Anda kunjungi di Solo.

Tengkleng Pasar Klewer, tepat di Gapura Pasar Klewer. Ini menu wajib bagi fans kuliner terutama bagi penikmat kambing, sebaiknya jangan datang terlalu siang karena pasti sudah habis. Nasi liwet Bu Wongso Lemu, terletak di Keprabon Kulon Solo dan sudah berdiri sejak 1950. Cabuk Rambak, terletak di Pasar Besar Pintu Timur, Dasaran, berjualan pukul 7.00-12.00. RM Timlo Sastro, terletak di Jl. Pasar Gede Timur 1-2, Balong, Solo Telp. 0271654820; Jl. Pasar Gede Timur 1-2 Balong; Jl. Dr Supomo Solo Gudeg Cakar Bu Kasno atau Gudeg Margoyudan, terletak di jalan Wolter Monginsidi depan GKJ Margoyudan.  Serabi Notosuman, Jl. Prof. M. Yamin No. 52, Notosuman, berjualan pukul 06.00-18.00 Warung Bebek Goreng Pak Slamet, terletak di Jalan Sedahromo Lor RT 01 RW 07 Kartosuro. Dawet Selasih Bu Watik, terletak si Pasar Gede Roti Mandarin, Toko Orion, di  Jl.Urp Sumohardjo No. 92, Mesen, berjualan pukul 09.00-21.00

BERBELANJA

Batik Solo memiliki ciri pengolahan yang khas yaitu warna kecoklatan (sogan) yang mengisi ruang bebas warna, berbeda dari gaya Yogya yang ruang bebas warnanya lebih cerah. Pemilihan warna cenderung gelap, mengikuti kecenderungan batik pedalaman. Beberapa usaha batik terkenal di Solo adalah Batik Keris dan Batik Danarhadi. Pusat perdagangan batik di kota ini berada di Pasar Klewer. Selain itu di kecamatan Laweyan juga terdapat Kampung Batik Laweyan.Jangan lewatkan untuk berbelanja di Pasar Klewer yang terletak di jalan Dr. Rajiman di Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon. Anda dapat berjalan kaki menuju Pasar Klewer yang berjarak sekitar 200 meter dari Keraton Surakarta. Di pasar ini terdapat bursa textil dan batik terbesar di Kota Solo dan sekitarnya bahkan terkenal di seluruh Indonesia. Selain pribumi juga ada orang keturunan Arab dan India Muslim yang menjadi penjualnya. Di antara lorong-lorongnya terdapat beragam baju batik, katun tenun, sutra, serta banyak yang lainnya.Pasar Triwindu adalah pasar loak namun sangat ramai. Temukan di sini dari topeng tua, wayang, alat musik dan koin.  Bahkan jika Anda tidak ingin berbelanja namun kunjungilah pasar ini untuk melihat barang yang unik dan aneh dijual.Pasar Gede adalah pasar utama di Solo yang  menjual beragam barang dagangan dari desa seperti sayuran, buah-buahan, beras, kopi, ikan kering, pakaian, dan banyak lagi yang lainnya. Gunakan keterampilan Anda dalam tawar-menawar di sini.Ada juga pasar burung di Pasar Depok, yang menjual bermacam-macam jenis burung dari beo, ayam, merpati, kenari, burung hantu, dan elang.Batik Danar Hadi Solo• Jl. Dr. Rajiman 164 - Telp. (0271) 644 126• Jl. Slamet Riyadi 261, Wuryaningratan - Telp. (0271) 713 140• Jl. Gatot Subroto 5 – Telp. (0271) 635 743Galeri Batik Kuno Danar HadiJl. Slamet Riyadi 261 – Telp. (0271) 714 326

AKOMODASI

Ada berbagai macam pilihan akomodasi yang tersedia di Solo. Hotel bertaraf internasional yang tersedia di sini yiatu Novotel dan Ibis. Hotel Indah Palace adalah hotel bintang tiga yang terletak ditengah kota.

Hotel Melati

* Hotel Baron Indah : Jl. Dr. Rajiman No. 374 Solo. Telp (0271)729071, Fax (0271)732090    * Hotel Trihadi : Jl. Monginsidi No. 97 Solo. Telp (0271)637557    * Hotel Arini : Jl. Slamet Riyadi No. 361 Solo. Telp (0271)716525    * Hotel Mandala Wisata : Jl. Perintis Kemerdekaan No. 12 Solo.  Telp (0271)722467, Fax (0271) 742006    * Hotel Griya Kencana : Jl. Latar Ireng No. 22 Solo Telp (0271)722467, Fax (0271)742935    * Hotel Mawar Indria : Jl. Monginsidi No. 125 Solo. Telp. (0271)632810, Fax (0271)652389    * Hotel Suka Marem : Jl. dr. Sutomo No 11 Solo. Telp. (0271)714887    * De Stelolo Boutique Ho : Jl. Dr. Sutomo No. 08 Solo. Telp. (0271)714887    * Hotel Atina Graha : Jl. Bangka No. 30 Solo. Telp. (0271) 654549    * Hotel Tiara Puspita Baru: Jl. Dr. Rajiman No. 404 Solo. Telp. (0271)729805    * Hotel Prasasti : Jl. Letjen Suprapto No. 81 Solo. Telp. (0271)723990    * Hotel Wisma Brani : Jl. Setiyaki I/VII Solo. Telp. (0271)714177

KEGIATAN

Menjelajah Keraton Kasunanan berarti menjelajah sejarah, seni dan budaya dalam waktu yang bersamaan. Anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai kehidupan keraton sehingga membuat kunjungan Anda sangat berarti. Menelusuri setiap sudut ruangan di dalam keraton merupakan kegiatan yang menarik karena desain ruangannya sangat unik dan bernilai seni tinggi. Merapat dengan benda-benda peninggalan keraton yang disimpan dengan apik di dalam museum akan menyadarkan Anda bahwa keraton ini memiliki kekayaan yang bernilai tinggi sekaligus sakral.

Tips
Anda yang ingin menikmati keindahan keraton diwajibkan mematuhi berbagai peraturan, seperti tidak memakai topi, kacamata hitam, celana pendek, sandal, serta jaket. Bagi Anda yang memakai celana pendek, dapat meminjam kain bawahan untuk digunakan selama mengelilingi kawasan keraton.

Tiket masuk keraton Rp 4.000,00, jika membawa kamera dikenakan tiket tambahan sebesar Rp 2.000,00. Buka hari senin hingga kamis pukul 08.30-14.00 WIB, jumat tutup dan minggu pukul 08.30-13.00 WIB.

Terdapat beberapa agen wisata yang dapat membantu Anda menikmati wisata di kota ini.
•    Yogya Tours
•    Java Adventure
•    Jogjakarta Tour
•    Java Overland Tours


TRANSPORTASI
Surakarta memiliki bandara udara internasional Adisumarmo terletak di perbatasan Kabupaten Karanganyar dan Boyolali. Bandara ini terhubung ke Jakarta, Kuala Lumpur, dan Singapura. Dari Jakarta waktu tempuh kurang lebih 50 menit. Beberapa operator penerbangan yang melayani rute dari atau ke kota Solo antara lain Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, Batavia Air, Air Asia, dan Silk Air. 

Kereta api secara teratur beroperasi antara Solo dan Jakarta dengan perjalanan memakan waktu antara 11-12 jam. Stasiun kereta api utama bernama Stasiun Solo Balapan yang merupakan stasiun untuk pemberangkatan kereta api kelas Bisnis dan Eksekutif dan terletak berdekatan dengan terminal bus Tirtonadi, suatu hal yang jarang dijumpai di Indonesia.

Untuk bus malam perjalanan dari Jakarta ke Solo memakan waktu sekitar 12 jam.

Dari Yogya, Anda dapat melakukan perjalanan ke Solo dengan minibus sekitar 1 jam. Bus tersedia juga dengan harga yang lebih murah.
Dari bandara, terminal bis maupun stasiun, Anda bisa menggunakan bus kota, taksi, angkot dan andong untuk mencapai lokasi keraton.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.