Pulau Nikoi

PULAU NIKOI


TINJAUAN

Pulau Bintan terus memukau wisatawan melalui bentangan alamnya. Anda akan terpesona sejak melihat cantiknya Pantai Trikora yang memancarkan warna biru jernih di bawah teriknya Matahari. Belum lagi, jalanan mulus di pulau ini siap mengantarkan Anda ke tempat-tempat cantik yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.


Pulau Nikoi adalah salah satu pulau di Indonesia yang mampu mewujudkan impian Anda menikmati pulau pribadi di tengah-tengah lautan lepas. Pulau ini terletak di timur Pulau Bintan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Cara untuk tiba di Pulau Nikoi adalah dengan menyebrang melalui Pelabuhan Kawal, pelabuhan kecil yang terletak di Agro Beach Resort Bintan, ataupun melalui Terminal Ferry Tanah Merah di Singapura.


Dermaga kecil menjulur ke pinggir laut menyambut para wisatawan yang baru datang. Ombak berdebur pelan, membasahi pasir-pasir seputih kristal yang memagari pulau. Di pinggiran pantai terdapat kursi-kursi santai dan pepohonan rindang untuk berteduh. Berada di Pulau Nikoi seperti merasakan hari libur tak berujung. Anda benar-benar jauh dari kesibukan sehari-hari.


Hanya ada satu resor di Pulau Nikoi, resor yang menjanjikan pengalaman menginap dengan konsep ramah lingkungan. Anda dibuat menyatu dengan alam, tidur di dalam rumah-rumah panggung yang terbuat dari kayu dan atap rumbia. Desain rumah panggung mencerminkan paduan arsitektur tradisional Indonesia dengan gaya kontemporer. Bau kayu yang sangat khas seakan menjadi aromaterapi alami untuk membuat tidur Anda pulas. Sesuai dengan konsepnya yang ramah lingkungan, kayu-kayu yang digunakan tidak diperoleh dengan cara ditebang. Kayu didapat dari pohon-pohon tumbang yang telah mengapung di lautan.


Uniknya, di sini juga terdapat apartemen nyamuk. Mereka membangun ruangan khusus untuk memutus siklus nyamuk agar populasinya berkurang.


Mayoritas wisatawan yang menginap berasal dari Amerika dan negara-negara di Eropa. Hanya tersedia 15 pondok sehingga tak jarang wisatawan harus antre untuk menginap di sini. Pondok-pondok tersebut terletak di pinggir pantai bertatapan langsung dengan perairan Laut Cina Selatan, menempati sebagian kecil lahan dari luas pulau keseluruhan yang mencakup 15 hektar. Pulau dibiarkan alami, dipadati pohon banyan yang juga merupakan habitat bagi burung-burung endemik.


KULINER

Ada dua ruang makan besar di Nikoi. Satu diperuntukkan bagi keluarga dan satu lagi untuk pasangan. Menu berubah setiap harinya sesuai dengan ketersediaan bahan di pasar lokal. Bahan yang digunakan tentunya bahan-bahan segar, mulai dari seafood hingga buah-buahan tropis.


AKOMODASI

Villa-villa di Pulau Nikoi menyatukan fasilitas hotel bintang lima yang dibungkus oleh nuansa alam. Tidak ada pendingin ruangan di sini karena Anda akan menikmati angin alami yang berhembus dari pinggir pantai. Namun villa dilengkapi dengan cerobong yang berfungsi menyalurkan hawa panas ke luar dan menjaga rumah agar tetap sejuk.

Terdapat tiga jenis villa di sini yang dimulai dari harga SGD 320, sudah termasuk antar-jemput dari Pelabuhan Kawal.

Untuk informasi selengkapnya bisa menghubungi pihak berikut.



Nikoi Island

Tlp: +6531 582119, +62771 7008040

Email: relax@nikoi.com


KEGIATAN

Tidak ada yang lebih menenangkan selain merebahkan tubuh di pinggir pantai yang begitu indah. Anda tidak hanya disuguhkan kursi-kursi santai namun juga kolam renang yang luar biasa cantik dibangun di antara bebatuan granit. Di hotel ini juga terdapat beberapa fasilitas olahraga seperti tenis dan kroket.

Apabila menginginkan kegiatan lain, operator di pulau ini juga mampu mengorganisir aktivitas snorkeling, diving, island hopping, windsurfing, kayaking dan masih banyak lagi. Alam bawah laut Nikoi sangat kaya akan terumbu karang. Visabilitasnya bervariasi sepanjang tahun dan waktu terbaik untuk menyelam adalah Maret hingga November. Arus di sini tergolong kuat sehingga hanya penyelam yang sesuai dengan kualifikasi yang diperbolehkan diving.

Anak-anak pun ditawarkan paket mendaki bebatuan granit, trekking di hutan dengan tanaman merambat, serta mengakrabkan diri dengan biota laut yang kaya lewat snorkeling. Bahkan staf hotel mengatur perburuan harta karun di laut untuk membuat liburan anak-anak semakin menyenangkan.



BERKELILING


TRANSPORTASI

Ada beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute reguler Jakarta-Tanjung Pinang setiap hari. Setelahnya Anda harus menyewa mobil menuju Pelabuhan Kawal, dengan waktu tempuh sekira setengah jam. Perjalanan ke Pulau Nikoi dari Kawal juga memakan waktu setengah jam. Anda bisa menghubungi pihak hotel untuk penyediaan kapal cepat dari Kawal ke Nikoi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.