PULAU CUBADAK

PULAU CUBADAK

Keindahan Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat disanjung-sanjung tidak kalah denganRaja Ampat. Gugusan pulau di kawasan ini memiliki keunikannya masing-masingmembalut ketenangan lautnya. Salah satu pulau di kawasan Mandeh yang wajib disambangi adalah Cubadak, sebuah pulau tropis yang menyajikan keindahan alam nan memukau.
Menurut cerita masyarakat sekitar pulau ini dahulu adalah bekas kawah dengan luas sekira 40 km2dengan garis pantai memanjang1,5 km.Letak pulau mungil ini berada di tengah Samudera Hindia menjadi suatu keistemewaan tersendiri.Pulaunya berkonsep resort wisata sehingga siapapun dapat mengunjungi pulau nan cantik ini.

Pulau Cubadak hanya dihuni beberapa keluarga nelayan dan warga negara asing beserta tim kerjanya yang ikut mengelola resort di pulau ini. Kecantikan Pulau Cubadak sempat dipromosikan melalui film dokumenter yang dibuat turis Jermansehingga semakin mengundang banyak lagi wisatawan mancanegara yang ingin menjamahnya.

Keindahan Pulau Cubadak pernah didokumentasikan seorang turis asal Jerman dan mendapatkan sambutan luar biasa hingga menarik minat wisatawan Jerman berdatangan. Berikuntya juga sebuah Majalah wanita dari Jerman “Bild de Rau” menulis artikel mengenai Pulau Cubadak yang disebutnya sebagai “Pulau Tersenyap di Dunia” dimana itu karena ketenangan, kesunyian dan kesenyapan Pulau Cubadak di tengah Samudera Hindia.

KEGIATAN

Pulau Cubadak adalah salah satu tempat liburan ekslusif untuk melepaskan diri dari kesibukan suasana perkotaan. Pulau kecil yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini menyajikan pemandangan laut memesona, udara pantai yang bersih, angin pantai menyejukkan, dan pepohonan rindang yang menghijau menaungi pulaunya. Sudah jelas suasana santai akan semakin menenggelamkan Anda saat menikmati sore hari saatMatahari terbenam ditepian horizon.

Seperti pulau-pulau lainnya di Mandeh, perairan tenang di sekitar Pulau Cubadak ideal untuk aktivitasmenyelam. Keindahan bawah laut Mandeh yang menjadi surga bagi penyelam untuk menikmati pelbagai biota lautdan beraneka terumbu karangwarna warni. Anda juga bisa sepuasnyasnorkelingdi perairan sekitar Pulau Cubadak.

Bagi Anda yang tidak bisa berenang tentunya masih bisa menikmati daya tarik lain yang dimiliki pulau ini dengan menjelajah hutannya yang perawan. Ada banyak satwa liar yangdapat ditemui saat Anda menyusuri hutan di sini seperti monyet, babi hutan, biawak, rusa, serta beragam jenis burung yang tidak terhitung jumlahnya.Anda juga dapat menaiki puncak bukit di Pulau Cubadak bersama pemandu. Ketika sampai di puncak bukit, Anda akan melihat panorama hamparan pulau dari atas bukit.

TRANSPORTASI
Arahkan penerbangan ke Bandara Minangkabau di Padang, Sumatera Barat. Berikutnya dari sana gunakan kendaraan umum menuju Pantai Carocok di Kota Painan. Lalu Anda bisa menyewa speedboat untuk menuju Pulau Cubadak dengan tarif sewa Rp150.000,- dalam waktu tempuh 20 menit.

Apabila Anda memesan sebelumnya maka Cubadak Paradisso Village menyediakan layanan penjemputan dari Pantai Carocok menuju ke Pulau Cubadak menggunakan perahu.

Selain dapat ditempuh dari Pantai Carocok, Anda dapat juga menempuh perjalanan dari Pelabuhan Mandeh di Kabupaten Pesisir Utara. Dari pelabuhan ini Anda dapat menggunakan kapal wisata dengan perjalanan kurang hanya 15 menit.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.