Kawasan Wisata Mandeh

Kawasan Wisata Mandeh

Gugusan puluhan pulau yang indah membentang seluas 18 hektare di Teluk Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat. Orang – orang mengenal keindahan kawasan kepulauan itu dengan nama Mandeh, dalam bahasa Minang yang berarti “ibu”.Nama Mandeh diambil dari nama salah satu kampung yang terkenal di tengah Teluk Carocok Tarusan, yaitu kampung Mandeh. Letak kawasan wisata ini dekat dan berbatasan langsung dengan kota Padang, ibukota Sumatera Barat, tepatnya di kecamatan Koto XI Tarusan.
Pulau – pulau kecil yang dimiliki Mandeh diantaranya Pulau Traju, Pulau Setan Besar dan Kecil, Pulau Sironjong Besar dan Kecil, dan Pulau Cubadak. Sementara itu, di sebelah selatan kawasan ini terdapat tanjung yang meliuk nan elok bagaikan sebuah kail tepatnya di Kampung Carocok, sehingga teluk terlihat seperti sebuah danau yang menakjubkan. Di sebelah utara kawasan Mandeh terdapat banyak pulau yang melingkar yaitu Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular, dan Pulau Marak yang berdampingan dengan Pulau Sikuai.

Di sepanjang pantai dari Kampung Sungai Pisang sampai ke Kampung Carocok memiliki pantai yang cukup landai dan berpasir putih dengan beberapa pepohonan di sekitarnya seperti pohon kelapa, pohon waru, pohon nangka, dan lainnya.

Kawasan Wisata Mandeh meliputi 7 kampung di 3 nagari yang dihuni sekitar 9.931 jiwa penduduk yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, bertani dan beternak. Ketujuh kampung tersebut termasuk dalam kawasan pengembangan wisata, diantaranya Kampung Mudiak Air, Kampungh Simpang Carocok, Kampung Mudiak Air, Kampung simpang Carocok, Kampung Pulau Karam, Kampung Sungai Nyalo, Kampung Sungai Tawar, Kampung Sungai Pinang dan Kampung Teluk Raya.

Kawasan wisata ini kaya akan objek wisata seperti kekayaan biota laut dan dan lautnya yang tidak berombak karena dikelilingi banyak pulau, selain dari kelandaian pantainya. Keindahan kawasan Mandeh dikenal dari wisatawan domestik sampai wisatawan mancanegara. Bahkan kawasan Mandeh telah menjadi destinasi utama kebijakan sektor pariwisata kebaharian yang dimasukkan kedalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) bersama Biak dan Bunaken.

Kawasan wisata Mandeh sangat menjanjikan untuk dijadikan tujuan investasi. Salah satunya adalah pengembangan Resort Cubadak Paradiso Village, Pulau Cubadak, yang dikelola pihak asing bernama Gian Luigi Casalegno yang akrab dipanggil Nanni warga negara Itali sejak 21 tahun lalu.Pulau mungil ini menjanjikan kenyamanan layaknya pulau pribadi dan jauh dari hiruk pikuk dunia. Pulau Cubadak berjarak hanya 3 mil dari dermaga nelayan di Carocok, Pesisir Selatan. Dari Dermaga Carocok ke Pulau ini dengan perahu cepat hanya butuh waktu 15 menit. Tamu yang datang paling banyak berasal dari Belanda, Jerman, Itali, Perancis, Kuala Lumpur, dan mulai berdatangan dari Indonesia.


KEGIATAN

Penduduk di sekitar Mandeh terkenal cukup ramah dan mudah berbaur dengan pendatang, bahkan untuk membantu. Kawasan wisata ini pun dijuluki dengan Surga di Selatan, maksudnya di bagian selatan Provinsi Sumatera Barat. Wilayah ini sangat terasa damai dan tenang, cocok untuk para pendatang yang ingin memanfaatkannya sebagai tempat untuk melepas kepenatan dari kesibukan sehari - hari. Penduduk setempat memanfaatkan ketenangan dan kedamaian teluk ini dengan menyelam, serta berlayar dengan kapal penangkapan ikan.

Wisatawan yang datang ke sini sering dapat menikmati ‘danau’ laut yang biru dengan berenang dari satu pulau ke pulau lainnya. Selain itu, tempat ini merupakan tempat yang sesuai untuk menyelam karena memiliki keindahan bawah laut. Wisatawan juga dapat menikmati hijaunya kawasan hutan Mangrove di desa Kapo Kapo, atau berperahu dari satu pulau ke pulau lain menikmati keindahan dan keunikan alam di masing – masing pulau sehari penuh sampai kembali ke dermaga untuk memandang matahari terbenam dari atas puncak Mandeh.


TRANSPORTASI
Untuk menuju kawasan wisata Mandeh tidak perlu mengeluarkan biaya mahal karena letaknya yang dekat dengan Padang. Dari bandara Internasional Minangkabau dengan menggunakan kendaraan roda empat menuju Tarusan, lama perjalanan kira – kira selama 2 jam lebih. Dari menggunakan kapal Dermaga Tarusan menuju pulau – pulau kecil di kawasan Mandeh.

Ada banyak agen perjalanan di sana yang menyediakan jasa tur ke Kawasan Wisata Mandeh dengan paket perjalanan lengkap, dari penjemputan di kota Padang sampai ke Dermaga Tarusan, tiket kapal ke pulau – pulau yang sudah termasuk dalam program tujuan perjalanan, penyewaan alat snorkeling, makan dan minuman, termasuk biaya penginapan di salah satu pulau. Jika ingin mengunjungi pulau lain di luar dari program, wisatawan bisa memesannya dengan membayar biaya tambahan di luar paket.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.