Goa Putri

GOA PUTRI


TINJAUAN
Goa Putri adalah tujuan wisata terkemuka di Provinsi Sumatera Selatan, terletak 230 kilometer dari Palembang, atau 35 kilometer dari Baturaja, ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Gua ini terletak sekitar satu kilometer dari jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Baturaja dan Muara Enim.


Gua ini penuh dengan stalaktit dan stalagmit. Stalaktit merupakan kalsium karbonat yang menggantung dan membeku di langit-langit gua dan dapat ditemukan di gua kapur. Stalagmit adalah batuan berbentuk kerucut es yang menghadap ke atas dapat ditemukan di lantai gua. Di Goa Putri, stalaktit dan stalagmit bertemu membentuk pilar yang unik. Gua ini juga memiliki kolam yang airnya berasal dari gua-gua yang airnya berasal dari Sungai Semuhun, yang bermuara di Sungai Ogan.


Kolam tersebut lebarnya 20 meter lebar dan panjangnya 160 meter. Di beberapa bagian gua terdapat  batu lebar di mana Anda bisa duduk dan tidur. Gua ini gelap meskipun terdapat beberapa lampu yang dipasang di berbagai sisi. Cahaya yang redup membuat gua terlihat sangat ajaib.


Untuk menikmati Goa Putri, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 5.000 per orang dan Rp 10.000 untuk parkir.



KULINER

Warung makanan tidak tersedia di tempat ini, jadi lebih baik Anda membawa perbekalan Anda sendiri.



BERBELANJA

Situs wisata ini tidak menyediakan toko yang menjual suvenir tapi Anda dapat mengambil air dari kolam putri, jadi jangan lupa membawa botol.


AKOMODASI

Wisatawan dapat menginap di sejumlah hotel murah yang tersedia di Baturaja. Jika Anda ingin melanjutkan perjalanan ke Danau Ranau, akan lebih baik jika Anda tinggal di Muara Dua. Hanya ada satu hotel dan satu penginapan di kota kecil ini, terletak di dekat pasar Tengah Batu Bawah di Muara Dua.


KEGIATAN

Gua ini terkenal dengan stalaktit dan stalagmit. Pengunjung dapat menikmati pemandangan stalaktit dan stalagmit ini sambil duduk di bebatuan dan mengambil gambar. Jangan lupa untuk mencuci muka di kolam Pangeran Dayang Merindu. Penduduk setempat percaya bahwa mereka yang mencuci muka di kolam ini sambil berdoa, doa-doa mereka akan menjadi menjadi kenyataan.




BERKELILING

Anda dapat berjalan melalui jalan yang curam dan licin sekitar 200 meter. Sebagian besar daerah ini masih tertutup bagi pengunjung karena jalurnya yang berbahaya, gelap dan biasanya dihuni oleh kelelawar yang dapat Anda temui ketika memasuki gua ini.


TRANSPORTASI

Setelah tiba  di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Anda dapat menyewa mobil ke Goa Putri, sekitar  230 kilometer jauhnya. Jika Anda ingin menggunakan angkutan umum, Anda dapat mengambil bus ke Baturaja dari stasiun bus Palembang. Dari Baturaja ke Goa Putri, tersedia beberapa bentuk transportasi umum, rute yang tersedia adalah Baturaja - Muara Enim. Angkutan umum di Sumatera Selatan biasanya beroperasi  pada saat pasar di kota sangat padat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.