WAKATOBI WONDERFUL FESTIVAL AND EXPO: WAKATOBI WAVE 2015

November 22, 2015
WAKATOBI WONDERFUL FESTIVAL AND EXPO: WAKATOBI WAVE 2015



Siapkan jadwal Anda untuk menyambangi salah satu tujuan wisata bahari favorit di Tanah Air, yaitu Wakatobi. Pada 22-28 November 2015 akan dihelat Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) 2015 dengan menghadirkan berbagai atraksi budaya bahari.

Panitia penyelenggara mengupayakan acara ini akan menjadi festival budaya bahari terbesar yang pernah diselenggarakan. Beberapa kesenian siap ditampilkan seperti lengko, kandadio dan kansoda’a, tari kolosal, serta liwo raksasa “Pesona Wakatobi Indonesia.”

Selain itu, ada pula kegiatan pendukung berupa lomba Foto Pesona Budaya dan Alam Pesisir Wakatobi, Pameran Foto Pesona Budaya dan Alam Pesisir Wakatobi, Balapan Bodi Batang (Perahu Bermotor), Parade Parahu Hias, Pagelaran Seni Musik Tradisonal, dan penampilan artis Ibukota. 

Wakatobi Wave 2015 akan ditutup dengan kegiatan olah raga bahari berupa triathlon yang dimulai dari lomba lari pesisir, berenang dan panjang tiang perahu di atas laut.

Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) 2015bdihelat atas kerjasama antara Kementerian Pariwisata RI dan Pemerintah Kabupaten Wakatobi. Acara ini diharapkan mampu mendukung pencapaian  kunjungan wisatawan mancanegera yang ditargetkan sebanyak 12 juta wisman pada tahun 2015. Selain itu, juga demi menggerakkan perekonomian masyarakat setempat karena pembelanjaan wisatawan yang langsung kepada masyarakat setempat.

Kabupaten Wakatobi merupakan salah satu dari 18 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi merupakan akronim dari nama empat pulau besar dan berpenghuni di Wakatobi meliputi Wangi-Wangi (Wa), Kaledupa (Ka), Tomia (To) dan Binongko (Bi). Wilayah Kabupaten Wakatobi didominasi oleh laut mencapai 97% dan daratannya hanya seluas 3% dari total luas wilayah ± 19.200 km2 sehingga potensi sumberdaya alam unggulannya adalah kelautan, perikanan dan sektor pariwisata bahari. Daerah yang paling banyak dikunjungi adalah Pulau Hoga yang memiliki keindahan alam baik darat maupun bawah lautnya. 

Selain keindahan bawah laut Wakatobi juga sangat kaya dengan kekhasan budaya masyarakat lokal.  Meskipun Wakatobi merupakan daerah baru namun untuk bisa sampai di Wakatobi bukan hal yang sulit. Moda transportasi udara telah tersedia di daerah ini yang melayani penerbangan setiap hari dengan jalur Makassar-Kendari-Wakatobi. Tersedia pula sarana transporasi laut yang dapat ditempuh baik dari jalur Kendari-Wakatobi maupun Baubau-Wakatobi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.