FESTIVAL BUDAYA BANDA NAIRA 2015 DI MALUKU TENGAH

November 09, 2015
FESTIVAL BUDAYA BANDA NAIRA 2015 DI MALUKU TENGAH





Kabupaten Maluku Tengah menggelar Festival Budaya Banda Naira 2015 pada 9-10 November 2015 untuk menarik wisatawan. Beragam acara mulai dari aneka lomba, pesta kuliner, hingga pesta rakyat akan menyemarakkan festival ini. Beberapa lomba yang digelar diantaranya adalah: lomba memancing, lomba klompen raksasa, lomba empang, lomba perahu belang dan lomba foto bawah laut.
Agenda Kegiatan Festival Akbar Budaya Banda Neira 2015

Senin 9 November 2015

08.45                : Upacara pembukaan

09.00 – 12.00        : Lomba Memancing

13.30 – selesai      : lomba klompen raksasa

15.00 – selesai      : lomba empang

Selasa 10 November 2015

10.00 – 13.00       : Lomba perahu belang dan foto bawah laut

15.00 – selesai     : kuliner

19.30 – selesai     : upacara penutupan sekaligus pengumuman hasil lomba

Perahu Belang adalah ikon festival akbar ini karena memiliki ikatan historis. Perahu Belang adalah kapal yang didayung oleh 30-40 orang. Belang merupakan perahu tradisional Kepulauan Maluku, biasa disebut juga dengan Kora-Kora.

Belang merupakan kapal dari Maluku yang bisa mencapai Skandinavia. Kapal ini identik dengan bangsa Swedia, Norwegia, Finlandia dan Denmark yang memakai rumbai kepala dan ekor naga di belakang perahu, serta memakai seram. Perahu Belang sejak dahulu digunakan oleh para kapitan untuk menjaga keamanan Pulau Banda.

Kepulauan Banda sendiri terletak 132 km di tenggara Ambon. Ini adalah anugerah terindah yang dimiliki Kabupaten Maluku Tengah. Dengan terumbu karang beraneka warna serta kehidupan laut yang eksotis, Banda adalah surga bagi penyelam dari seluruh belahan dunia. Mereka sengaja datang untuk menikmati keindahan beberapa diving spot di daerah tersebut.

Pulau Banda hanya bagian kecil dari gugusan pulau yang terdiri dari tiga pulau besar dan tujuh pulau yang lebih kecil. Pulau-pulau ini terletak di Laut Banda dimana kedalaman airnya mencapai 6.500 meter. Saat ini, Banda ibarat marterpiece bagi para penyelam dan pelaut kapal pesiar dari seluruh dunia dengan keindahan alam yang menakjubkan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.