SAIL TOMINI 2015: MUTIARA KHATULISTIWA UNTUK KEHIDUPAN MASA DEPAN

September 19, 2015
SAIL TOMINI 2015: MUTIARA KHATULISTIWA UNTUK KEHIDUPAN MASA DEPAN



Sail Tomini 2015 merupakan bagian dari gelaran tahunan Sail Indonesia yang ketujuh. Acara puncaknya akan berlangsung pada 19 September 2015 di Desa Pelawa Baru, Desa Pangi Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Rangkaian kegiatan Sail Tomini 2015 juga akan diikuti dengan Festival Boalemo di Provinsi Gorontalo yang juga merupakan garis pantai dari Teluk Tomini. Festival Boalemo digelar beberapa hari sebelum Sail Tomini 2015, yakni pada 10 September 2015. Kedua event tersebut diharapkan mampu mempromosikan wilayah Teluk Tomini dan mempercepat pembangunan daerah lewat sektor perikanan, kelautan, dan pariwisata.

Teluk Tomini merupakan teluk terbesar ke-2 di Indonesia setelah Teluk Cenderawasih di Papua yang memiliki luas sekira 6 juta hektar dengan potensi sumber daya alam yang kaya. Wilayah terumbu karangnya yang memiliki luas 1.031 hektar dan hutan mangrove dengan luas sekitar 785,10 hektar. Bahkan, Teluk Tomini merupakan jantung segitiga karang dunia (Coral Triangle) dengan keanekaragaman hayati (biodiversity) yang tinggi, serta karakteristik ekosistem unik dan indah.

Teluk Tomini memiliki potensi sumber daya pesisir dan laut yang berlimpah untuk pengembangan wisata bahari sehingga kawasan ini dijadikan destinasi berikutnya untuk penyelenggaraan Sail Indonesia.

Sail Tomini dan Festival Boalemo akan berbagai macam kegiatan, mulai dari yacht rally, ekspedisi penelitian maritim, parade kapal perang, pameran, dan seminar ilmiah. Kegiatan lain yang diadakan dalam festival ini adalah parade budaya yang menampilkan 10 etnis dari Gorontalo, festival karawo (kain khas Gorontalo), festival kuliner, dan kegiatan olahraga air seperti lomba jet ski dan lainnya.

 Sail Indonesia sendiri yang tahun ini memasuki tahun ketujuh pertama kali digelar di Bunaken pada 2009 lalu, acara tahunan ini dilanjutkan dengan Sail Banda pada 2010, Sail Wakatobi-Belitung pada 2011, Sail Morotai pada 2012, Sail Komodo pada 2013, kemudian terakhir Sail Raja Ampat tahun lalu.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.