FESTIVAL BORNEO DI SAMARINDA

September 01, 2015

Kota Tepian ‘Samarinda’ menggelar sebuah festival yang menarik untuk dikunjungi, yaitu: Festival Borneo. Kegiatannya berlangsung pada 1-6 September 2015 dengan mengambil tempat di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda dan acaranya akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Arief Yahya.

Festival Borneo disebut-sebut menjadi festival terbesar yang pernah digelar Kalimantan Timur selama ini dengan menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya, parade atau pawai budaya, karnaval, lomba tari kreasi daerah pedalaman dan pesisir, lomba busana, musik dan lagu daerah, serta kuliner tradisional.

Festival Borneo merupakan agenda promosi pariwisata dua tahuan yang digelar secara bergilir di Ibukota Provinsi se-Kalimantan. Tahun ini tema yang diangkat adalah “Melalui Festival Borneo Tahun 2015 Kita Wujudkan Kalimantan Siap Memasuki Pasar Bebas Asean Dan  Transformasi Ekonomi Pasca Tambang Dan Migas“.

Sejumlah kegiatan yang bakal ditampilkan diantaranya ada parade budaya, karnval, lomba tari kreasi daerah pedalaman dan pesisir, lomba musik dan lagu daerah, lomba dan eksebisi busana daerah motif batik. Akan ada juga pameran nasional Festival Borneo Expo 2015 dan lomba kuliner tradisional. Memeriahkan acara digelar  pula pemilihan Putri Pariwisata Kaltim 2015.

Diperkirakan acara ini dikiuti sekira 1.096 orang, dimana 500 lebih peserta dari luar Kalimantan dan ratusan peserta se-Kalimantan. Selain duta seni budaya dari kabupaten/kota di Kaltim, festival ini juga diikuti peserta dari sejumlah daerah dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Festival Borneo digelar sebagai ajang promosi potensi wisata unggulan daerah Kaltim. Samarinda sebagai tuan rumah penyelenggaraan, kemudian Balikpapan sebagai pintu gerbang masuk Kaltim, dan Kutai Kartanegara sebagai tujuan kunjungan wisata peserta.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.