INDONESIA INTERNATIONAL MASK FESTIVAL 2015 DI SOLO

September 04, 2015

Acara ini akan berlangsung pada 4 - 5 september 2015 di Benteng Vastenburg, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah. Indonesia International Mask Festival (IIMF) akan menampilkan tari-tarian topeng dari wilayah Indonesia maupun Internasional. Acara ini digelar bertujuan untuk memberikan pemahaman budaya antarnegara melalui pertunjukan topeng. Selain itu, juga untuk membangun sikap saling menghormati dan menghargai semangat persatuan dalam keanekaragaman.

Sebagai sebuah event berskala internasional, Indonesia Internasional Mask Festival (IIMF) akan mempertemukan seniman dan seni topeng dari dalam dan luar negeri serta sarana promosi Solo ke mancanegara sebagai kota yang kaya akan budaya dan pariwisata. Solo ingin memperkenalkan kekayaan topeng Indonesia kepada publik dalam negeri maupun mancanegara melalui kesenian. Aneka topeng akan dipertontonkan sejalan dengan budaya masing-masing negara.

Topeng Nusantara merupakan warisan nenek moyang dan sebagian dari sejarah yang harus dilestarikan. Topeng tidak hanya mempunyai nilai kesenian melainkan dapat juga menggambarkan karakter seseorang. Banyak makna tersirat yang dibalut dalam seni topeng yang bernilai tinggi.

Topeng telah menjadi salah satu bentuk ekspresi paling tua yang pernah diciptakan peradaban manusia. Topeng memegang peranan penting dalam berbagai sisi kehidupan yang menyimpan nilai-nilai magis dan suci sebagai simbol-simbol khusus dalam berbagai uparaca dan kegiatan adat leluhur. Topeng di Indonesia sendiri telah ada sejak zaman prasejarah dan secara luas digunakan dalam tarian yang menjadi bagian dari upacara adat atau penceritaan kembali cerita-cerita kuno dari para leluhur.

Kehidupan masyarakat modern saat ini menempatkan topeng sebagai salah satu bentuk karya seni tinggi. Tidak hanya karena keindahan estetis yang dimilikinya, tetapi sisi misteri yang tersimpan pada raut wajah topeng tetap mampu memancarkan kekuatan magis yang sulit dijelaskan. Beberapa topeng di Indonesia pun digunakan sebagai hiasan di dalam rumah atau di luar rumah.

Indonesia International Mask Festival (IIMF) diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Solo, Semarak Candrakirana Foundation, dan SIPA Community sebagai ajang pertemuan seni topeng dari dalam dan luar negeri serta sarana promosi yang sempurna dan bergengsi. Event ini juga merupakan peran aktif untuk mempromosikan Solo sebagai kota budaya dan pariwisata di forum nasional dan internasional.

Informasi dan keterangan silakan hubungi pihak berikut.

Sekretariat SIPA
Jalan Kedasih 22, Kerten, Solo, Jawa Tengah, Indonesia.
Telp/fax. +62 271-726178
E-mail: indonesianmaskfestival@gmail.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.