FESTIVAL TELUK JAILOLO 2015: “SALOI SIRIMOI"

Mei 14, 2015

Tahun ini Festival Teluk Jailolo kembali hadir dengan mengusung tema “Saloi Sirimoi" atau bermakna “Saloi Menyatukan”.  Acara yang telah digelar untuk yang ketujuh kalinya tersebut akan berlangsung pada 14 - 16 Mei 2015 dengan puncak acaranya berlangsung di Pelabuhan Jailolo.

Festival Teluk Jailolo disebut-sebut sebagai festival terbaik di kawasan Indonesia Timur dimana merangkul rangkul semua potensi yang ada, baik pariwisata, budaya maupun alam. Kegiatan ini digelar oleh Pemerintah Daerah Halmahera Barat dalam rangka mempromosikan Halmahera Barat sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia Timur.

Beragam rangkaian acara memeriahkan festival ini untuk mengajak pengunjung menjelajahi Jailolo dari sisi darat maupun laut, serta menikmati aneka kuliner khas Halmahera Barat. Anda juga dapat mengikuti scuba diving dan mengeksplorasi burung bidadari yang merupakan habitat langka atau melihat pameran batu akik lokal. Dalam acara ini jangan lewatkan pula untuk mencicipi kuliner khas Halmahera Barat.

Berikut ini berbagai rangkaian acara dalam Festival Teluk Jailolo 2015.

Sigofi Ngolo adalah tradisi bersih laut yang sakral dan unik. Dalam upacara adat ini, iring-iringan kapal hias mengitari Pulau Babua dengan tabuhan musik tradisional dan doa yang dipimpin Sultan Jailolo. Upacaya adat ini adalah bentuk penghormatan kepada leluhur untuk meminta izin kepada alam untuk memulai perayaan dengan membersihkan laut dari niat buruk. Upacara tersebut nanti dilakukan dengan mengitari Pulau Babua sebanyak tiga kali dengan iring-iringan kapal hias.

Orom Sasadu atau makan di rumah adat sebagai ucapan syukur atas panen berlimpah. Keunikan acara ini adalah selama berpesta, masyakarat adat tidak pernah mengantuk walaupun tidak tertidur, tidak kenyang walau sudah makan terus, dan tidak pernah mabuk.

National Open Tournament Fin Swimming 2015 merupakan kejurnas yang diikuti atlet-atlet dari 33 pengurus Pemprov POSI, pengurus kabupaten jaring kota, POSI dan komunitas selam.

Scuba Diving menjadi kegiatan yang patut dicoba pengunjung karena Kabupaten Halmahera Barat memiliki lebih dari 20 dive sites di seputaran Teluk Jailolo dengan kekayaan biota laut yang mengagumkan.

Gelar Kuliner Makanan Khas Halmahera Barat menyajikan makanan pembuka pisang mulu bebe sampai papeda dan nasi kembar.

Eksplorasi Burung Bidadari  dimana merupakan salah satu habitat fauna langka. Keistimewaan burung ini adalah bentangan sayap burung bidadari jantan yang sangat indah ketika merayu betinanya.

Pameran Batu Akik digelar untuk mempromosikan batu lokal hingga dapat menjadi souvenir oleh wisatawan.

Pameran Investasi untuk menarik minat investor ke Halmahera Barat dengan kekayaan tambang dan energi, pariwisata, kehutanan, perkebunan, pertanian, perikanan serta kelautan.

Pesta Permainan Tradisional Anak bertujuan untuk mengingat dan membudayakan permainan tradisional yang sudah mulai dilupakan.

Sasadu on The Sea merupakan puncak acara berupa pertunjukan seni dimana lagu dan tarian khas Halmahera Barat dikemas dalam cerita menarik yang nanti ditampilkan dalam sebuah panggung besar di atas laut yang diatasnya dibuat Sasadu yang merupakan rumah adat suku Sahu di Halmahera Barat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.