MOUNT RINJANI ULTRA 2014: WONDERFUL CHALLANGE

Agustus 08, 2014
MOUNT RINJANI ULTRA 2014: WONDERFUL CHALLANGE



Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak telah memikat wisatawan dari berbagai penjuru dunia untuk menikmati keindahannya. Kini, tujuan wisata di NTB tersebut tidak hanya bisa didaki tetapi juga dapat berpatisipasi dalam kompetisi lari Mount Rinjani Ultra 2014 yang diselenggarakan 8-9 Agustus 2014.

Ajang yang mengangkat tema “Wonderful Challange” ini terdiri dari dua nomor lari yaitu 52 km dan 21 km. Garis start dimulai dari pintu masuk Senaru di ketinggian 600 m dpl dengan medan berupa hutan lebat sepanjang 8,5 km dan bukit berbatu 2 km. Bagi pelari yang menempuh jarak 21 km, petualangan mereka berakhir di Plawangan Senaru yang memiliki padang savana nan indah.

Sementara itu, pelari yang menempuh jarak 52 km akan melanjutkan perjalanan ke Danau Segara Anak yang menghadiahkan lansekap Matahari terbit yang menakjubkan. Jika ingin melepaskan lelah sejenak, Plawangan Sembalun menyuguhkan lokasi bersitirahat yang memadai lengkap dengan sumber air. Akan tetapi, tantangan sebenarnya terletak sekira 5 km dari Gunung Rinjani ketika pelari harus melewati jalan berpasir dan penuh kerikil.

Gunung Rinjani memiliki tinggi 3.726 m dpl dan merupakan puncak tertinggi di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mendaki Gunung Rinjani tidaklah mudah namun akan menjadi pengalaman yang sangat berharga karena banyak pemandangan indah yang ditawarkan. Rinjani juga memegang pernanan penting dalam aspek kehiupan masyarakat. Nama Rijani sendiri berasal dari istilah Jawa kuno yang bermakna Tuhan.

Di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani terdapat Danau Segara Anak, danau cantik berbentuk sabit dan letaknya 600 m di bawah lereng kawah. Ini merupakan lokasi spiritual yang sering digunakan orang Bali untuk mengadakan upacara pekelan dimana perhiasan ditempatkan di danau dan dipersembahkan kepada roh gunung.

Ada dua titik untuk mendakinya yakni Desa Senaru dan Sembalun Lawang. Desa Senaru berjarak 3 jam dari utara Mataram, sedangkan Desa Sembalin Lawang berada sekira 4 jam perjalanan dari timur Mataram.Semua peserta diwajibkan menjaga lingkungan dengan tidak menganggu habitat hewan dan tumbuhan. Ada beberapa jalur yang tidak memperkenankan peserta untuk berlari saling mendahului demi kelestarian vegetasi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.