SAIL KOMODO 2013: JEMBATAN EMAS MENUJU NTT MENJADI DESTINASI PARIWISATA DUNIA

September 14, 2013
Sail Komodo 2013 merupakan event reli kapal layar atau yacht rally internasional tahunan dan  merupakan agenda pariwisata Indonesia demi menjadikan NTT sebagai destinasi utama pariwisata dunia. Kegiatan ini berupaya mengembangkan rute pelayaran kapal layar dan pengarung laut untuk menjelajah keindahan perairan NTT dengan menjadikan Kupang sebagai pintu masuk dari arah gerbang selatan Indonesia. Anda dapat melihat jadwal lengkapnya di laman: www.sailkomodo.or.id dan www.sailkomodo2013.nttprov.go.id.

Sail Komodo juga dimaksudkan untuk membuat model percepatan pembangunan daerah kepulauan dan daerah terpencil, serta mempromosikan lokasi rute pelayaran sebagai tujuan wisata nasional dan internasional. Dalam setiap perhentiannya, peserta akan dapat menemui keragaman adat, budaya, suku, dan ekonomi kreatif masyarakatnya. Peserta dipersilahkan untuk berpartisipasi dalam semua kegiatan dan persinggahannya. Panitia pun akan memfasilitasi perhotelan, penerimaan dan perayaan di setiap pelabuhannya. Beberapa negara yang ikut serta  dalam Sail Komodo 2013 diantaranya adalah: Malaysia, Australia, Belanda, Thailand, Philipina, Amerika Serikat, dan lainnya.

Kegiatan yacht rally ini melibatkan tiga operator yacht yaitu Sail Indonesia, Back to Down Under Rally, dan Darwin Ambon Yacht Race. Ketiga operator reli kapal layar tersebut akan mengerahkan yachters  dari berbagai negara dengan rute masing-masing meliputi dua jalur, yakni jalur utara dan selatan. Rata-rata setiap kapal layar ini penumpang membawa 4-6 orang.

Jalur utara meliputi rute: Kupang - Wini di Timor Tengah Utara - Atapupu di Kabupaten Belu menuju Kalabahi, Kabupaten Alor, kemudian Lewoleba - Lembata, Larantuka di Flores Timur, lalu ke Maumere di Kabupaten Sikka, dan berakhir di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Sementara itu, rute jalur selatan melintasi Ba'a di Kabupaten Rote Ndao, lalu menuju Sabu Raijua, kemudian ke Sumba, dan berakhir di Labuan Bajo.

Pelepasan Sail Komodo sendiri telah dilakukan pada Minggu, 4 Agustus 2013. Saat itu sekira 129 kapal layar dari 15 negara dilepas Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono dari Pantai Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pada 9 September atau 10 September, semua peserta Sail Komodo akan tiba di Labuan Bajo untuk menghadiri acara puncak Sail Komodo 2013 pada tanggal 14 September 2013 di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi NTT. Rencananya dalam acara puncak tersebut akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dengan Sail Komodo 2013 diharapkan potensi kelautan dan perikanan di NTT dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghidupan rakyat dan sumber pembangunan daerah yang berkelanjutan. Event ini juga sejalan dengan amanat Masterplan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor V yang mencakup Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan NTT.

Sail Komodo 2013 selain menghadirkan Reli Kapal Layar atau Yacht Rally, juga diselenggarakan Ekspedisi Kapal Riset Internasional dan Ekspedisi Ilmiah Pulau Terluar, Seminar Nasional dan Intenasional, Potensi Pariwisata, Budaya dan Alam, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Olahraga Bahari, Pameran Potensi Derah, dan Festival Derawan 2013. Ada pula beberapa acara pendukung seperti Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-68 di salah satu pulau terluar, bhakti sosial dan pelayanan kesehatan, Bhakti Kesejahteraan Rakyat Nusantara, Badan Usaha Milik Negara Peduli Komodo, dan Kegiatan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (Kapal Pemuda Nusantara).


Informasi danjadwal lengkap silakan melihat laman berikut.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.