INDONESIAN COFFEE FESTIVAL 2013: KOPI TUBRUK THE LOCAL LIFESTYLE

September 14, 2013
Untuk kali kedua, Indonesian Coffee Festival 2013 akan kembali dihelat pada 14–15 September 2013 di Ambarrukmo Hotel, Yogyakarta. Mengusung tajuk “Kopi Tubruk The Local Lifestyle”, festival kali ini akan mengangkat tradisi kopi tubruk nasional agar lebih dikenal masyarakat umum. Sejumlah workshop dan kegiatan juga akan digelar dalam festival kali ini, seperti barista workshop, roasting workshop, coffee talk, program cicip kopi Indonesia, kunjungan ke perkebunan kopi, dan hiburan.

Mengundang para penikmat kopi dan stakeholder industri kopi, festival ini diharapkan dapat kian mempromosikan beragam varietas kopi Nusantara yang dikenal sebagai salah satu komoditi kopi terbaik dunia. Ekspor kopi Indonesia per tahun 2012 diperkirakan bernilai USD1,2 miliar. Angka yang sangat potensial dalam industri perkopian nasional. Oleh karenanya, event ini diharapkan kian melejitkan citra kopi Nusantara di dunia internasional.

Setiap daerah di seluruh Nusantara memiliki tata cara penyajian kopi tubruk yang beragam dan telah menjadi local lifestyle. Mengenal kopi tubruk atau cara penyajian khas tiap daerah yang tersebar di Nusantara dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi penikmat kopi. Beberapa varian kopi tubruk diantaranya adalah dengan menambah susu kental manis, penambahan telur, memasukkan arang panas, dan lainnya.

Indonesian Coffee Festival 2013 terselenggara atas kerja sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pertanian beserta Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI), Gabungan Eksporter Kopi Indonesia (GAEKI), dan Asosiasi Eksportir Dan Industri Kopi Indonesia (AEKI).

Informasi lebih lanjut silakan kunjungi laman berikut: www.indocoffeefest.com.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.