FESTIVAL BUDAYA PASAR TERAPUNG DAN FESTIVAL BORNEO 2013

September 12, 2013
Festival Budaya Pasar Terapung dan Festival Borneo 2013 kembali digelar pada 12-14 September 2013. Acara ini berlangsung di sepanjang jalan serta alur Sungai Martapura yang berhadapan langsung dengan panggung utama Kantor Gubernur di Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Festival ini rencananya akan dibuka pukul 15.00 WITA, ditandai pawai budaya dari pemkab/kota dan instansi lainnya dengan tema atraksi seni dan budaya lokal.



Dalam festival ini pengunjung dapat melihat stand pameran budaya, pariwista, kerajinan dan pedagang pasar apung dengan puluhan perahu menjajakan jajanan dan hasil bumi dari Sungai Martapura. Pada saat yang sama akan pula digelar pameran tempat wisata dan kerajinan rakyat serta kuliner khas daerah di halaman Kantor Gubernur Kalsel yang dikenal dengan istilah 'Kampoeng Banjar'. Malam harinya, akan ada grand final Nang Galuh Banjar tingkat provinsi Kal-sel.



Keesokan harinya, sejumlah kegiatan akan memeriahkan festival budaya tahunan ini, diantaranya atraksi jet sky di alur sungai Martapura, lomba permainan tradisional (seperti balogo, engrang, sasuduran dan lainnya), dan penampilan seni dan budaya rakyat di panggung utama. Akan ada pula lomba tari pesisir yang diikuti oleh sanggar tari berbagai kab/kota dan lomba kelotok hias atau perahu tanglong di Sungai Martapura. Di hari terakhir, jadwal kegiatan adalah lomba Sinoman Haderah yang menampilkan group sinoman kab/kota dan penampilan Jukung Hias di Sungai Martapura. 



Upacara penutupan digelar di panggung utama pukul 19.45 WITA dan akan ditutup oleh gubernur Kalsel. Acara akan dimeriahkan dengan lagu-lagu banjar, tari pedalaman, tari melayu, dan fashion show sasirangan. Akan berlangsung pula pengumuman dan penyerahan hadiah bagi semua lomba yang digelar selama tiga hari, yaitu kampung banjar/kuliner, jukung hias, festival Sidoman Hadera se-Kalsel, permainan tradisional, pawai budaya, pengecatan jukung dan tanggul unik pedagang pasar apung.



Festival Budaya Pasar Terapung dan Festival Borneo 2013 adalah festival budaya yang digelar setahun sekali di Banjarmasin sebagai upaya mensosialisasikan Pasar Terapung pada wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.