PAWAI BUDAYA NUSANTARA 2013: BUDAYA PEMERSATU BANGSA

Agustus 18, 2013
Dengan mengusung konsep Bhinneka Tunggal Ika, Pemerintah Republik Indonesia akan kembali menggelar Pawai Budaya Nusantara sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2013. Setelah absen selama tiga tahun, pawai kali ini diharapkan akan berlangsung spektakuler. Pawai akbar tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada 18 Agustus mulai pukul 14.30 WIB, dimulai dari Kawasan Monumen Nasional, Jakarta.



Dengan tema “Budaya Pemersatu Bangsa”, pawai tingkat nasional ini akan melibatkan tidak kurang dari 4.000 seniman dari 33 provinsi. Penampilan dari seluruh pelosok Nusantara ini sudah disusun berdasarkan kriteria tampilan dengan ciri khas tradisi lokal (past), seni pembauran (present), dan karya baru bernuansa tradisi (future) dari daerah masing-masing.



Ribuan seniman termasuk pemusik, penyanyi, penari, dan lainnya yang akan berlomba menampilkan keunikan, tradisi, kreativitas, dan kekayaan budaya daerah masing-masing. Sejumlah BUMN juga akan turut memeriahkan pawai, yaitu PT. Garuda Indonesia Tbk, PT. PLN (Persero) dan PT. Pupuk Kaltim.



Melibatkan 3 tim artistik, yakni Hartati (Koreografer, Jakarta), Heru Mataya (Direktur Artistik, Solo), dan Denny Malik (Singer dan Koreografer, Jakarta), Pawai Budaya Nusantara 2013 akan menampilkan miniatur keragaman kekayaan seni dan budaya lndonesia. Dengan begitu, pawai budaya ini diharapkan dapat mengenalkan dan meningkatkan apresiasi masyarakat Indonesia terhadap seni dan budaya Indonesia. Dengan lebih mengenal keragaman seni dan budaya dari seluruh provinsi di Indonesia, pada akhirnya diharapkan akan menumbuhkan rasa bangga, meningkatkan kecintaan terhadap seni dan budaya Indonesia, serta mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.



Pawai budaya ini juga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas seni pertunjukan, khususnya dalam bentuk karnaval yang dapat menjadi ikon ekonomi kreatif seni pertunjukan serta untuk daya tarik pariwisata. Akan dipilih 10 penampil terbaik oleh dewan juri dengan mempertimbangkan beberapa kriteria pemilihan, yakni konsep garapan, kreativitas, dan penampilan tim secara keseluruhan.



Rute pawai akan dimulai dengan berjalan kaki dari Kawasan Utara Monas menuju Jl. Medan Merdeka Utara menuju Istana Merdeka. Di panggung Kehormatan Istana Merdeka, masing-masing peserta akan melakukan atraksi selama 2,5 menit. Selanjutnya, peserta menuju ke Jl. Medan Merdeka Barat sambil melakukan karnaval.



Di depan Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, peserta pawai kembali melakukan atraksi. Rute dilanjutkan menuju ke arah Patung Arjuna Wijaya, Jl. Medan Merdeka Selatan, lalu melakukan atraksi di depan Balai Kota Jakarta. Selanjutnya, peserta berjalan dan masuk ke kawasan silang Barat Daya Monas yang kemudian akan disambut oleh permainan dan hiburan rakyat persembahan Pemda DKI Jakarta.



Photo courtesy : http://www.antarafoto.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.