RALLY WISATA BAHARI LEMBATA 2013

Agustus 14, 2013
Rally Wisata Bahari Lembata 2013 akan digelar di Kapubaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, pada 14-18 Agustus 2013. Acara ini diselenggarakan bersamaan dengan Sail Komodo 2013 yang akan melewati Lembata dengan rute lengkapnya adalah: Darwin-Kupang-Alor-Lembata-Flores-Lombok-Baliroute. Dalam rally kali ini, peserta nantinya akan dibawa melewati jalur menakjubkan, yaitu: Lewoleba-Lewohala-Jontona-Lewolein-Leuwayan-Bean-Lamalera-Mingar-Bour-Lusilame-Lewoleba.


Di Lamalera peserta akan dihibur dengan berbagai tarian tradisional yang unik, pertunjukan musik, dan suguhan masakan tradisional. Hal yang paling spesial dari desa ini adalah budaya menangkap paus secara tradisional. Acara ini akan dihadiri wisatawan mancanegara, wisatawan domestik, komunitas green off-road, dan penduduk lokal Lembata.


Sejak dahulu warga Desa Lamalera gemar berburu binatang laut yang besar, seperti paus, pari manta dan kadang lumba-lumba sebagai sumber makanan bagi penduduk desa. Kegiatan berburu tersebut menggunakan perahu layar sederhana dan masih mengandalkan kepercayaan dan tradisi kuno sehingga tidak mengancam keseimbangan ekosistem. Oleh karena itu, perburuan paus di Lamalera sampai hari ini tidak dilarang oleh dunia internasional. Terlebih lagi jika mengingat bahwa perburuan makhluk laut raksasa dapat membantu penduduk memenuhi kebutuhan pangan dan perekonomian mereka.


Perburuan ikan paus di Lamalera dilakukan dengan perahu kayu tradisional yang disebut peledang. Perahu ini berkapasitas 7-14 orang terdiri dari juru mudi, pendayung, dan para penombak ikan. Atraksi paling dinanti adalah lamafa, yaitu berdiri di haluan untuk bersiap melompat dari perahu dan menusuk paus dengan tombak tradisional (tempuling). Informasi perihal perburuan paus di Lamalera dapat dibaca di sini.  


Baca juga informasi lebih lanjut terkait hal ini di laman berikut. http://pariwisatalembata.com.



Photo courtesy : http://disiniakuberceritadunia.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.