TOUR DE SINGKARAK 2013: KESERUAN LOMBA BALAP SEPEDA DALAM BINGKAI PARIWISATA

Juni 02, 2013

Tour de Singkarak 2013 (TdS) kembali menghadirkan keseruan balap sepeda berkelas internasional yang diramu dalam sebuah agenda pariwisata. Lomba yang memasuki kali kelimanya ini akan berlangsung pada 2-9 Juni 2013. Acara ini diharapkan dapat meningkatkan citra pariwisata Indonesia, khususnya Sumatera Barat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan TDS akan menjadi pusat perhatian dari ratusan media dari dalam dan luar negeri.



Untuk TdS 2013 akan ada 17 kabupaten dan kota di Sumatra Barat yang terlibat. Pemilihan daerah yang dilalu untuki etape Tour de Singkarak  2013 melalui survei pada awal Januari 2013 dengan mempertimbangkan unsur keamanan, keindahan alam dan tantangan yang akan dilalui. TdS 2013 (tahun lalu) meliputi 14 etape namun dengan bergabungnya Kabupaten Pasaman, Kabupaten Dharmasraya, dan Kabupaten Solok Selatan menjadikan TdS 2013 berjumlah 17 etape.



Tds 2013 rencananya diikuti 25 tim dari berbagai negara. Masing-masing tim meliputi 9 rider dan 5 official. Diperkirakan keseluruhan tim mencapai 300 orang dan 250 diantaranya merupakan pembalap terbaik dari dalam danluar negeri. Hadiah yang diperebutkan dalam lomba ini sendiri mencapai 1,2 miliar.



Kota Bukittinggi disiapkan untuk menjadi titik start TdS 2013. Etape berikutnya akan melewati Pariaman, Padang Panjang, Solok, Bukittinggi, Sawahlunto, Payakumbuhn Solok, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Sijunjung, Tanah Datar, Lima Puluh Kota, Agam, Pasaman, Dharmasraya dan Solok Selatan. Lomba ini akan  berakhir di kota Padang.



Tour de Singkarak 2013 merupakan hasil kerja sama Kemenparekraf dengan PB ISSI, Pemprov/Pemkot/Pemkab Sumatera Barat, dengan menggandeng Amaury Sport Organization (ASO) yaitu penyelenggara Tour de France. Tour de Singkarak sendiri sudah menjadi agenda tahunan Union Cycliste Internationale (UCI) dan masuk kategori 2.2 berdasarkan standarnya.



Penyelenggaraan Tour de Singkarak diperkirakan akan diikuti lebih dari 15 tim internasional. Beberapa diantaranya yang rutin turut serta adalah: Jepang, Iran, Singapura, Australia, Uzbekistan, Ukraina, Kirgiztan, Rusia, Taipe, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Brunei, Selandia Baru, Perancis, Vietnam, Malaysia, dan tentunya Indonesia.


Informasi lebih lanjut dapat menghubungi pihak berikut.


Sekretariat Tour de Singkarak 2011
Gedung Sapta Pesona Lantai 3
Jl. Medan Merdeka Barat No. 17, Jakarta
Telp. 0213838209
Website: www.tourdesingkarak.com



Photo courtesy by www.tourdesingkarak.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.