Juni 12, 2013
GEBYAR BATIK MUDA NUSANTARA: "TRADISI, KREASI, DAN LESTARI"


Gebyar Batik Muda Nusantara akan digelar pada 2-3 Juni 2012 di FX Lifestyle X`nter, Jakarta. Acara bertema "Tradisi, Kreasi, dan Lestari" ini akan menampilkan sejumlah kegiatan menarik diantaranya pameran batik dan produk kreatif bernuansa batik serta dimeriahkan berbagai lomba. Batik yang dipamerkan berasal dari seluruh daerah di Indonesia yang didesain dalam berbagai bentuk pakaian dan asesories.

GBMN 2012  merupakan salah satu upaya melestarikan dan mempromosikan batik agar dicintai kalangan anak muda. Terlebih batik telah diakui UNESCO sebagai intangible cultural heritage of humanity pada Oktober 2009. Kegiatan ini juga tentunya untuk promosi pariwisata Indonesia melalui kegiatan bernuansa batik.

GBMN 2012 akan menampilkan sejumlah acara menarik seperti pameran batik dan produk kreatif bernuansa batik, lomba peragaan busana batik bagi anak-anak usia 4-7 tahun dan 8-12 tahun, lomba tari modern dengan sentuhan batik, lomba gambar sketsa bagi anak-anak dan remaja, serta berbagai pertunjukan seni yang semuanya dilakukan oleh anak muda. Dalam acara lomba peragaan busana batik akan diikuti sebanyak 80 peserta yang berasal dari kalangan desainer muda tanah air.

Dalam acara ini juga akan digelar talk show membahas seputar tren baik di kalangan muda dengan nara sumbernya, yaitu: Iwet Ramadhan (tokoh muda yang peduli batik), Maria Selena (Putri Indonesia 2011), dan Musa Widyatmodjo (desainer).

Penyelenggaraan GBMN 2012 diprakarsai Putra-Putri Batik Nusantara bekerja sama dengan Ikatan Pencinta Batik Nusantara dan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Harapannya GBMN 2012 dapat meningkatkan minat dan kecintaan anak muda Indonesia terhadap warisan budaya batik nasional. Selain itu, sekaligus menjadi industri kreatif yang membanggakan dan dapat diandalkan guna mendukung perekonomian negara serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para pengrajin batik.

Anda dapat mengetahui bagaimana bangsa Indonesia telah membawa batik pada puncak seni dan filosofinya dengan membaca artikel berikut.

Museum Batik Yogkakarta
Batik Solo : Berburu Batik Tradisional
Batik Pekalongan: Nuansa Batik Multibudaya
Desa Wisata Batik Kliwonan dan Festival Desa Batik di Sragen
Batik Cirebon: Menemukan Keindahan Batik Kaya Warna di Desa Trusmi
Menemukan Keindahan Batik Tulis Madura Khas Gentongan di Athaya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.