FESTIVAL DERAWAN 2013: DERAWAN FOR FUTURE

Juni 21, 2013
Selain Raja Ampat, Indonesia memiliki tujuan wisata bahari unggulan lain yang mendunia, yaitu Kepulauan Derawan. Berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Derawan rencananya menghelat sebuah event besar bertajuk Festival Derawan 2013.



Mengusung tema “Derawan for Future”, Festival Derawan 2013 adalah upaya promosi pariwisata bertaraf internasional. Festival ini juga menjadi bagian dari kampanye Wonderful Indonesia, Visit East Kalimantan, serta Kenali Negerimu Cintai Negerimu. Diharapkan kegiatannya dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.



Grand Launching Festival Derawan sendiri telah digelar pada 24 Februari 2013. Akan tetapi, rangkaian acaranya berlangsung di dua bulan berbeda. Pertama, di bulan Juni, pada 21–30 Juni 2013, yaitu berupa Live Aboard yang merupakan rangkaian kegiatan pelayaran di perairan Derawan. Ada juga Diving Tournament yang diikuti seluruh atlet selam dan penggiat hobi selam (profesional maupun amatir) dari Indonesia dan mancanegara.



Kegiatan kedua di bulan September, yaitu diawali pada 13–15 September 2013 dengan Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya sebagai program sosial TNI Angkatan Laut. Pada 15 September menjadi agenda utama dimana Opening Ceremony Festival Derawan 2013 dan Gala Dinner. Pembukaan resmi ini rencananya akan dihadiri dan dibuka Presiden Republik Indonesia beserta undangan baik lokal maupun internasional.



Pada 15–20 September 2013 akan ada Yacht Rally dengan rute pelayaran berdasarkan agenda International Yacht Route dan Sail Indonesia Org. Akan ada pula rangkaian kegiatan di Kabupaten Berau. Pada 22 September 2013 ada Program Panggung Gembira yang merupakan program hiburan gratis bagi masyarakat. Selanjutnya, pada 23–30 September 2013, digelar Game Fishing Tournament.



Selama penyelenggaraan festival ini pada 15–22 September 2013 akan ada pameran sebagai dukungan terhadap pengembangan industri pariwisata bahari di Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur.



Untuk informasi silakan kunjungi website resminya di laman berikut. http://www.festivalderawan.com/



Photo courtesy : www.festivalderawan.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.