PERAYAAN WAISAK NASIONAL DI CANDI BOROBUDUR 2557

Mei 25, 2013
Prosesi Waisak Nasional 2557 akan jatuh pada Minggu, 25 Mei 2013. Prosesi ritualnya akan diselenggarakan pukul 08:00 WIB. Detik-detik Waisak sendiri tahun ini jatuh pada pukul 11:24:49 WIB.


Seperti ritual tahun-tahun sebelumnya, kegiatan akan diawali sejumlah prosesi di Candi Mendut dilanjutkan berjalan kaki menuju Candi Borobudur. Dalam prosesi ini, obor Waisak, air suci, dan simbol-simbol  Buddha yang sebelumnya disimpan di Candi Mendut akan dibawa ke altar utama di halaman sisi barat Candi Borobudur.



Dalam prosesinya akan ada penyalaan lilin dan pembacaan Ghata Visaka Puja oleh jamaah. Selanjutnya, pradaksina atau ritual mengelilingi Candi Borobudur akan dilakukan sebanyak tiga kali dimulai dari sisi timur dan  bergerak searah jarum jam.


Sebelum prosesi puncak Waisak, Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) akan menggelar bakti kemanusiaan di pelataran Candi Borobudur. Beberapa kegiatan yang dimaksud adalah pengobatan mata, gigi, operasi katarak, atau bedah minor.


Waisak dirayakan sekali setiap tahunnya, yaitu setiap bulan purnama di bulan Mei atau Purnama Sidhi. Waisak memperingati tiga peristiwa paling penting dalam kehidupan Buddha Gautama Siddharta dan dikenal sebagai Tri Suci Waisak. Perayaan Waisak setiap tahunnya di Candi. Borobudur sebagai monumen Buddha terbesar di dunia dan  mengundang ribuan umat Buddha dari Indonesia dan berbagai negara lain di dunia.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.