FESTIVAL MANE’E 2013

Mei 28, 2013
Pulau Intata-Kakorotan di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, akan menggelar Festival Mane’e pada 28-29 Mei 2013.  Mane’e adalah tradisi menangkap ikan secara tradisional tanpa menggunakan alat tangkap konvensional melainkan janur kelapa yang panjangnya bisa mencapai 4 km. Meski hanya mengandalkan janur kelapa namun hasil tangkapan cara tradisional ini tetaplah melimpah.
Menambah kemeriahan event ini, digelar pula karnaval perahu tradisional dan gelaran seni budaya tradisional Talaud. Adapun prosesi budaya Mane’e meliputi serangkaian tahapan, yaitu doa adat, mengambil tali hutan, membuat alat, pelepasan sammi, memanggil ikan, menebar alat, menombak ikan oleh tetua adat, memanen ikan, bagi hasil tangkapan, dan terakhir acara syukuran.
Festival Mane’e dilaksanakan dalam rangka menggali, mempertahankan serta mengenalkan kekayaan nilai budaya dan tradisi menangkap ikan khas Talaud yang tidak ditemukan di daerah lain di seluruh Indonesia maupun dunia. Kegiatan ini juga menjadi ajang promosi bagi daerah Kabupaten Kepulauan Talaud kepada wisatawan domestik dan mancanegara.


Photo courtesy : http://www.facebook.com/photo.php

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.