HUT KOTA SOLO KE-268: INDAH KOTAKU, RAMAH MASYARAKATKU

Februari 01, 2013
“Indah Kotaku, Ramah Masyarakatku” adalah tema yang diusung dalam rangka perayaan HUT Kota Solo yang ke-268 tahun ini. Sejumlah acara mulai dari kerja bakti hingga karnaval telah diagendakan pada 1- 17 Februari 2013 untuk memeriahkan gelaran HUT Kota Solo tersebut.



Kerja bakti resik-resik kutho dijadwalkan pada 1-13 Februari 2013 membuka rangkaian acara perayaan hari jadi Kota Solo. Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surakarta (DKP) bertindak sebagai koordinator dalam pelaksaan kerja bakti ini.  Pada 14 Februari 2013 ada agenda ziarah di 3 makam tokoh yang dihormati warga Solo, yaitu di Makam Kyai Gedhe Sala, Ki Ageng Henis dan Ki Ageng Yosodipuro. Keesokan harinya, 15 Februari 2013, diagendakan bakti sosial yang diselenggarakan GOWS dan didukung Pemkot Surakarta.



Pada 15-17 Februari digelar acara Festival Kethoprak yang bertempat di Gedung Kesenian Taman Balekambang. Acara ini dikoordinatori oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta.



"Pasar Tradisional" adalah tema Festival Penjor Kreatif yang juga akan memeriahkan perayaan hari jadi Kota Solo tahun ini. Dijadwalkan pada  16-20 Februari 2013, festival ini adalah salah satu bentuk kreativitas dan partisipasi masyarakat terhadap hari jadi Kota Solo ke-268.



Selain itu, ada juga Seminar dan Sosialisasi Solo Kota Kreatif pada Sabtu, 16 Februari 2013, bertempat di Pendhapi Gedhe Sala Kompleks Balaikota Surakarta. Seminar ini dijadwalkan berlangsung pada pukul 08.00-15.00 WIB. Acara ini digagas Pemerintah Kota Surakarta bekerja sama dengan Solo Creative City Network (SCCN).





Masih di hari yang sama, Solo Carnaval bertemakan "Wayang" akan meramaikan acara mulai pukul 15.00 WIB. Rute karnaval diperkirakan sepanjang 3 km, dimulai dari Lapangan Kota Barat hingga Halaman Balaikota Surakarta. Ada keunikan pada karnaval kali ini, yaitu kabarnya ondel-ondel sumbangan donatur dari Jakarta turut memeriahkan karnaval. Selain itu, ribuan warga Solo diperkirakan turut aktif berpartisipasi dalam karnaval ini, mulai dari pelajar SMA/SMK, anggota sanggar, pelaku seni komunitas seni, dan lainnya akan menampilkan berbagai macam bentuk kreasi seni.



Upacara peringatan hari jadi Kota Solo akan dilaksanakan pada Minggu, 17 Februari 2013, pukul 7.00 WIB di Jl. Jendral Sudirman (depan kantor Bank Indonesia). Hari yang sama, rangkaian acara peringatan HUT Kota Solo ditutup dengan Festival Jenang mulai pukul 09.00 WIB, di Koridor Ngarsopuro. Acara tersebut terbuka untuk umum dan gratis.


Kunjungi laman berikut untuk info sejenis. http://surakarta.go.id/, http://www.solopos.com/



Photo Courtesy : Tori Moya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.