ANANDA SUKARLAN, JAKARTA NEW YEAR CONCERT 2013: PIANISSISSIMO 3 GENERATIONS

Januari 06, 2013
Memasuki tahun 2013, sentuhan musik klasik akan mewarnai panggung musik tanah air. Pianis klasik dan komposer Indonesia kelas dunia, Ananda Sukarlan, akan menggelar konser khusus bertajuk “Jakarta New Year Concert 2013: Pianississimo 3 Generations”. Konser klasik pertama di tahun ini dijadwalkan berlangsung pada 6 Januari 2013, di Auditorium Yamaha Music Center, Jakarta.


Khusus tahun ini, konser klasik Ananda Sukarlan ini akan menyuguhkan komposisi yang berasal dari lagu-lagu rakyat Indonesia. Konser ini akan menunjukkan pada insan musik bahwa musik klasik bersifat universal yang dapat berasal dari setiap musik rakyat (tradisional) dari belahan dunia mana pun.


Ananda Sukarlan juga akan menyajikan suguhan musik klasik yang secara khusus diadaptasi dari lagu-lagu rakyat Indonesia. Diantaranya adalah "Rapsodia Nusantara", yaitu komposisi musik (solo piano) berdasarkan melodi tradisional Indonesia dan "Srikandi" yang merupakan skor musik tentang Putri Srikandi yang merupakan salah satu tokoh dari cerita pewayangan.


Konser khusus ini akan melibatkan pianis top lintas generasi, termasuk maestro piano Charlotte Panggabean (82 tahun) dan Latifah Kodijat-Marzoeki (84 tahun). Sementara, dari generasi (angkatan) saat ini, akan tampil prodigy, Randy Ryan (17 tahun)—pemenang kategori senior Ananda Sukarlan Award, Bandung International Music Academy (ASA-BIMA) International Music Competition. Selain itu, akan tampil pula pemenang kategori dasar, Brahms Mulyawan (9 tahun) dan pemenang kategori junior bernama Aloysius Kevin Trisna (13 tahun). Para pemenang dari kategori senior, yaitu Janice Wijaya dan Ade Satrio Prastyanto juga akan unjuk kemampuan bermusik mereka di konser tersebut.


Untuk konser nanti, Latifah dan Charlotte akan memainkan “Slovakian Dance” karya komposer Hungaria, Bela Bartok. Sedangkan pianis prodigy Randy Ryan akan berkolaborasi dengan Janice Wijaya (pemenang ketiga ASA BIMA-2012 untuk kategori senior) memainkan komposisi empat tangan yang rumit, "The Penghinaan of Drupadi" yang ditulis sendiri oleh Ananda Sukarlan.


Diadakan sejak 2006, konser ini dijadwalkan secara rutin berlangsung, yakni pada hari Minggu pertama di setiap awal tahun. Oleh karenanya, Jakarta New Year Concert (JNYC) dapat pula disebut sebagai perayaan untuk menyambut tahun baru sekaligus sebagai ajang memperkenalkan talenta baru ke publik.


Untuk pemesanan tiket dan informasi lebih lanjut silakan hubungi pihak berikut.
Chandra Panatan
Telepon: 0818 891 038
E-mail: at yecp@yahoo.com.jpg



Photo courtesy by projectingindonesia.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.