PERANAKAN INDONESIA FESTIVAL 2012

November 02, 2012
PERANAKAN INDONESIA FESTIVAL 2012




Dalam rangka merayakan akulturasi kebudayaan China di Indonesia, sebuah yayasan bernama Sam Po Kong Foundation dari Semarang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Forum Komunikasi Seni Budaya Nusantara  akan menghelat Peranakan Indonesia Festival. Festival ini akan berlangsung di Kepri Mall, Batam, pada 2-4 November 2012 dengan mengangkat tema “The Legacy of Cheng Ho”.

Festival menarik ini akan menampilkan seni dan budaya Peranakan China yang masih terjaga dan dilestarikan dengan baik. Pengunjung yang datang ke festival ini akan menikmati berbagai acara menarik seperti Peranakan fashion show, Children Friendship and Beauty Festival.

Berbagai pameran juga akan digelar seperti Pameran Batik Peranakan, Indonesian Chinese Customs, Pakaian Adat suku Tionghoa, Antique Art, dan Karya Seni Antik.

Festival ini juga nantinya akan menampilkan beberapa display, yaitu: Bhinneka Tunggal Ika sebanyak 2 panel, Sejarah Cheng Ho sepanjang 8 meter, Display Sejarah Tionghoa Indonesia sepanjang 15 meter, Historical Time-Line of Indonesian Chinese, Festival Budaya Tionghoa Indonesia sebanyak 11 panel dan Indonesian Chinese Cultural Festivals.

Sekitar abad ke-12 sampai dengan abad ke-15 banyak etnis China datang ke Indonesia dan menetap di beberapa daerah seperti Pulau Jawa, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Sumatera, dan di sepanjang selat Malaka (Malaysia dan Singapura). Mereka kemudian menikah dengan wanita di daerah-daerah tersebut. Keturunan mereka yang sampai saat ini hidup di Indonesia dikenal dengan Peranakan. Hadirnya peranakan Cina di Indonesia, secara tidak langsung memengaruhi budaya, tradisi dan kepercayaan yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.