INDONESIA PEARLS FESTIVAL 2012

November 01, 2012
INDONESIA PEARLS FESTIVAL 2012


Pada 1 hingga 4 November 2012 digelar pameran mutiara laut selatan (south sea pearls) yang merupakan produk asli Indonesia. Bertempat di Balai Kartini, Jakarta, ada sekira 43 pelaku usaha dari sembilan provinsi penghasil mutiara siap memamerkan produk andalannya. Selain pameran produk mutiara juga akan ada demo produk mutiara dan peragaan perhiasan oleh finalis puteri Indonesia.

Pastikan Anda hadir di pameran ini untuk melihat beragam mutiara butiran, perhiasan mutiara, dan informasi tentang mutiara. Ada juga perhiasan kulit kerang, kerajinan kulit kerang, serta kerajinan berbahan hasil laut dan perikanan. Indonesia Pearls Festival 2012 ini digelar atas kerja sama Ditjen P2HP KKP dengan Dharma Wanita Pusat KKP dan Asosisi Budidaya Mautiara Indonesia.


Indonesia sendiri saat ini menjadi penghasil mutiara laut selatan (South Sea Pearl) terbesar di dunia yang berasal dari kerang jenis Pinctada maxima, sumbernya dari hasil alam maupun dari budidaya. Mutiara laut selatan Indonesia mempunyai keunikan berupa warna maupun kilaunya yang memesona dan abadi sepanjang masa sehingga sangat digemari di pasar internasional. Produk mutiara tersebut biasanya dipasarkan dalam bentuk loose dan perhiasan dengan beragam warna, seperti putih, kuning, merah muda, dan hitam.


Sebagai produsen terbesar mutiara jenis South Sea Pearl, di Indonesia ada 27 perusahaan skala menengah dan besar yang mengembangkannya. Saat ini sentra pengembangan kerang itu tersebar dibeberapa daerah, yaitu: Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.


South Sea pearl merupakan salah satu komoditas sektor perikanan unggulan lndonesia dan memiliki prospek pengembangan usaha pada masa mendatang. Akan tetapi, ada tantangan yang perlu dihadapi yaitu adanya serbuan mutiara air tawar (fresh water) atau disebut mutiara imitasi asal China ke Indonesia.



Photo courtesy by http://eljohnnews.com/category/Event

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.