PEKAN PRODUK KREATIF INDONESIA (PPKI) 2012 : INDONESIA CREATIVE POWER “YANG MUDA YANG BERKREASI”

November 21, 2012
PEKAN PRODUK KREATIF INDONESIA (PPKI) 2012 : INDONESIA CREATIVE POWER “YANG MUDA YANG BERKREASI”


Berakar dari kekayaan alam dan budaya serta talenta kreatif yang dimiliki Indonesia, November ini Jakarta akan menghelat Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012. Kegiatan yang merupakan perayaan kreativitas anak bangsa tersebut akan berlangsung pada 21-25 November 2012 di Epiwalk, Kuningan Jakarta Selatan. 

Pekan Produk Kreatif yang akan belangsung selama lima hari itu merupakan salah satu upaya pemerintah menarik perhatian talenta-talenta muda Indonesia sebagai penggerak terdepan pembangunan. Diharapkan mereka memberikan karya kreatif terbaik dan melahirkan ide-ide kreatif  tanpa mengenal batas.

Tahun ini Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) akan mengangkat tema Indonesia Creative Power “Yang muda Yang Berkreasi”. Akan hadir berbagai kreativitas mengenai arsitektur, desain, fesyen, film, video, fotografi, kerajinan, musik, teknologi informasi, permainan interaktif, seni rupa, penerbitan dan percetakan, seni pertunjukan, periklanan, riset dan pengembangan, kuliner, tv, serta radio.

Berbagai kreativitas tersebut akan hadir dalam 73 aktivitas utama yang terdiri dari 34 aktifitas konvensi, 10 aktifitas pertunjukkan, 23 aktifitas pameran dan permainan, serta 5 aktifitas kuliner. Juga akan hadir 900 peserta dan komunitas, 292 booth dan sekitar 10 juta pemirsa media elektronik dengan target pengunjung mencapai 75.000 pengunjung.

Kegiatan ini akan pula menghadirkan pembicara dari 8 negara, yaitu: Jepang, Korea, Inggris, Singapura, Malaysia, dan Thailand. Pokok pembicaraannya sendiri membahas pengembangan ekonomi kreatif mulai dari aspek kebijakan strategis, aspek bisnis dan teknis yang lebih mendalam mengenai subsektor industri kreatif, serta upaya untuk melakukan business matching.

Di panggung, pengunjung akan dihibur seni pertunjukan kontemporer baik lokal maupun tradisional. Akan hadir pula seni pertunjukan pop, pertunjukan khusus untuk anak, indie band Indonesia, dan program pengembangan fesyen yang mengangkat sarung sebagai mode fesyen mendatang.

Pameran akan menampilkan karya-karya ikonik dari 15 subsektor industri kreatif, mulai dari pameran permainan lokal dan elektronik sampai menghadirkan publisher games international dari Jepang. Ada pula kegiatan kuliner akan menghadirkan Iron Chef Jepang dalam segmen aksi Koki Jawara yang turut melibatkan beberapa koki-koki ternama Indonesia. Tidak hanya itu saja, akan hadir juga insan kreatif kuliner Indonesia.

Kegiatan tahunan ini sudah hadir sejak 2007 dan merupakan tahun ke-6 perhelatannya. Pekan Produk Kreatif Indonesia melibatkan 17 instansi lintas sektor, yaitu: Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informasi Teknologi, Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia,  Kementerian Keuangan,  Kementerian dalam Negeri,  Kementerian Luar Negeri, Kementerian Negara BUMN, Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta, Dewan Kerajinan Nasional Indonesia, dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Kegiatan ini terbuka untuk umum, datang dan nikmati setiap aktivitas yang ada di Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012.

Link Terkait

Jakarta

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.