PESTA TELUK AMBON 2012: MARI MANGENTE DOLO

September 27, 2012
PESTA TELUK AMBON 2012: MARI MANGENTE DOLO



Setelah sukses menghelat acara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Juni lalu, Provinsi Maluku kini menghadirkan Pesta Teluk Ambon 2012 yang akan digelar pada 27-29 September 2012. Event ini bersamaan dalam rangka menyambut Hari Pariwisata Dunia yang diperingati setiap 27 September.

Tema Pesta Teluk Ambon 2012 sendiri yaitu, “Mari Mangente Dolo” atau “Mari Lihat Dulu” maksudnya adalah mengajak wisatawan untuk menikmati keindahan Ambon. Pesta Teluk Ambon 2012 nantinya juga akan disusul acara Festival Jazz Ambon untuk menjadikan kota ini sebagai kota seni dan kota musik atau mengarah sebagai  pusat hiburan. Ambon juga diproyeksikan untuk lokasi kompetisi memancing internasional.

Pesta Teluk Ambon 2012 yang memasuki tahun ketujuh ini akan dimeriahkan berbagai acara berupa budaya hingga kompetisi bahari. Beberapa kegiatan lomba menarik akan digelar seperti lomba perahu semang wanita, lomba renang estafet, lomba mancing tradisional, serta hiburan Hawaian Band. Selain itu, digelar lomba mewarnai gambar dan mozaik oleh Museum Negeri Siwalima Ambon yang diikuti pelajar Kota Ambon dan lomba cerita rakyat Batu Badaong.

Pastikan Anda menyaksikan Arumbae Manggurebe, yaitu lomba perahu antardesa yang diikuti sekira 30 lebih pendayung dari Desa Amahusu hingga ke Pasar Oleh-oleh Tantui. Ada juga lomba Perahu Semang yang seru. Tahun ini juga akan digelar festival kuliner, gelar budaya, dan lomba foto bawah laut diikuti oleh 14 peserta dari Bali, Makassar dan Ambon.

Pesta Teluk Ambon 2012 diharapkan akan menjadi magnet kunjungan wisatawan untuk membuktikan kondisi Ambon yang kondusif. Selain itu, bisa menjadi sarana pulang kampung perantarauan Maluku di dalam dan luar negeri. Melalui event ini diharapkan pula meningkatkan semangat bahari dan cinta tanah air dari masyarakat Maluku.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.