FESTIVAL PHINISI 2012

Juli 06, 2012
FESTIVAL PHINISI 2012


Festival Phinisi merupakan sebuah festival untuk merayakan kapal Phinisi atau lebih dikenal sebagai Kapal Layar Bugis Pinisi. Festival ini akan diadakan di tempat pembuatan kapal Phinisi di Bira di Sulawesi Selatan, di selatan Makassar, pada 15-17 Juli 2012.

Kapal layar Phinisi merupakan kapal layar megah yang masih berlalu-lalang di perairan Indonesia dan masih membawa kargo ke pelabuhan terpencil. Dan karena tempat fantastis di Indonesia untuk menyelam, mulai dari Bali ke Wakatobi sampai ke Komodo, Bunaken dan Raja Ampat menjadi semakin populer, perahu layar ini telah berubah menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi para penyelam.

Kapal layar phinisi megah tersebut dibangun sepenuhnya dengan tangan, berdasarkan instruksi tertulis yang diturunkan dari generasi ke generasi, dan harus diikuti dengan ritual yang ditentukan. Ritual Andinging berlangsung di daerah Toa Kajang Amma, dimana semua peserta dan tamu harus berpakaian hitam.

Acara penting lain dari Festival ini adalah berbagai lomba termasuk lomba layang-layang dan kerajinan miniature kapal phinisi. Juga akan ada pertunjukan tarian tradisional Bulukumba dan ritual tradisional dari suku Ammotoa.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.