FESTIVAL ERAU 2012: KEMERIAHAN DI KOTA RAJA TENGGARONG, KALIMANTAN TIMUR

Juli 01, 2012
FESTIVAL ERAU 2012: KEMERIAHAN DI KOTA RAJA TENGGARONG, KALIMANTAN TIMUR


Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, kembali akan menggelar Festival Erau Pelas Benua Etam pada 1-8 Juli 2012. Kegiatan tersebut rencananya bertempat di 11 lokasi dan berpusat di Kota Raja Tenggarong. Pembukaannya sendiri akan dilaksanakan di Stadion Rondong Demang Tenggarong.

Festival ini akan dimeriahkan berbagai kegiatan seni dan olah raga tradisional seperti Marangin Malam, Menjamu Benua, Penabalan, Mendirikan Tiang Kayu, Pelas atau kesenian keraton, Mengulur Naga, Seluak Mudik, dan Belibur. Akan tampil juga kesenian Dayak seperti Papaer Meper, Kuangkay, Mumutn, Ngayau, Lemakan Balei, Uman Undak, dan Penhos. Semua atraksi kesenian tersebut akan sangat berarti mengingat tidak mudah melihatnya secara sekaligus dalam sebuah kegiatan penuh warna dan suka cita.

Museum Mulawarman akan menjadi tempat melaksanakan berbagai upacara adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Kedaton Kesultanan Kutai sebagai tempat seminar budaya dan Welcome Party. Pembukaan, Erau Expo, pasar rakyat dan panggung hiburan akan digelar di Stadion Rondong Demang. Untuk lokasi makan bersama (beseprah) akan digelar di sepanjang jalan antara Jembatan Bongkok hingga Jalan Gunung Pedidik.

Panggung seni ditempatkan persis di tepi Sungai Mahakam, di depan sekretariat Gerbang Raja Jalan KH Akhmad Mukhsin. Di sini juga akan ada arena permainan olah raga tradisional yang seru.

Dermaga di depan DPRD Kukar akan dijadikan lokasi jamuan makan siang. Tempat ini juga akan menjadi lokasi start dan panggung kehormatan lomba perahu naga serta balap perahu ketinting (perahu bermotor). Untuk dermaga di depan museum Mulawarman akan dijadikan lokasi kuliner terapung.

Halaman Planetarium Jagad Raya akan digelar lomba masak olahan ikan. Di sepanjang jalan mulai di depan Sekretariat Gerbang Raja hingga Planetaruim Jagad Raya akan digunakan untuk kirab budaya.

Dalam Festival Erau 2012 nanti akan ada lomba menembak yang digelar di sekitar gedung kantor Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman.

Festival Erau 2012 bertujuan sebagai pelestarian adat, seni dan budaya, juga sekaligus menjadi destinasi pariwisata yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Harapannya akan banyak pengunjung untuk berwisata di Kutai Kertanegara apalagi bertepatan dengan musim liburan di bulan Juli.

Festival Erau tidak hanya sekadar pesta adat, seni dan budaya di Tanah Kutai tetapi juga merupakan upaya memelihara tradisi leluhur. Kegiatan seni dan budaya ini merupakan peninggalan adat yang sudah diselenggakaran sejak abad ke-12. Kata erau sendiri berasal dari kata eroh yang artinya ramai. Awalnya kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur seperti saat penobatan raja, lahirnya putra mahkota, atau hilangya wabah penyakit di masyarakat.

Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman berikut.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kartanegara

Jl. A.Yani No.12 Tenggarong

Telp: 0541 – 661042; 0541-661427

Fax: 0541 – 661093

Website: http://www.kutaikartanegarakab.go.id/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.