April 18, 2012
PERINGATAN KONFERENSI ASIA AFRIKA KE-57 DI BANDUNG


Kota Bandung akan mengulang memorinya sebagai lokasi dari sebuah konferensi bersejarah di dunia. Ya, Konferensi Asia Afrika yang digelar 57 tahun yang lalu (18 April 1955) akan kembali diperingati dengan serangkaian acara menarik dan terbuka untuk umum. Untuk tema tahun ini adalah, “Together Celebrating in Peace”.

Acara akan berlangsung selama sepekan mengikuti tanggal asli penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika tahun 1955. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk hadir pada Rabu 18 April hingga penutupannya pada Selasa 24 April 2012 bertepatan dengan hari bumi. Kegiatan tidak hanya dipusatkan di Gedung Merdeka Bandung sebagai saksi bisu sejarah Indonesia tetapi juga digelar di Jalan Braga dan saat Car Free Day  dan di sepanjang Jalan Dago.

Acaranya ini juga akan dimeriahkan pengibarkan bendera-bendera peserta Konferensi Asia-Afrika dari 106 negara oleh ratusan anak pramuka. Pengibaran bendera ini dihadiri oleh duta besar dan perwakilan dari negara-negara peserta.

Beberapa kegiatan menarik yang akan digelar dalam acara ini, yaitu: Pameran Batik Asia-Afrika dan Pameran Kerajinan Jawa Barat, The Nusantara MoUN yang merupakan simulasi sidang PBB, pertunjukkan wayang orang, wayang golek dan wayang kulit dengan lakon “Srikandi-Senopati”, “Candradimuka” dan “Lahirnya Gatotkaca”, talkshow, tur Kota Bandung dengan mengunjungi beberapa situs dan bangunan bersejarah terkait KAA, dan parade budaya pada Minggu 22 April. Akan hadir pula parade senam dari seribu anak di Jalan Braga.

Mengapa tidak Anda terlibat dalam acara membersihkan monumen bersejarah yang terbengkalai selama ini di Kota Bandung, seperti Monumen Gerakan Nonblok di Jalan Pajajaran, makam Schoemaker yaitu seorang arsitek bangunan penting di Bandung, Penjara Banceuy, dan Monumen Dasasila Bandung.

Informasi terkait silakan hubungi pihak berikut.

http://www.mkaa.or.id/

Museum Konferensi Asia Afrika

Jl. Asia - Afrika No 65

Bandung 401111

Telp. 022 4233564; 4238081

Fax . 022 42333564

Email: info@mkaa.or.id

photo courtesy : merdeka.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.